Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Fakta Mengejutkan Dalam Mengelola Keuangan

Bila membahas mengenai mengelola keuangan, yang terbayang mungkin bagaimana menabung dan menghindari hutang. Meski sebenarnya ada banyak sekali hal yang akan termasuk ke dalam pengelolaan keuangan. Tidak itu saja, terdapat juga berbagai fakta yang sepertinya tidak akan terbayangkan mengenai mengelola keuangan.

Pengelolaan keuangan, terutama keuangan pribadi merupakan topik menarik untuk diulas. Keuangan pribadi pastinya membutuhkan cara pengelolaan tersendiri. Namun diantara itu, ada berbagai fakta yang cukup mengejutkan mengenai topik pengelolaan keuangan ini. Khususnya yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan pribadi.

Di bawah ini akan dikupas beberapa hal mengenai fakta mengejutkan dan mungkin tidak diketahui sebelumnya tentang pengelolaan keuangan.

Fakta Mengejutkan Pengelolaan Keuangan

Siapa yang tidak senang ketika menemukan fakta-fakta baru? Bagaimana dengan fakta mengenai pengelolaan keuangan? Seperti juga berbagai topik lain, ada banyak sekali fakta mengenai keuangan yang mungkin tidak banyak diketahui sebelumnya.

Fakta-fakta mengenai keuangan ini mungkin akan mengubah pandangan tentang bagaimana mengelola uang yang dimiliki. Bahkan bukan tidak mungkin, beberapa fakta akan cukup mengejutkan dan menarik perhatian.

Sudah semakin penasaran mengenai apa saja fakta-fakta menarik mengenai keuangan yang mungkin belum diketahui sebelumnya? Di bawah ini beberapa diantaranya.

1. Investasi dan Saham

Ada berbagai fakta menarik yang mungkin belum banyak diketahui mengenai investasi. Salah satunya mengenai pertumbuhan ekonomi yang diraih melalui investasi.

Salah satu fakta pengelolaan keuangan tentang investasi diceritakan oleh Warren Buffett kepada CNBC.Buffett menceritakan bagaimana di tahun 1941, keadaan dunia sungguh tidak menentu. Salah satunya perang dunia 2 yang bukan hanya memporak porandakan negara saja. Melainkan juga perekonomian.

Kala itu Buffett melakukan investasi sebesar $10,000 S&P500. Di tengah keadaan ekonomi yang sangat buruk, keputusan untuk melakukan investasi tentu dinilai tidak bijak. Namun Buffett tetap melakukannya. Hasilnya? Investasi sebesar $10,000 kala itu bernilai hingga $50 juta saat ini.

Tentu saja ada beberapa faktor yang mempengaruhi peningkatan nilai investasi Buffett. Mulai dari inflasi, hingga naik turunnya ekonomi. Walau begitu dari cerita tersebut bisa diambil kesimpulan mengenai kekuatan dari investasi selama berdekade-dekade. Tidak peduli apa yang mungkin terjadi diantaranya.

Selain itu juga kenyataan bahwa akan ada banyak sekali keadaan yang mungkin terjadi, yang kita kira akan mempengaruhi nilai investasi. Padahal saat berinvestasi seharusnya mengabaikan berita tentang kejadian yang sifatnya jangka pendek. Entah itu turunnya pasar, virus, bahkan juga mengenai politik. Faktanya kejadian jangka pendek ini tidak akan begitu berpengaruh pada investasi yang dilakukan.

Fakta mengenai investasi dalam pengelolaan keuangan di atas mungkin tidak banyak diketahui. Banyak orang yang justru mengijinkan kejadian yang sifatnya sementara berpengaruh dengan investasi yang dilakukan. Faktanya, ekonomi akan kembali meningkat dan memperbaiki diri.

