Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ragam Ide Bisnis yang Bisa Dikembangkan di Lokasi Sekitar Bandara

Pergerakan manusia di zaman modern seperti sekarang ini semakin dinamis. Semua orang menginginkan untuk sampai pada tempat tujuan dengan cepat. Hal ini tentu dibutuhkan moda transportasi yang memadai, salah satunya adalah pembangunan bandara.

Terlepas dari kontroversi dengan pembebasan lahannya, sebenarnya pembangunan bandara memiliki peluang bisnis yang cukup besar. Bandara seolah memiliki medan magnet, yang tak hanya menarik investor properti untuk mengembangkan permukiman penduduk, tetapi juga pelaku bisnis untuk membangun usahanya di kawasan sekitar bandara. Sebab itu, kawasan bandara cenderung akan lebih ‘hidup’ karena ramai oleh hiruk-pikuk aktivitas bisnis dan ekonomi warga masyarakat sekitar.

Bicara tentang bisnis, berikut beberapa ide bisnis yang bisa direalisasikan dan dikembangkan di lokasi sekitar bandara.

  • Waralaba

Bisnis waralaba atau franchise baik untuk bisnis berbasis produk atau layanan saat ini sedang booming. Model bisnis seperti ini sebenarnya bukanlah model baru, tetapi telah diterapkan sejak lama oleh perusahaan-perusahaan makanan cepat saji seperti KFC, McDonald, dan lainnya. Dalam perkembangannya, model bisnis waralaba makin diminati karena pelaku bisnis membeli lisensi dari suatu brand yang sudah terkenal, sehingga mereka berhak untuk menjual produk atau layanan yang sama kepada pasar sasaran.

Untuk memilih jenis bisnis waralaba yang akan dijalankan, Anda bisa melakukan riset kecil dan observasi di beberapa bandara internasional. Tujuannya adalah untuk melihat jenis bisnis yang banyak diminati oleh penumpang dan masyarakat sekitar. Dengan begitu, Anda tidak akan salah dalam memilih jenis bisnis yang akan dibangun dan dikembangkan di lokasi sekitar bandara.

Bisnis waralaba tak hanya menguntungkan pemilik brand saja, karena brand-nya dapat menjangkau pasar secara lebih luas. Model bisnis waralaba juga berpeluang memberikan keuntungan kepada pelaku bisnis itu sendiri, karena mereka tidak perlu menciptakan produk dan brand baru, tetapi menjual produk dan brand yang sudah ada dan sudah terkenal sebelumnya.

  • Layanan warnet (warung internet)

Saat ini teknologi sudah semakin maju, termasuk dalam penjualan tiket pesawat yang dijual secara online. Berkenaan dengan hal tersebut, bisnis layanan atau jasa warnet alias warung internet bisa menjadi salah satu pilihan. Layanan warung internet ini dibutuhkan untuk mencetak tiket atau bahkan mengubah rencana perjalanan pada menit terakhir. Bisnis ini akan sangat bermanfaat apabila dijalankan dengan benar, dan bisa menjadi investasi yang baik selama harga layanan tetap masuk akal.

  • Pemandu wisata

Setelah terkungkung dengan berbagai aturan pembatasan mobilitas akibat pandemi Covid-19 yang telah berjalan lebih dari satu tahun, bahkan hingga hari ini, orang-orang tentu butuh liburan. Pembatasan yang membelenggu ruang gerak mereka, menimbulkan tekanan baik secara ekonomi maupun sosial dan rasa bosan, sehingga banyak yang stres bahkan depresi. Kini, di saat pandemi telah mereda, di mana sebagian besar masyarakat telah mendapat vaksinasi lengkap, orang-orang mulai menyusun agenda untuk berwisata.

Kondisi dan situasi tersebut memberikan peluang bisnis pemandu wisata. Anda bisa membuka layanan open trip baik untuk rombongan atau pribadi dan keluarga (private). Jika Anda warga lokal, Anda bisa menjadi pemandu wisata yang memberikan layanan tour yang mengajak para turis baik domestik maupun mancanegara untuk mengunjungi tempat-tempat wisata dengan pemandangan yang menarik atau memiliki nilai sejarah. Selain itu, Anda juga bisa mengajak mereka untuk mengunjungi tempat-tempat wisata kuliner yang menjual menu makanan khas dan pusat oleh-oleh.

