Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Dikenal Sebagai Cara Melunasi Utang, Apa itu Debt Snowball?

Hampir setiap orang yang punya utang, pasti memikirkan bagaimana cara melunasi utang dengan cepat. Sebab dari waktu ke waktu, bunga pinjaman bisa saja terus menumpuk dan itu sangat menyiksa. Sayangnya, tidak ada cara yang efektif untuk melunasi utang dengan cepat.

Satu-satunya cara yang bisa kamu gunakan adalah mengatur strategi agar utang yang kamu ambil tidak menyiksa kamu. Di sinilah metode pelunasan utang bernama debt snowball bisa sangat berguna. Metode ini bekerja layaknya bola salju yang bergulir. Ia akan semakin membesar.

Cara bola salju bekerja adalah mulai dari yang terkecil kemudian bergulir sampai membesar. Begitu pula yang bisa dikenali dari metode debt snowball. Untuk lebih jelasnya, mari kita perdalam metode pelunasan utang dengan cara debt snowball.

Pengertian Debt Snowball

Debt Snowball bisa diartikan sebagai metode ‘bola salju’. Yakni metode pelunasan hutang yang berfokus pada jumlah utang yang paling sedikit terlebih dahulu. Sementara jumlah utang yang nominalnya besar, kita dapat mencicilnya dengan melakukan pembayaran minimun.

Metode ini paling sering digunakan untuk membayar kredit bergulir. Seperti misalnya kartu kredit. Sebagai contoh kamu memiliki tiga buah daftar utang. Dari utang-utang tersebut, kamu dapat mencicil yang nominalnya paling kecil dulu.

Cara ini bertujuan untuk mempercepat pelunasan dan mengurangi beban. Sedangkan untuk utang lainnya yang berjumlah besar dapat dilunasi dengan cara normal. Jika tanggungan berkurang, kamu akan lebih fokus melunasi utang lainnya.

Kelebihan Metode Debt Snowball

Tentu saja jika dibandingkan dengan beragam cara lain Dalam melunasi utang, metode debt snowball punya beberapa kelebihan, diantaranya:

  1. Membayar Utang Terasa Lebih Mudah

Metode debt snowball merupakan cara melunasi utang yang paling disukai. Kamu tidak akan merasa berat dalam membayar tanggungan. Sebab nominal yang diutamakan terlebih dahulu adalah yang paling kecil dulu.

Dengan melakukan pembayaran ekstra untuk utang yang nilainya kecil, tentu saja hal tersebut tidak memberatkan kamu. Mekanismenya sangat mudah dilakukan oleh siapapun. Kebutuhan pun dapat terpenuhi secara baik meskipun sedang menanggung pembayaran utang.

  1. Efisien Menghilangkan Daftar Utang

Terkadang utang yang dimiliki lebih dari satu. Bahkan ada yang sampai memiliki tiga tanggungan utang bahkan lebih. Meskipun memberatkan keuangan, menggunakan cara debt snowball akan membuat daftar utang cepat hilang satu per satu.

Fokus pelunasan pertama ada pada utang yang nominalnya kecil. Karena nominalnya kecil, tentu saja waktu pelunasannya lebih cepat sehingga membuat daftar utang lebih cepat berkurang.

  1. Keadaan Keuangan Tetap Stabil

Metode satu ini mampu dengan cepat membuat keuangan stabil. Meskipun beban utang membuat siapapun harus lebih mengencangkan ikat pinggang, namun dengan metode ini, keuangan akan lebih cepat pulih. Seiring berjalannya waktu, utang akan lunas dan kamu dapat membayar utang lainnya secara leluasa.

Kekurangan Metode Debt Snowball

Meski memiliki banyak kelebihan, metode ini juga tidak sempurna. Ada beberapa kekurangan metode dept snowball. Sebut saja:

  1. Waktu Pelunasan Cukup Lama

Waktu pelunasan seluruh utang menjadi cukup lama. Meskipun efektif mengurangi daftar utang secara cepat, tetapi untuk melunasi utang secara keseluruhan kamu harus lebih bersabar. Memang fokus pelunasan pada utang yang nominalnya kecil.

