Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Mengatasi Rasa Insecure

Insecure adalah perasaan selalu was-was karena merasa tidak aman. Sebenarnya wajar saja kalau sesekali kita merasa mood lagi kurang bagus. Semua yang kita kerjakan rasanya tidak ada yang berjalan dengan baik. Tapi kalau rasa tidak aman ini terus menerus datang, tentu tidak baik juga. Rasa tak aman yang berlebihan bisa sangat melelahkan, bahkan mengganggu kesehatan fisik dan mental kita.

Kalau sudah begini, tentu akibatnya kita tidak bisa menampilkan performa yang baik dalam pekerjaan. Selain itu, perasaan tidak aman sangat tidak baik untuk kehidupan percintaan. Terus-menerus curiga, cemas, dan cemburu pasti melelahkan, bukan? Ini bisa berpengaruh pada rasa percaya diri kita dan hubungan dengan pasangan. Lalu bagaimana caranya mengatasi rasa insecure? Ini dia beberapa tipsnya:

  • Ketahui Nilai Positifmu Sendiri

Setiap orang pasti punya nilai positif dan kemampuan masing-masing. Terkadang kita sendiri melewatkan hal ini begitu saja dan menganggapnya tidak penting. Padahal bisa jadi itu adalah potensi yang penting dalam diri kita. Coba ingat-ingat, kalau perlu dicatat, hal baik apa yang kamu lakukan hari ini.

Mulai dari membantu tetangga, menyapa orang di sekitar lebih dahulu, sampai membantu atasan di kantor. Hal-hal yang terkesan remeh ini perlu diperhatikan. Coba untuk lebih fokus pada kelebihan kita dibandingkan selalu fokus pada apa yang tidak bisa kita lakukan.

  • Penuhi Dulu Kebutuhan untuk Diri Sendiri

Coba diingat lagi. Apakah kamu selalu mengedepankan kepentingan orang lain sampai-sampai kepentingan diri sendiri sering dikesampingkan? Kalau jawabannya iya, maka kamu kurang menghargai diri sendiri. Membantu orang memang penting. Tapi jangan lupa kalau diri kita juga butuh dijaga dan dirawat.

Jadikan merawat diri sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari. Mungkin kesannya biasa saja. Tapi merawat diri sendiri bisa menimbulkan rasa percaya diri dan menumbuhkan rasa lebih menghargai diri sendiri. Cara merawat diri banyak, loh. Bisa dengan mengonsumsi makanan kaya gizi, pijat untuk rileks, dan istirahat yang cukup dan berkualitas. Penuhi kebutuhan dasarmu sebelum membantu orang lain.

  • Menerima Momen Canggung

Kamu tipe orang yang introvert dan tidak mudah tampil di depan umum? Ada kalanya pasti kamu merasa canggung. Bahkan orang yang punya tingkat kepercayaan diri tinggi pun pasti pernah merasa canggung. Ini adalah bagian kecil dari kehidupan, jadi diterima dan dinikmati saja. Menerima kenyataan ini akan membuatmu lebih nyaman dengan diri sendiri.

Kalau ke depannya kamu haru berada di momen yang canggung lagi, kamu justru bisa mengatasinya dengan lebih baik. usahakan jangan terlalu dipikirkan. Biarkan saja berjalan dengan alami.

  • Hilangkan Berbagai Pikiran Negatif

Saat melakukan kesalahan, memang kita jadi gampang menyalahkan diri sendiri. Ya wajar saja, tapi terus-menerus memikirkannya dan menyalahkan diri sendiri secara berlebihan tentu saja tidak baik. Bukannya memberi solusi dari kegagalan yang baru dilakukan, kamu hanya akan berada di lingkaran negatif dengan rasa malu yang berlebihan dan bahkan membenci diri sendiri.

Coba hilangkan pikiran negatif dengan cara memaafkan diri sendiri. Pahami bahwa satu kesalahan bukan berarti kamu akan salah terus seumur hidup. Kamu bisa juga menumpahkan semua pikiran negatif ke dalam tulisan. Dengan begitu kamu bisa mengobservasinya kembali. Pikirkan lagi penyebab kegagalan dan coba belajar dari pengalaman. Usahakan untuk menghindari kesalahan yang sama ke depannya untuk hasil yang lebih baik.

  • Habiskan Waktu dengan Orang yang Menyayangimu

Berkumpul bersama orang yang menyayangimu akan membuatmu merasa dicintai dan didukung. Ini akan menumbuhkan rasa percaya diri. Sehingga kamu bisa lebih menerima dirimu apa adanya.

Sempatkan bertemu dengan orang-orang tersayang. Meski tidak terlalu sering, berkumpul dengan mereka akan membawa energi positif untukmu. Memandang diri kita dari mata orang-orang yang menyayangi kita akan membantu kita lebih menghargai diri sendiri. Kita akan lebih menghargai kualitas diri yang unik.

  • Mundur dari Situasi yang Bermasalah

Coba diingat kembali, kapan kamu merasa paling insecure? Kamu sedang bersama siapa saat itu? Apa yang kamu lakukan saat itu?

Dengan mengetahui dengan siapa dan situasi apa yang membuatmu kehilangan kepercayaan diri seharusnya membuatmu tahu apa yang harus dihindari. Kamu selalu berkumpul dengan “teman-teman” yang selalu merendahkanmu? Seperti sekarang saat yang tepat untuk mencari lingkungan baru.

  • Rayakan Pencapaianmu

Hari ini kamu berhasil mencapai sesuatu? Entah itu keberhasilan di tempat kerja atau keberhasilan lainnya, yuk rayakan! Puji diri sendiri dan berbanggalah pada diri sendiri. Awalnya memang canggung, sih. Tapi ini bisa meningkatkan rasa percaya dirimu.

Kamu juga bisa menuliskan semua pencapaianmu dalam jurnal. Atau tuliskan hal apa saja yang membuatmu bersyukur dalam sehari. Saat kamu merasa insecure, membaca lagi hal-hal seperti ini bisa membantu meningkatkan mood dan rasa percaya diri.

  • Lakukan Hal yang Kamu Suka

Punya waktu luang? Jangan hanya berdiam diri dan kembali memikirkan kekurangan dan kesalahan yang terjadi kemarin-kemarin. Prioritaskan diri sendiri di waktu luang dengan melakukan kegiatan yang kamu suka. Apa pun itu. Bisa memasak, baca buku, jalan-jalan, olahraga, atau sekedar nonton di rumah.

Lebih baik lagi kalau kamu memanfaatkan waktu luang untuk mempelajari sesuatu yang baru. Bisa berupa hobi atau kemampuan baru. Selain bisa bikin kita bahagia, mempelajari hal baru bisa saja jadi peluang baru di masa depan! Yuk, lebih fokus pada hal yang positif dan tidak terus tenggelam dalam hal yang negatif saja.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara mengatasi rasa insecure, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Pengertian dan Cara Menghitung Depresiasi
Bagaimana Caranya Membuat Brand Kecil yang Mudah Diingat?
Cara Mengurangi Tagihan Telepon
Cara Memperpanjang SIM Online
Cara Menghitung Amortized Loan
Apa Itu Profit Perusahaan dan Cara Menghitungnya
Cara Anak Pemalas Menjadi Sukses
Cara Membuat Visa Pelajar ke Taiwan
Cara Mengantisipasi dan Mencegah Pembobolan Kartu Kredit
Cara Menghasilkan Keuntungan Bisnis Di Masa Resesi


Bagikan Ke Teman Anda