  • Layanan pengiriman bagasi

Jika Anda memiliki mobil, maka Anda bisa memanfaatkannya untuk menjalankan bisnis layanan pengiriman bagasi. Layanan ini menyasar mereka yang memiliki barang bawaan banyak sehingga sulit untuk membawanya sendiri ke hotel atau rumah. Selain itu, untuk wisatawan yang ingin menginap di hotel, tidak selalu bisa langsung check in karena belum masuk jam yang ditentukan untuk check in. Hal ini sering kali menimbulkan ‘kegalauan’ bagi wisatawan, mereka tentu tidak bisa menunggu jam check in dengan berjalan-jalan ke suatu tempat sambil membawa bagasi.

Layanan pengiriman bagasi sangat dibutuhkan pada situasi, di mana waktu kedatangan pesawat tidak sesuai dengan waktu check in hotel. Sebab itu, wisatawan bisa menggunakan jasa pengiriman bagasi ini, sementara wisatawan bisa berjalan-jalan ke tempat lain sebelum check in ke hotel. Layanan pengiriman bagasi ini tentu tidak hanya menyasar wisawatan lokal dan asing saja, tetapi juga penduduk lokal yang kelebihan bagasi untuk dikirimkan ke rumahnya. Selain itu, layanan ini juga tidak hanya mengirimkan bagasi dari maskapai ke hotel atau rumah, tetapi juga penjemputan dari hotel atau rumah ke maskapai.

  • Restoran atau rumah makan

Bisnis kuliner tidak pernah ada matinya. Benar saja, karena semua orang butuh makan. Nah, bicara tentang bisnis kuliner, membuka restoran atau rumah makan di lokasi sekitar bandara bisa menjadi pilihan. Tidak sedikit penumpang pesawat yang menghindari membeli makan di dalam bandara, karena harganya sudah pasti relatif mahal. Sebab itu, mereka cenderung memilih untuk membeli makanan yang dijual di luar bandara, yang harganya relatif lebih murah.

Untuk membangun bisnis retoran atau rumah makan, satu hal penting yang harus diperhatikan adalah harga. Jangan sampai Anda mematok harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan harga makanan yang dijual di restoran dalam bandara. Sebab, hal tersebut jelas akan ‘menghancurkan’ ekspektasi pelanggan Anda. Jika harga makanan di luar bandara malah lebih mahal, maka mereka akan lebih memilih membeli makanan di area bandara.

Jangan sampai membuat pelanggan kecewa, karena hal tersebut bisa jadi menjadi awal kehancuran bisnis Anda. Apalagi saat ini media sosial sangat berperan dalam menyebarkan informasi dengan sangat cepat. Ketika kekecewaan pelanggan tersebut tersebar dan menjadi viral, maka akan sulit bagi Anda untuk memperbaikinya.

  • Jasa fotografi

Semua orang pasti ingin mengingat liburan melalui foto yang dapat dikenang sepanjang masa. Berkenaan dengan hal itu, Anda bisa menawarkan jasa fotografi profesional untuk para turis lokal maupun asing yang datang dan keluar. Apalagi jika Anda memiliki keahlian dan keterampilan dalam photo atau video editing, maka Anda bisa meningkatkan kualitas foto atau video dari klien Anda dengan memberikan sentuhan kombinasi berbagai filter, sehingga hasilnya tampak lebih estetik. Dengan terlibat dalam penciptaan kenangan indah banyak orang, Anda akan merasa lebih bahagia karena menjadi bagian dari pengalaman mereka.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang ragam ide bisnis yang bisa dikembangkan di lokasi sekitar bandara, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara Merekrut Karyawan Ala Mafia Manager
Ide Nama Catering yang Menjual, Dijamin Sukses
Perbedaan Payment Gateway dengan Payment Processor
Komplain Umum Pelanggan Dan Solusinya
Franchise Cafe yang Sedang Hits Saat Ini
Karakteristik Wirausahawan Yang Wajib Dimiliki
Contoh-Contoh Biaya Overhead
Cara Mendapatkan Uang Lewat Airbnb
Mengapa Banyak Usaha Kecil Yang Gagal?
Cara Memilih Partner Bisnis yang Tepat, Perhatikan 9 Poin Ini!


Bagikan Ke Teman Anda