Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tip Usaha Warung Kopi

Banyak orang yang mengawali paginya dengan menyeruput secangkir kopi. Apakah Anda termasuk di antaranya? Bagi kebanyakan orang, minum kopi sebelum memulai aktivitas merupakan kenikmatan tersendiri. Meski pahit, namun faktanya banyak yang menyukai minuman ini. Jumlah penikmat kopi semakin meningkat dari tahun ke tahun. Tak heran jika penjualan minuman kopi semakin tinggi. Tak hanya itu, jumlah kedai atau warung kopi pun mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Kedai atau warung kopi merupakan salah satu bisnis yang memiliki ketahanan cukup baik ketika pasar mengalami gejolak. Jika Anda merupakan salah seorang penikmat kopi dan memiliki jiwa enterpreneurship, maka bisnis warung kopi layak untuk dicoba. Lantas bagaimana cara memulainya? Tak perlu khawatir, Anda bisa mengikuti tip untuk memulai bisnis atau usaha warung kopi berikut ini.

  • Menyusun rencana bisnis

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah menyusun rencana bisnis. Perencanaan bisnis sangat penting sebagai kerangka kerja dari bisnis yang akan dirintis. Dalam rencana bisnis warung kopi, Anda bisa mengetahui siapa pasar sasarannya atau pelanggan utama, pesaing, proyeksi penjualan dan pendapatan, serta tujuan dari bisnis tersebut.

Dalam proses penyusunan rencana bisnis, ada baiknya Anda juga menyiapkan program promosi awal pembukaan warung kopi. Hal ini memungkinkan Anda untuk memvalidasi ide bisnis dengan cepat dan memahami siapa pasar Anda dan cara menjangkau mereka. Selain itu, Anda juga bisa menemukan cara untuk membedakan diri dengan pesaing. Tak hanya itu, Anda pun bisa menentukan konsep warung kopi Anda, termasuk menu makanan pendukungnya.

  • Temukan lokasi yang terbaik

Lokasi atau tempat usaha menjadi salah satu aspek penting yang harus diperhatikan. Pastikan Anda tidak memilih sembarang tempat untuk memulai bisnis warung kopi Anda. Sebab, lokasi atau tempat usaha menentukan ‘kelangsungan hidup’ usaha yang akan dijalankan. Lokasi usaha yang terbaik umumnya memiliki beberapa parameter, yaitu mudah diakses, terlihat jelas dengan lalu lintas yang cukup ramai baik untuk pejalan kaki maupun kendaraan, dan pastinya ruang yang sesuai dengan visi bisnis Anda.

Menemukan lokasi atau tempat untuk membuka usaha warung kopi memang tidak mudah. Anda tidak akan menemukannya hanya dalam waktu semalam. Bisa jadi, Anda akan menemukannya dalam waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan setelah melakukan banyak survei dan observasi. Agar bisnis warung kopi berkembang dan menguntungkan, ada baiknya Anda meluangkan waktu untuk menemukan tempat yang tepat.

  • Mengatur tata ruang yang nyaman

Meski hanya warung kopi, namun penataan ruang sangat penting agar dapat memberikan kenyamanan dan kepuasan kepada pelanggan. Sebagai pengusaha warung kopi, Anda harus menyadari bahwa konsumen akan terus datang dan melakukan pembelian berulang apabila mereka merasa nyaman dengan tempat dan ruang yang ditata secara apik, meski hanya sederhana.

Penataan ruang warung kopi tidak hanya menyangkut interior saja, tetapi juga pemilihan area tempat duduk dan jangkauan untuk mendapatkan akses dan layanan yang cepat. Untuk menata ruang secara tepat, Anda bisa berjalan mengitari ruangan untuk memvisualisasi setiap skenario yang dipikirkan. Anda bisa memposisikan diri sebagai seorang pelanggan, sehingga tahu apa yang diinginkan pelanggan di area tempat duduk.

  • Menyewa jasa akuntan

Sebagai pebisnis pemula, Anda mungkin belum mahir dalam menguasai angka-angka dalam perhitungan finansial. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda menyewa jasa seorang akuntan. Meski harus merogoh kocek agak dalam, namun memiliki ahli angka tentu akan sangat bermanfaat bagi Anda.

Sebenarnya akuntan tidak semata-mata hanya untuk membantu mengkalkulasi kebutuhan modal usaha dan pengalokasiannya saja, tetapi sekaligus sebagai konsultan bisnis kecil Anda. Sebab itu, pastikan Anda menemukan orang yang dapat dipercaya dalam membantu mencapai tujuan bisnis Anda.

