Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tip Pedagang Online Mempersiapkan Belanja di Musim Liburan

Musim liburan, terutama pada hari Natal dan tahun baru, menjadi momen yang sibuk bagi pedagang online. Pada hari-hari tersebut, pembelian akan meningkat tajam. Untuk menyambut musim puncak ini, pedagang online harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Ini berlaku baik untuk pedagang online lawas yang sudah sangat berkembang hingga toko online yang dikelola sehari-hari.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pedagang online dalam menyambut antusiasme konsumen yang berbelanja di musim liburan.

  1. Rencanakan dan tentukan target musiman

Bagi semua pedagangan yang menjual produk, perencanaan merupakan hal yang terus menerus dilakukan sepanjang tahun. Namun perencanaan musim liburan tentu berbeda. Akhir tahun sering disebut sebagai waktu tersibuk bagi para pedagang online.

Dengan demikian, perencanaan dan target penjualan tentu berbeda dibandingkan dengan waktu-waktu lain di sepanjang tahun. Dalam menentukan target, tidak melulu harus pada penjualan saja lho. Customer engagement dan kenaikan pengikut di media sosial juga menjadi alat ukur kesuksesan yang baik bagi sebuah pedagang online.

  1. Lakukan upgrade pada teknologi yang digunakan

Anda harus mengantisipasi membludaknya pengguna yang mengakses website atau aplikasi pedagang online di musim puncak berbelanja. Jika Anda tidak ingin menerima keluhan dari pelanggan atau bahkan kehilangan pelanggan karena berbagai masalah yang muncul ketika mereka mengakses pedagang online, lakukan upgrade pada teknologi yang Anda gunakan.

Pastikan website Anda mampu menampung ribuan hingga jutaan pengguna sekaligus. Apalagi jika website Anda tidak terbiasa dengan pengguna sebanyak ini. Untuk memastikan bahwa sistem yang Anda terapkan berjalan lancar, jalankan tes sebelum hari besar berbelanja tiba.

  1. Persiapkan stok barang menyambut liburan

Ini hal yang sama sekali tidak boleh dilewatkan. Bersamaan dengan datangnya musim liburan di akhir hingga awal tahun, Anda harus menawarkan diskon untuk menarik pelanggan agar mau berbelanja. Namun Anda juga harus mempersiapkan jumlah pembeli yang semakin meningkat karena tertarik dengan promo yang Anda buat.

Oleh karena itu, siapkan stok barang yang mencukupi untuk menyambut musim liburan ini. Hal ini berkaitan erat dengan target penjualan yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Pengecekan stok barang harus dilakukan sejak jauh-jauh hari, sehingga jika ada kekurangan stok Anda bisa langsung menghubungi pihak supplier untuk meminta pengiriman barang.

  1. Uji traffic dan kecepatan website

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, traffic dan kecepatan website harus diuji terlebih dahulu sebelum musim belanja datang. Performa website harus menjadi prioritas utama Anda saat ini. Agar para pelanggan puas berbelanja, pastikan website bisa berjalan dengan lancar. Semua aspek mulai dari berapa lama waktu yang dibutuhkan gambar agar bisa ditampilkan secara penuh hingga proses checkout harus diperiksa.

  1. Optimisasi aplikasi mobile

Banyak konsumen lebih nyaman berbelanja melalui aplikasi mobile karena lebih praktis karena mereka bisa memilih-milih barang dan menyelesaikan transaksi kapan saja dan dimana saja. Aplikasi mobile dari pedagang online yang Anda jalankan juga harus dioptimisasi. Setidaknya, pastikan gambar-gambar yang ada cukup responsif dan interface dari pedagang online tidak terlalu rumit. Ini akan mempengaruhi kecepatan performa aplikasi.

Jika Anda tidak melakukan optimisasi terhadap aplikasi mobile dari pedagang online Anda, maka yang akan terjadi adalah Anda mungkin kehilangan pelanggan yang tidak puas menggunakan layanan aplikasi Anda.

  1. Buat rencana untuk kalender liburan

Perencanaan menjadi sangat penting jika Anda menjual produk, terutama dalam menyambut musim liburan akhir tahun dimana aktivitas berbelanja masyarakat lebih meningkat dibandingkan hari-hari lainnya. Buat rencana konten selama masa liburan. Misalnya Anda menetapkan waktu 10 hari sebagai masa puncak berbelanja, maka buatlah rencana penawaran dari pedagang online selama waktu tersebut.

Sebagai contoh, Anda menawarkan promo berbeda setiap hari selama 10 hari, maka para pelanggan akan tertarik dan mengunjungi pedagang online Anda terus menerus. Semakin menarik promo yang Anda buat, maka semakin banyak pula pelanggan yang akan berbelanja di toko Anda.

  1. Tawarkan pengiriman gratis bila mungkin

Terkadang, pelanggan mengurungkan niat mereka untuk berbelanja di pedagang online karena biaya kirim yang terlampau mahal. Masalah ini bisa disiasati dengan cara menawarkan pengiriman gratis. Namun jika hal ini tidak memungkinkan, Anda bisa menawarkan potongan biaya kirim saja.

Untuk membuat keputusan seberapa besar diskon biaya pengiriman yang bisa Anda berikan kepada pelanggan, Anda harus memperhitungkannya dengan matang. Jangan asal memberikan diskon tanpa melihat apakah Anda tetap bisa meraih keuntungan dengan strategi semacam ini.

  1. Gunakan kesempatan ini untuk membuat return customer

Anda yang bergelut di dunia pedagang online atau penjualan barang dan jasa secara umum pasti mengerti pentingnya return customer. Return customer adalah para pelanggan yang telah membeli produk Anda sekali, lalu kembali lagi untuk membeli kedua kalinya. Mereka yang membeli produk Anda lebih dari sekali sangat berpotensi menjadi pelanggan setia yang bisa Anda andalkan di sepanjang waktu.

Musim belanja akhir tahun bisa menjadi saat yang tepat untuk menambah jumlah return customer Anda. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat loyalty program, kampanye melalui email, memberikan notifikasi pada aplikasi mobile, hingga memberikan penawaran menarik seperti cashback dan bundling.

  1. Tarik lebih banyak pelanggan

Bukan hanya para pelanggan setia saja yang harus menjadi target Anda pada musim puncak berbelanja di akhir tahun. Anda juga harus menggunakan kesempatan ini untuk menarik lebih banyak pelanggan baru agar mau berbelanja melalui pedagang online Anda.

Ada banyak alternatif strategi yang bisa Anda lakukan. Misalnya seperti memberikan penawaran khusus seperti potongan harga atau bonus produk bagi pelanggan yang melakukan pembelian pertama. Ingat bahwa ini adalah kesempatan emas untuk meninggalkan kesan yang baik terhadap semua pelanggan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip pedagang online mempersiapkan belanja di musim liburan, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tip Memulai Usaha Dropshipping
Apa Itu SIM Online? Ini Dia Caranya
Cegah Belanja Impulsif dengan Cara Ini!
Tip Meminjam Uang dari Saudara atau Teman
Tip Mempersiapkan Pensiun Dini
Tip dalam Membeli Franchise
Mengapa Pinjaman Online (Pinjol) Adalah Utang yang Buruk?
Cara Melaporkan Pinjaman Online Ilegal ke OJK
15 Tip Dalam Berinvestasi di Pasar Saham
Tips dan Trik Berbelanja Makanan Selama Pandemi Virus Corona


Bagikan Ke Teman Anda