Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Keterampilan Hidup (Life Skill) yang Harus Dipelajari Setiap Remaja

Masa remaja hanya datang sekali seumur hidup, karena itu harus dinikmati. Ini memang benar. Tapi bukan berarti remaja hanya bisa bersenang-senang saja. Setiap orang tetap harus bertanggung jawab terhadap hidupnya sendiri. Begitu juga ketika remaja. Ingat, setelah masa remaja yang hanya sementara ini ada masa depan saat seseorang sudah tumbuh menjadi dewasa menanti.

Untuk bisa menjadi pribadi yang mandiri ketika dewasa, pendidikan sangat diperlukan. Tapi bukan itu saja. Berbagai keterampilan dalam kehidupan sehari-hari juga penting untuk dikuasai. Mempelajari keterampilan ini ada banyak manfaatnya. Selain bisa membangun rasa percaya diri, keterampilan juga akan menambah pembelajaran sosial emosional yang sangat dibutuhkan para remaja.

Berikut beberapa keterampilan hidup atau life skill yang seharusnya dipelajari setiap remaja:

  1. Mengatur Uang

Ini perlu dipelajari semua orang, bahkan proses pembelajaran bisa dimulai sejak kanak-kanak. Dimulai dari menabung, mendapat uang saku mingguan atau bulanan, cara membaginya dalam periode tersebut, dan lain-lain. Di saat remaja, mereka bisa belajar menabung untuk traveling atau biaya kuliah. Penting juga bagi mereka belajar mengenai cara kerja kartu kredit.

Belajar mengatur uang sejak dini sangat berguna. Remaja bisa mempraktikkan membuat keputusan tentang keuangannya sendiri. Selain itu, mereka akan belajar lebih bertanggung jawab. Saat mereka dewasa dan punya penghasilan, kemungkinan mereka menghamburkannya jadi lebih kecil.

  1. Mengatur Waktu

Anak-anak dan remaja cenderung masih bergantung pada orang tua dalam mengatur waktu mereka. Dari bangun tidur, waktu sarapan, mandi, berangkat ke sekolah, belajar, main, dan lain-lain. Saat sudah dewasa, setiap individu dituntut untuk bisa mengatur waktunya sendiri dengan baik. tujuannya agar semua tanggung jawabnya bisa terpenuhi.

Kenapa penting bagi remaja untuk bisa mengatur waktu? Manajemen waktu yang baik justru bisa membuat mereka menyelesaikan tugas dengan lebih cepat. Akhirnya mereka malah punya waktu luang lebih yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan hobi mereka. Waktu luang juga penting untuk menurunkan tingkat stres.

  1. Berkomunikasi yang Baik

Memang tidak semua orang punya kemampuan komunikasi yang luar biasa. Tidak semua orang bisa supel. Tapi setidaknya setiap orang harus bisa berkomunikasi secara wajar. Tahu bagaimana berbicara dengan sopan dan menempatkan diri dalam berbagai situasi. Ini sangat penting untuk nantinya saat mereka kuliah, kerja, dan berkomunikasi dengan orang di sekitar yang mereka temui sehari-hari.

Kemampuan komunikasi yang baik sangat diperlukan dalam hidup. Banyak masalah yang bisa selesai dan tidak perlu dibesar-besarkan karena komunikasi yang baik. Remaja akan belajar bagaimana caranya menghargai pendapat orang, mendengarkan, dan menghargai hubungan yang mereka bangun dengan sekitar.

  1. Merawat Diri

Merawat diri harus diajarkan sejak kecil. Anak-anak cenderung tidak terlalu memperhatikan hal ini karena tidak mengerti apa gunanya. Merawat diri agar tetap bersih sangat penting bukan hanya bagi penampilan. Yang paling penting justru bagi kesehatan mereka sendiri.