Fakta lain yang tidak kalah menarik mengenai investasi diantaranya:

    1. Saat pasar turun di tahun ini, 35% dari investor berusia di atas 65 tahun melakukan panic sold diantara bulan Maret dan Mei.
    2. Keadaan bursa saham nyaris tidak memiliki korelasi dengan keadaan ekonomi. Namun saat ini, korelasi tersebut sudah semakin rendah. Di masa sekarang ini, pasar saham bisa berjalan dengan baik selama resesi dan justru menurun ketika keadaan ekonomi membaik. Ini karena 80-90% dari bursa saham saat ini dikontrol oleh investor institusi dan orang-orang kaya. Sehingga tidak menggambarkan keadaan ekonomi secara umum.
    3. Faktanya, 80% dari saham adalah automated.
    4. Rata-rata, koreksi pada pasar saham akan terjadi setiap 2 tahun sekali. Ini membuat penurunan atau kenaikan antara 10-20% sangatlah normal. Dari cerita Buffett, mulai tahun 1941 sudah ada 35-50% koreksi di pasar saham.

2. Biaya Administrasi

Sudah tidak asing bukan dengan biaya administrasi? Kembali kepada Warren Buffett, ia sebelumnya pernah membicarakan bagaimana biaya administrasi berpengaruh kepada pengelolaan keuangan. Meski tidak banyak orang yang menyadari.

Contohnya saja seperti ini. Seseorang menabung Rp 500,000 setiap bulannya selama 30 tahun. Bunga yang didapatkan dari tabungan tersebut sebesar 7% sedangkan biaya administrasinya 1%. Setelah dipotong biaya administrasi, jumlah tabungan selama 30 tahun menjadi Rp 490,000,000. Sedangkan bila dihitung tanpa biaya administrasi, jumlah tabungan akan menjadi Rp 588,000,000! Ini berarti kehilangan nyaris Rp 100,000,000 atau 17% untuk biaya administrasi.

Biaya administrasi memang berkesan sangat kecil. Nyaris tidak berarti. Namun faktanya, akan sangat berpengaruh pada pengelolaan keuangan di jangka panjang.

3. Kesenjangan Kekayaan

Wealth gap atau kesenjangan kekayaan merupakan hal nyata. Faktanya bila melihat pada statistik, 1% golongan terkaya di Amerika menguasai total dari 40% angka kekayaan nasional. Sedangkan 80% orang Amerika menguasai 7% total kekayaan tersebut. Ini menunjukan kesenjangan finansial yang sangat drastis untuk negara adidaya. Indonesia? Tentu angkanya lebih tinggi lagi.

Salah satu cara untuk memperkecil kesenjangan finansial secara nasional dengan mengedukasi mengenai finansial. Salah satunya tentang pengelolaan keuangan. Entah itu mengenai investasi, saham, bisnis yang bersumber dari rumah, pajak, dan sebagainya.

Kesenjangan finansial ini menjadi semakin lebar dengan banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan oleh orang kaya. Ketika mereka memiliki banyak uang, semakin mudah uang didapatkan oleh mereka.

Fakta ini ditunjukkan ketika seorang miliuner dari Hong Kong, Liu Yiqian memenangkan lelang untuk sebuah lukisan terkenal dan membayar lebih dari $175 juta dengan menggunakan kartu kredit American Express. Pembelian tersebut memberikan Liu Yiqian reward point yang cukup memenangkan tiket kelas pertama untuk penerbangan kemana saja di seluruh dunia, untuk seluruh hidupnya dan keluarganya.

Fakta mengenai pengelolaan keuangan memang menyenangkan untuk diulas. Semoga dari ulasan di atas mengenai 3 fakta yang ada mengenai pengelolaan keuangan akan memberikan pandangan berbeda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang fakta mengejutkan dalam mengelola keuangan, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mengapa Jangan Tergantung pada Pendapatan Tunggal?
Aspek Keuangan yang Sering Terlupa dan Harus Diperhatikan
Perencanaan Keuangan untuk yang Baru Saja Menikah
Inilah Cara Jitu untuk Mempersiapkan Dana Kuliah Anak
Tip Finansial Yang Tidak Membutuhkan Penghematan
7 Tip Perencanaan Keuangan Pribadi dan Investasi
Cara Mengatur Uang Ala Dave Ramsey
Ini Pentingnya Personal Finance! Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi
Langkah-langkah Membuat Anggaran Keluarga
Mantra Penarik Uang dan Kekayaan


Bagikan Ke Teman Anda