  • Mendapatkan pendanaan dari sumber lokal

Dalam memulai suatu bisnis, modal menjadi faktor penting yang harus tersedia. Namun, menemukan dana awal untuk memulai bisnis warung kopi tidaklah mudah. Meskipun demikian, mendapatkan modal awal bukan berarti tidak mungkin. Mulailah dari sumber lokal, yakni teman-teman dan keluarga Anda. Sampaikan rencana bisnis yang solid kepada mereka dan ajaklah mereka untuk berinvestasi dalam bisnis kecil Anda.

Jika Anda mampu mendapatkan pendanaan dari sumber lokal dengan jumlah yang mencukupi, maka langkah Anda berikutnya akan lebih mudah. Namun, apabila pendanaan dari sumber lokal belum mencukupi, maka Anda harus berusaha lebih keras untuk mendapatkan tambahannya. Pengajuan pinjaman ke bank bisa menjadi salah satu opsi. Namun, umumnya bank memberlakukan syarat di mana Anda harus menunjukkan bukti bahwa bisnis Anda sudah berjalan beberapa tahun dan memiliki daya tarik, sehingga mampu menghasilkan keuntungan dan memiliki risiko yang wajar.

  • Menghemat untuk pengeluaran pribadi

Memulai dan merintis bisnis dari nol tentu membutuhkan perjuangan dan banyak pengorbanan. Salah satunya adalah menghemat untuk pengeluaran pribadi. Sebab, saat memulai bisnis warung kopi Anda akan membutuhkan dana yang cukup banyak untuk menjalankan bisnis tersebut. Penting untuk disadari bahwa di permulaan, bisnis baru belum akan menguntungkan selama beberapa bulan. Alih-alih menguntungkan, bisa jadi pendapatan dari bisnis yang diperoleh belum sesuai dengan harapan, sehingga Anda harus menutup biaya-biaya yang timbul dengan modal awal atau bahkan uang pribadi Anda.

Ketika memulai bisnis warung kopi, pastikan Anda menyisihkan cukup uang untuk menutupi pengeluaran pribadi Anda, setidaknya untuk enam bulan ke depan atau bahkan lebih lama. Dengan kesiapan finansial tersebut, Anda bisa lebih fokus dalam menjalankan bisnis warung kopi, dan tidak teralihkan untuk mencari sumber pendanaan lain, karena modal yang dimiliki sangat terbatas.

  • Mengembangkan rencana pemasaran

Bisnis yang sukses umumnya memiliki strategi pemasaran yang jitu untuk menarik pelanggan. Anda pun perlu mengembangkan rencana pemasaran jauh-jauh hari sebelum bisnis warung kopi Anda dibuka. Tujuannya untuk beriklan kepada calon pelanggan atau pasar sasaran. Maka dari itu, jika Anda mulai memasarkan warung kopi pada hari pembukaannya, maka Anda sangat terlambat.

Beriklan lebih awal sebagai upaya menerapkan strategi pemasaran akan memberikan banyak keuntungan. Anda bisa mulai mengenalkan produk-produk andalan di warung kopi Anda, bahkan sebelum Anda membukanya. Ada banyak cara untuk beriklan lebih awal, diantaranya sebagai berikut.

    • Menjalin kemitraan dengan bisnis lokal lainnya dengan menyediakan kopi gratis sebagai imbalan untuk beriklan di tempat tersebut.
    • Memanfaatkan media sosial untuk berkomunikasi langsung dengan calon pelanggan atau pasar sasaran Anda.
    • Turut berpartisipasi atau menjadi sponsor dalam acara lokal, dengan memberikan sampel kopi gratis.
    • Melakukan kampanye secara online dengan mengirimkan email ke mitra bisnis yang berisi kupon atau voucher yang bisa ditukarkan ketika warung kopi Anda telah launching.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip usaha warung kopi, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Berjualan Adalah Cara Terbaik Menghasilkan Uang
Cara Membuat Bisnis Plan
Tip Berbisnis dari Para Milyarder
Cara Menghasilkan Keuntungan Bisnis Di Masa Resesi
Tip Meminjam Uang dari Saudara atau Teman
Cara Membedakan Emas Asli Atau Palsu, Nomor 3 Tanpa Alat Apapun!
Tip Memulai Usaha Dropshipping
10 Biaya Tersembunyi dalam Memulai Bisnis
Apa Itu Agile Leader?
Untung Rugi Bisnis Koin Laundry


Bagikan Ke Teman Anda