Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ternyata Ini Alasan Orang-Orang Memulai Bisnis

Anda tertarik untuk menggeluti bisnis? Bisnis pada prinsipnya memang menjadi sektor ekonomi yang menarik. Tak heran banyak orang yang berminat untuk terjun ke dalamnya. Mulai dari yang hanya modal nekat hingga yang benar-benar siap secara finansial dan kemampuan. Tujuannya sama, yaitu mencapai bisnis yang dirintis berkembang dan mencapai kesuksesan.

Mengapa banyak orang tertarik untuk memulai bisnis? Bagi sebagian orang, hanya dengan menjadi karyawan yang menerima gaji bulanan saja tidaklah cukup. Mereka memiliki impian dan ambisi lebih besar terhadap kehidupannya, di mana keduanya tidak bisa diwujudkan selama mereka berstatus sebagai karyawan. Bisnis bagi mereka bukan hanya sebagai sumber penghasilan saja, tetapi juga media untuk meraih impian dan ambisi tersebut. Meski demikian, ada banyak alasan yang melatarbelakangi orang-orang memulai bisnisnya, di antaranya sebagai berikut.

  • Ingin mencapai sesuatu yang lebih

Setiap orang memiliki ambisi yang berbeda. Ada yang puas hanya dengan menjadi seorang karyawan, namun ada pula yang tidak puas hanya menerima gaji setiap bulan. Bagi mereka yang tidak puas dengan status karyawan tersebut, berusaha untuk membangun sesuatu dan ingin mencapai sesuatu yang lebih.

Bekerja sebagai karyawan memang ada tuntutan dan mungkin mengasyikkan bagi sebagian orang. Namun bagi mereka yang ‘ingin lebih’ tentu merasa kurang tertantang dengan aktivitasnya sebagai karyawan yang cenderung monoton dan bekerja di bawah perintah orang lain.

Orang-orang dengan ambisi tinggi cenderung ingin mencapai sesuatu yang berharga bagi kehidupannya baik di masa sekarang maupun yang akan datang. Berkutat dalam aktivitas yang sama selama bertahun-tahun tanpa ada peningkatan dan tantangan yang menarik menimbulkan kebosanan. Mereka yang memiliki jiwa entreprenuer tentu tidak akan puas dengan hal tersebut. Mereka ingin lebih dalam pencapaiannya, dan satu-satunya cara adalah dengan memulai bisnis sendiri.

Membangun bisnis dari awal, memulainya dari nol dan berusaha mengembangkannya menjadi tantangan tersendiri. Hal ini akan senantiasa memberikan motivasi untuk menciptakan sesuatu yang bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

  • Menantang diri sendiri

Menghabiskan waktu bertahun-tahun bahkan sampai puluhan tahun bekerja sebagai karyawan sering kali dirasa kurang menantang. Bagi sebagian orang, hal ini tentu tidak membuat mereka nyaman dengan pekerjaannya. Oleh sebab itu, mereka merasa bahwa sudah waktunya untuk resign dan memulai bisnis sendiri. Alasannya sederhana, yakni menantang diri sendiri. Mampukah mereka membangun masa depannya sendiri tanpa mengandalkan gaji bulanan?

Berjibaku memulai bisnis sendiri memang tidak mudah. Meski demikian, hal tersebut menjadi tantangan tersendiri, yang mungkin tidak pernah dirasakan ketika bekerja dengan status sebagai karyawan. Setiap proyek bisnis pasti akan memiliki tantangan yang sangat bervariasi. Belum lagi harus menjalin hubungan dengan orang-orang baru guna memperluas jaringan, tentu akan semakin menarik. Hal ini menjadi  tantangan untuk terus belajar dan menyempurnakan keterampilan baru.

  • Merasa menjadi karyawan yang buruk

Bekerja di bawah tekanan dan perintah orang lain bagi sebagian orang memang membuat tidak nyaman. Apalagi jika ego ikut dilibatkan dalam pekerjaan, tentu akan memicu terjadinya konflik internal, sehingga menciptakan suasana kerja yang kurang kondusif.

Selain itu, bekerja sebagai karyawan akan terikat dengan peraturan dan jam kerja yang telah ditetapkan. Hal tersebut akan menyulitkan karyawan untuk mengambil tindakan ketika dihadapkan pada situasi yang tidak diinginkan, seperti keluarga sakit atau urusan keluarga mendesak lainnya.

Kondisi-kondisi tersebut akan memunculkan dilema, di mana di satu sisi dituntut untuk profesional, namun di sisi lain ada ego yang terluka. Hal ini menimbulkan pemikiran bahwa mereka merasa menjadi karyawan yang buruk, karena tidak bisa menuruti dan melaksanakan setiap perintah kerja yang diberikan. Sebab itu, mereka merasa tidak cocok menjadi karyawan dan beralih menjadi pengusaha dengan memulai bisnisnya sendiri.

