Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tip Hemat Agar Hidup Semakin Kaya

Pernah nggak sih kamu merasa tiba-tiba uang habis padahal tidak ada barang baru yang kamu beli? Akhirnya kamu tidak bisa menabung sepeser pun. Padahal menabung sangat penting untuk masa depan kita. Tapi kalau setiap bulan tidak ada yang bisa ditabung lalu bagaimana? Cara satu-satunya adalah dengan hidup lebih hemat.

Uang kita tidak mungkin habis secara “tiba-tiba”. Pasti ada pengeluaran yang kelihatannya kecil dan tidak seberapa, tetapi ternyata kalau dihitung jumlahnya cukup besar. Kalau jumlah itu ditabung, sangat lumayan untuk menambah angka di akun tabungan kita. Karena itu, coba perhitungkan beberapa sisi pengeluaranmu dan lakukan tip di bawah ini untuk berhemat.

  1. Beli Makanan Sesuai Kepribadian

Kamu tipe yang suka memasak? Menurut banyak orang, masak sendiri bisa lebih hemat. Eits, belum tentu. Ini tergantung dari bahan makanan yang kamu beli dan bagaimana menghabiskannya. Kalau kamu memang hobi masak, beli bahan makanan secukupnya dan pastikan memasaknya tepat waktu. Jangan sampai bahan makanan dibiarkan membusuk di kulkas. Ini justru jadi buang-buang uang.

Kalau kamu tipe yang tidak suka atau tidak bisa masak, cari tempat makan yang murah di sekitar tempat tinggal. Saat ini ada banyak cara untuk berhemat kalau menyangkut makanan. Ada banyak aplikasi kuliner yang bisa diunduh di smartphone. Manfaatkan diskon, cashback, dan program promo lainnya. Tapi pastikan kamu benar-benar untung, ya. Jangan hanya sekedar tergoda promo.

  1. Menanam di Rumah

Punya lahan untuk menanam? Walaupun di lahan sempit, manfaatkan lahan itu untuk menanam beberapa bahan makanan yang jadi favoritmu. Suka pedas? Kamu bisa tanam cabe? Suka sayur mayur? Kamu bisa tanam bayam atau kangkung sendiri. Dan masih banyak lagi tanaman yang bisa dimakan dan mudah untuk ditanam sendiri. Menanam adalah investasi terbaik yang terus tumbuh seiring waktu.

Dengan begitu, kamu pun bisa menghemat biaya belanja bahan makanan. Kalau jadwalmu sangat sibuk dan tidak bisa terus-menerus memperhatikan tanaman, pilih jenis tanaman yang tidak butuh banyak perawatan. Toh ada banyak sekali pilihanya.

  1. Tidak Usah Pakai Wi-Fi di Rumah

Coba perhatikan dengan baik, apakah Wi-Fi di rumah benar-benar diperlukan? Kalau kamu dan anggota keluarga lainnya lebih sering berada di luar rumah, pastinya penggunaan Wi-Fi jadi tidak signifikan. Kalau dipikir, rugi kan berlangganan internet tapi hanya dipakai di malam hari? Sementara seharian, dari pagi sampai malam kamu berada di luar rumah. Lebih baik pakai data internet biasa saja.

Kecuali kalau kamu dan orang rumah lebih sering melakukan aktivitas dari rumah seharian. Hampir semua anggota keluarga di rumah terus-menerus membutuhkan koneksi internet. Kalau begini kondisinya, Wi-Fi memang jadi lebih hemat.

  1. Tidak Usah Langganan TV Kabel

Ingat-ingat lagi, kapan terakhir kali kamu menonton TV? Saat ini banyak orang yang sudah jarang menonton TV. Apalagi dengan banyaknya aplikasi berlangganan yang menyediakan tontonan yang bisa disesuaikan dengan selera kita. Kegiatan menonton jadi lebih sering dilakukan melalui aplikasi yang mudah didapatkan di gawai. Kalau begitu, punya banyak channel TV di rumah perlu atau tidak?

Kalau kamu dan keluarga sudah mulai jarang menonton TV, sebaiknya pertimbangkan lagi untuk berlangganan TV kabel. Meski sepertinya pengeluaran yang tidak seberapa, tapi jumlahnya lumayan kalau dikumpulkan dalam setahun, loh. Untuk apa menghabiskan uang padahal fasilitasnya tidak pernah digunakan? Lebih baik ditabung, kan.

  1. Pilih Olahraga yang Hemat

Olahraga itu mahal, siapa bilang? Olahraga itu bukan berarti harus pergi ke gym ternama di tengah mall dan bayar mahal untuk jadi member, loh. Olahraga bisa dilakukan di lingkungan sekitar rumah saja. Contohnya jalan pagi atau jogging di sekitar rumah. Dana yang dibutuhkan hanya membeli sepatu olahraga yang cukup bagus. Itu saja.

Bahkan banyak juga olahraga yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Misalnya yoga, senam, zumba, dan berbagai jenis olah tubuh lainnya. Manfaatkan kemajuan teknologi dengan baik. kamu bisa dengan mudah mencari video olahraga yang kamu suka, lalu tinggal ikuti saja di rumah dengan rutin. Dijamin hemat dan praktis.

  1. Merawat Tubuh di Rumah

Untuk tampil sempurna itu butuh biaya dan usaha, memang benar. Tapi tidak harus selalu mahal, loh. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami dan melakukan perawatan sendiri di rumah. Asalkan dilakukan dengan rutin, maka pasti akan ada hasilnya.

Tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk ke salon atau ke dokter kulit. Kamu bisa pakai masker timun, tomat, madu, dan lain-lain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulitmu. Tanam lidah buaya dan gunakan untuk merawat rambut dan kulit. Selain lebih murah, cara ini juga jauh lebih sehat daripada menggunakan zat-zat kimia yang ada di salon.

  1. Gunakan Transportasi Umum

Daripada mengeluarkan uang untuk membeli kendaraan, kalau belum terlalu perlu sebaiknya manfaatkan transportasi umum. Berjalan kaki ke halte bus atau stasiun terdekat akan membuatmu lebih sehat. Lalu naik alat transportasi umum sudah pasti akan lebih hemat daripada membeli kendaraan pribadi. Apalagi kalau sampai berhutang.

Saat ini, kota-kota besar lebih memfasilitas penggunaan kendaraan umum dibanding dengan kendaraan pribadi. Mengapa harus menggunakan kendaraan pribadi kalau pada akhirnya hanya akan menyusahkan kamu. Lebih baik, pakai kendaraan umum yang lebih nyaman dan hemat.

Mulai sekarang demi hidup semakin kaya, perhatikan ulang pengeluaranmu sehari-hari. Pasti ada saja pengeluaran yang bisa dikurangi dan lebih memperbanyak tabungan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip hemat agar hidup semakin kaya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Kesalahan Finansial yang Dialami Orang Berumur Setengah Baya
Barang Mahal yang Layak Dibeli
Persiapan Bila Usaha Mengalami Bencana Alam
Apa Itu Hedonisme dan Mengapa Tak Baik untuk Keuangan Keluarga
7 Hal yang Sering Pensiunan Sesali Ketika Tidak Lagi Bekerja
Cara Mengatur Keuangan Keluarga Agar Tidak Boros
Bagaimana Mengubah Hidup Lebih Baik Dengan Cepat
Dasar-dasar Pengelolaan Finansial Pribadi
Ide Resolusi Finansial Tahun 2019
Cegah Belanja Impulsif dengan Cara Ini!


Bagikan Ke Teman Anda