Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Jenis Usaha Kecil yang Membuat Orang Jadi Kaya

Saat ini, membangun bisnis dan membuka usaha baru semudah menjentikkan jari. Kalimat ini rasanya tidak berlebihan, karena dengan adanya internet membuat dunia berada di ujung jari Anda. Anda bisa melakukan apapun yang Anda inginkan, termasuk menghasilkan uang.

Membangun bisnis di era internet sangat mudah dan bahkan tidak memerlukan modal yang besar. Anda hanya tinggal mengandalkan apa yang Anda miliki, keahlian Anda, dan passion Anda. Yang terpenting, Anda harus selalu tahu apa tren yang sedang berlangsung saat ini. Nah, usaha atau bisnis kecil apa saja yang bisa membuat Anda menjadi kaya?

  1. Social Media Manager

Jika Anda adalah orang yang selalu update dengan segala sesuatu yang terjadi di dunia maya terutama Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, LinkedIn, dan masih banyak lagi, maka jadikan itu sesuatu yang bisa menghasilkan uang. Social media manager adalah posisi yang kini banyak dibuka di berbagai perusahaan menengah maupun besar.

Tugas mereka adalah menganalisis tren-tren terbaru yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan engagement dengan konsumen melalui sosial media. Selain itu, social media manager juga harus membuat kampanye yang bisa meningkatkan presensi produk serta perusahaan itu sendiri di dunia maya.

  1. Desainer Grafis

Buat Anda yang sudah punya latar belakang pendidikan desain grafis, ini bisa jadi peluang usaha sekaligus karir yang menarik. Namun jangan lupa, Anda juga harus tahu tren terbaru dalam dunia desain. Tidak ada salahnya mengambil kursus desain grafis untuk mengetahui tren baru yang sedang berlangsung saat ini.

Fokuskan desain Anda pada sektor tertentu, misalnya pengembangan website dan animasi yang saat ini memiliki peluang terbesar. Buatlah website pribadi yang memajang semua sampel dari karya terbaik Anda akan bisa dilihat oleh calon-calon klien potensial. Jangan lupa bangun networking yang kuat dan jangan tunggu klien untuk menghampiri Anda. Anda bisa mencari klien di situs-situs seperti Upwork dan LinkedIn.

  1. Agensi Digital Advertising

Agensi periklanan atau advertising bertugas untuk membantu sebuah bisnis berkembang dengan membuat kampanye (iklan), baik itu secara online maupun offline. Tidak hanya meningkatkan basis konsumen yang sudah ada, mereka juga harus bisa membuat merek dari sebuah produk atau usaha menjangkau pasar yang lebih luas dan semakin dikenal oleh masyarakat.

Anda yang punya keahlian copywriting bisa mengajak rekan-rekan lain dengan keahlian sama untuk mulai membangun agensi kreatif seperti ini. Akan lebih baik jika Anda juga punya desainer web dan desainer grafis dalam agensi ini.

  1. Pembuat Furnitur

Permintaan akan furnitur baru semakin meningkat di masyarakat. Tidak heran bisnis pembuatan furnitur menjadi salah satu ladang yang menjanjikan. Agar Anda bisa menggaet banyak pelanggan, rajin-rajinlah untuk mencari tahu selera pasar dan desain terbaru yang sedang digandrungi oleh masyarakat. Furnitur kini bisa dijual secara langsung maupun melalui e-commerce, sehingga dijamin pasar Anda pun akan semakin luas.

Tidak perlu khawatir jika Anda tidak punya gedung atau ruangan khusus untuk memulai bisnis ini. Anda bisa memanfaatkan ruang kosong di rumah Anda atau sengaja mengosongkan satu ruang di rumah sebagai tempat pertama untuk membangun usaha ini.

  1. Fotografer dan Videografer

Keahlian dalam menjepret dengan angle yang unik tidak dimiliki semua orang? Tidak percaya? Coba saja sewa jasa fotografer. Pekerjaan sebagai fotografer profesional kini sangat menjanjikan. Demikian juga dengan videografer.