  • Mengaplikasikan ide-ide kreatif

Ketika kepala dipenuhi dengan ide-ide kreatif nan brilian, setiap orang umumnya akan bersemangat untuk berusaha mengaplikasikan ide-ide tersebut. Sayangnya, ide-ide cemerlang yang memenuhi kepala tak selalu dapat disalurkan atau diterapkan dalam pekerjaan yang ditekuni sehari-hari sebagai karyawan.

Bagi mereka yang memiliki ambisi tinggi, munculnya ide-ide kreatif tersebut akan sangat mengganggu jika tidak diaplikasikan. Jika pekerjaannya tidak competible atau tidak menerima ide-ide tersebut, maka satu-satunya jalan adalah memulai bisnis sendiri untuk menerapkan ide-ide tersebut.

Kemampuan mengaplikasikan ide-ide cemerlang tentu akan menjadi semangat yang selalu berkobar setiap harinya. Kehidupan yang dijalani akan menjadi penuh dengan tantangan, pasang surut yang besar, dan membawa peluang besar untuk memenuhi kreativitas.

  • Mencapai kemandirian finansial

Hidup dengan mengandalkan gaji yang diterima sekali dalam sebulan bagi sebagian orang tidaklah cukup. Sebagian besar gaji hanya dapat digunakan untuk membiayai kebutuhan hidup sehari-hari, bahkan bisa jadi kurang. Lantas, bagaimana bisa mempersiapkan tabungan untuk kehidupan di masa yang akan datang? Tentu akan sulit untuk mencapai kemandirian finansial jika hanya mengandalkan pendapatan dari satu sumber, sebagai karyawan.

Sebab itulah banyak yang rela melepaskan pekerjaan dan memulai merintis bisnis. Memang tidak mudah, dan butuh banyak pengorbanan. Namun, jika tekun dan selalu bersemangat dalam menjalankan bisnis, maka usaha tidak akan mengkhianati hasil. Pelan namun pasti akan ada perkembangan dan kemajuan yang berarti dari bisnis yang dijalankan, sehingga kemandirian finansial yang diharapkan bisa tercapai.

Memulai bisnis sendiri jelas memiliki banyak keuntungan finansial dibandingkan bekerja dengan mengandalkan upaha atau gaji bulanan. Seiring dengan berjalannya waktu, bisnis Anda akan berkembang. Selaras dengan hal tersebut, isi dompet Anda pun akan berkembang seiring dengan pertumbuhan bisnis tersebut. Selain itu, bisnis yang dibangun merupakan aset berharga yang bisa dijual atau diturunkan kepada ahli waris Anda kelak.

  • Keamanan kerja lebih terjamin

Menapaki tangga karir di perusahaan tidaklah mudah. Anda harus bersaing dengan rekan kerja untuk mendapatkan posisi dan jabatan yang diinginkan. Jika kinerja Anda baik, maka bisa jadi Anda mendapat promosi untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi. Sayangnya, tidak ada yang bisa menjamin hal tersebut terwujud. Harus diingat dan menjadi pertimbangan bahwa bekerja sebagai karyawan di perusahaan pun memiliki banyak intrik dan saling jegal. Intinya, keputusan untuk mengubah nasib dan kehidupan Anda menjadi lebih baik ada di tangan orang lain, dan hal tersebut tentu saja di luar kendali Anda.

Lain halnya ketika Anda memulai bisnis sendiri. Nasib dan kehidupan Anda, ada di tangan Anda sendiri, di mana perubahannya akan sangat tergantung pada ketekunan dan keseriusan Anda dalam menjalankan bisnis tersebut.

Memulai bisnis sendiri sama artinya Anda sedang berinvestasi untuk masa depan Anda. Selain itu juga keamanan kerja akan lebih terjamin. Artinya, dengan memulai bisnis sendiri, tidak ada kekhawatiran akan terkena PHK di masa depan. Bahkan, dengan memulai bisnis sendiri bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang ternyata ini alasan orang-orang memulai bisnis, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Yang Orang Sukses Lakukan di Umur 20an
Alasan Mengapa Kita Harus Belajar?
Mengapa Orang Pintar Gagal Berbisnis?
Siapa Orang Paling Kaya Sepanjang Jaman?
Mengenal Analisis Lima Kekuatan Porter (Porter Five Force)
Bagaimana Menjadi Orang di Atas Rata-rata? Ini Tipnya!
5 Alasan Mengapa Bisnis Baru Sering Gagal
Cara Membuat Bisnis Plan
Apa Itu Studi Kelayakan Bisnis?
Inilah Kesalahan yang Bisa Mematikan Bisnis Anda


Bagikan Ke Teman Anda