Bukan berarti utang dengan jumlah besar diabaikan begitu saja. Kamu mesti memikirkan cara melunasi utang lainnya setelah yang satunya sudah lunas. Dengan cara ini tentu waktu yang dibutuhkan lebih lama.

  1. Potensi Menyerah Sangat Riskan

Daftar utang memang mudah sekali berkurang. Tetapi masalah tidak serta merta selesai begitu saja. Kamu mesti memikirkan pelunasan untuk utang lainnya. Jumlah pengeluarannya pun menjadi lebih besar. Hal ini yang membuat seseorang menjadi mudah menyerah.

Pada dasarnya metode ini memang mudah dilakukan di awal-awal. Kamu mesti konsisten dan tidak tergesa-gesa. Jika tidak ada konsistensi, utang akan terasa semakin mencekik dan sangat riskan potensi untuk melunasinya.

Cara Melakukan Pelunasan dengan Debt Snowball

Jika kamu tertarik menggunakan metode ini untuk melunasi utang kamu, berikut beberapa langkah yang bisa kamu pakai.

  1. Langkah pertama adalah dengan membuat daftar semua utang yang kamu miliki. Buatlah daftar dengan menempatkannya pada kolom dari mulai yang terkecil sampai terbesar nilainya.
  2. Langkah kedua, buatlah kolom lagi yang mencantumkan pembayaran minimum tiap bulan untuk utang-utang yang kamu miliki.
  3. Langkah ketiga, bayar utang yang nilainya paling kecil. Konsisten bayar setiap bulan dan tambahkan nominal cicilan minimalnya.
  4. Langkah keempat, pada saat utang terkecil telah lunas, lakukan cara tersebut ke utang lainnya. Ulangi sampai semua utang lunas. Agar cara tersebut berjalan lancar, pastikan kamu memegang komitmen dan memiliki tujuan kuat ingin melunasi utang semaksimal mungkin.

Apakah Debt Snowball Efektif?

Jika hanya menggunakan perhitungan matematika mentah, metode pelunasan bola salju ini akan memerlukan waktu lebih lama. Biaya yang dikeluarkan memang lebih besar daripada metode lainnya.

Tetapi jika kamu menempatkan nominal yang tepat dan membiarkan momentum melakukan tugasnya, angka-angka yang kamu bayar akan mencetak ‘bola salju’ yang meringankan kamu kedepannya. Jadi apakah debt snowball efektif?

Jawabannya bisa saja efektif melunasi utang. Kebenaran mengenai metode ini sebenarnya berupa motivasi yang dapat membantu menghilangkan utang. Tetapi waktu yang diperlukan terkadang lebih banyak daripada cara pelunasan lainnya. Semua tergantung kamu. Apakah akan menggunakan metode ini atau sebaliknya.

Metode bola salju seperti ini berhasil bukan karena perhitungan angka. Tetapi lebih mengarah kepada modifikasi perilaku. Kamu dituntut harus lebih konsisten dalam membayar utang dan mengelola keuangan. Jika memutuskan menggunakan metode ini, berarti mau tidak mau kamu harus menerima kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya.

Meskipun debt snowball adalah metode pelunasan utang yang sangat membantu, bukan berarti setelah mengetahui cara ini kamu menjadi lebih bermudah-mudah dalam berhutang. Pastikan keinginan berutang tidak lagi kamu turuti kecuali berada dalam kondisi terdesak. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa itu debt snowball, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Bayar Hutang atau Investasi, Mana yang Harus Didahulukan?
Kesalahan Umum Dalam Budgeting dan Cara Menghindarinya
Bagaimana Cara Memulai Sebuah Bisnis Les Privat?
Cara Melunasi Utang dengan Cepat
Inilah Cara-cara Membuang Duit Secara Percuma
Apa Itu Airdrop? Cara Promo Mata Uang Kripto
Begini Cara Membuat dan Contoh Surat Jalan Lengkap
Cara Bank Memperoleh Keuntungan
Iuran BPJS Naik, Begini Caranya Turun Kelas
20 Cara Mengurangi Pengeluaran saat Belanja


Bagikan Ke Teman Anda