Jasa fotografer dan videografer di Indonesia banyak dibutuhkan untuk mengabadikan momen-momen personal yang penting. Misalnya seperti ulang tahun, pernikahan, pertunangan, hingga momen kelahiran sang buah hati. Tarif yang dipasang untuk jasa mereka tidak main-main, bisa mencapai puluhan juta rupiah untuk satu kali acara.

  1. Social Media Influencer

Ini dia pekerjaan yang banyak ditekuni oleh kaum millennial saat ini. Untuk menjadi seorang influencer, yang dibutuhkan adalah banyaknya pengikut di medial sosial, terutama Instagram dan YouTube. Pekerjaan sebagai influencer bisa mendatangkan puluhan juta hingga miliaran dari endorsement yang diterima. Semua orang bisa menjadi influencer di bidang mereka masing-masing lho.

  1. Editor Video

Pekerjaan atau bisnis sebagai editor video berkaitan erat dengan videografer. Jika seorang videografer bertugas untuk mengambil gambar dari sisi yang unik, maka editor bertugas untuk menyempurnakannya. Dengan menjamurnya YouTuber saat ini, maka pekerjaan sebagai editor video semakin diminati. Modalnya sederhana, hanya laptop dan aplikasi yang mumpuni. Tapi jangan lupa untuk selalu meng-update gaya editing yang sedang tren saat ini agar video semakin asyik untuk ditonton.

  1. Investasi di Pasar Modal

Dari semua pekerjaan yang ada di daftar ini, mungkin investasi termasuk salah satu yang paling klasik. Tidak bisa dipungkiri bahwa investasi di pasar modal mampu memberikan keuntungan yang berlipat ganda. Kini Anda tidka perlu modal terlalu besar untuk berinvestasi saham. Cukup punya kemampuan dalam memprediksi pergerakan pasar modal, maka uang yang sedikit saja bisa membuat Anda mendapatkan keuntungan berlipat ganda.

  1. Penyedia Kursus Bahasa

Di era global seperti sekarang, Bahasa Inggris bukan satu-satunya bahasa yang harus dikuasai. Kini bermunculan kursus bahasa-bahasa seperti Bahasa Jepang, Bahasa Korea, Bahasa Mandarin, Bahasa Jerman, dan masih banyak lagi. Jika Anda punya salah satu dari keahlian di atas, jangan ragu untuk mengubahnya jadi pekerjaan yang menghasilkan uang.

  1. Personal Trainer

Pelatih fisik pribadi menjadi pekerjaan yang banyak diminati karena banyaknya permintaan dari masyarakat. Mereka yang ingin sehat dan membutuhkan panduan dari ahlinya rela menyewa jasa personal trainer yang bisa membuat workout plan dan meal plan yang berbeda untuk setiap orang. Biaya yang dibutuhkan untuk menyewa satu personal trainer bisa mencapai puluhan juta rupiah setiap bulannya.

Pekerjaan yang bisa menghasilkan uang adalah pekerjaan yang sesuai dengan keahlian Anda. Jadi jangan hanya mengikuti tren yang ada sekarang, Anda juga harus memanfaatkan apa yang Anda miliki, menciptakan keunikan tersendiri, lalu menjualnya kepada orang lain.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 jenis usaha kecil yang membuat orang jadi kaya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Ide Bisnis Aneh tapi Untung Besar? Terbukti Lho!
Kamar Mau Disewakan di Airbnb? Ini Tip Memulai Bisnis Airbnb!
7 Ide Passive Income Bagi Pemilik Bisnis Kecil
Deretan Ide Bisnis yang Punya Prospek Bagus Saat New Normal
Mengapa Orang Kaya Lebih Memilih Mobil Bekas?
Untung Rugi Membeli Franchise
Tip Memulai Usaha Dropshipping
Apa Itu Studi Kelayakan Bisnis?
Tips Bisnis dari Jack Ma
Pelajari Tip-tip Ini Agar Bisnis Baru Anda Berhasil!


Bagikan Ke Teman Anda