Setidaknya setiap individu harus tahu bagaimana caranya untuk tetap bersih. Mereka harus tahu cara menjaga kulit dan rambut. Setelah remaja, laki-laki harus mempelajari cara bercukur secara higienis. Sementara perempuan harus belajar cara merawat diri saat sedang menstruasi dan menjaga diri tetap bersih.

  1. Menjaga Kebersihan

Setelah bisa merawat diri sendiri, sangat penting bagi setiap individu untuk belajar menjaga kebersihan. Ini bisa dimulai dari menjaga kebersihan kamarnya sendiri. Jika dibiasakan sejak kecil, mereka akan punya kesadaran menjaga kebersihan rumah. Setidaknya mereka bisa membersihkan debu, menyapu, dan mengepel.

Mencuci peralatan makan sendiri juga sangat penting diajarkan. Selain itu, cara membuang sampah yang ramah lingkungan juga sangat penting. Jika telah terbiasa, mereka akan lebih bertanggung jawab terhadap kebersihan bahkan saat di luar rumah.

  1. Menjaga Kesehatan

Saat anak-anak dan remaja, seseorang cenderung lebih banyak beraktivitas di luar. Ada kemungkinan mereka jatuh dan terluka. Sangat penting mempelajari pertolongan pertama pada kecelakaan yang sederhana. Misalnya seperti membersihkan luka, memakai obat luka dan perban.

Mereka juga harus tahu kondisi tubuh mereka sendiri. Saat terserang flu, batuk, demam, dan penyakit yang biasa menular ini, setidaknya mereka tahu kapan harus minum obat dan pergi ke dokter. Mengajarkan remaja untuk hidup sehat dengan cara berolahraga secara teratur dan mengonsumsi makanan sehat juga sangat penting.

  1. Memasak dan Berbelanja

Bisa memasak bukan berarti harus jadi koki yang hebat. Setidaknya setiap individu harus belajar memasak hidangan yang simpel. Gunanya adalah ketika mereka harus tinggal sendiri, setidaknya mereka tahu bagaimana bisa bertahan hidup dengan makanan. Ini bisa dimulai dari cara menyimpan makanan dan menggunakan alat masak.

Saat tinggal sendiri, seseorang cenderung banyak mengonsumsi makanan cepat saji yang kurang baik bagi tubuh. Dengan keterampilan memasak yang cukup, mereka bisa mengurangi hal tersebut.

  1. Memilih Pakaian dengan Baik

Saat dewasa dan harus tinggal sendiri, tidak ada lagi pakaian yang sudah rapi disiapkan oleh ibu. Semua harus dipersiapkan sendiri. Karena itu, setidaknya setiap orang punya kemampuan memilih pakaian yang cocok dengan setiap acara. Kemampuan melipat pakaian dengan rapi dan menyetrika juga sangat penting. Dengan begitu, mereka akan selalu tampil representatif dalam setiap kesempatan.

Mungkin sebagian besar orang tua kita telah mengajarkan kita ketarampilan hidup di atas sejak kecil, tetapi percayalah tidak semua remaja beruntung mendapatkannya. Karena itu, bagi kita yang mendapatkannya, jangan sepelekan pelajaran hidup yang sangat berguna tersebut.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang keterampilan hidup (life skill) yang harus dipelajari setiap remaja, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



6 Skill Wajib Dimiliki Agar Sukses
Ajaran Hidup yang Bisa Kita Ambil Hikmahnya
Tips Jitu Mencari Ide Bisnis Cemerlang Sesuai Keterampilan
Ajaran Finansial yang Seharusnya Diajarkan Ketika Remaja
Soft Skills yang Harus Dimiliki Kaum Millennial
Bagaimana Meningkatkan Leadership Skill?
Keterampilan Yang Menguntungkan Untuk Dipelajari
Skill Bisnis Yang Dapat Dipelajari dari Pendidikan di Kemiliteran
Financial Skill yang Harus Dipelajari di Sekolah
Anak Mau Punya Skill Bisnis? Ini Tip Buat Orangtua!


Bagikan Ke Teman Anda