Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Sebelum Menjalankan Bisnis, Ketahui Penyebab Gagalnya Bisnis Pada Tahun Pertama!

Bisnis merupakan suatu cara yang bisa menghasilkan banyak nilai rupiah, dan bahkan pelakunya bisa mendapatkan rupiah tanpa batas. Namun sayangnya tidak semua orang berani untuk membuat sebuah bisnis atau usaha, mengapa demikian?.

Ada banyak sekali alasan mengapa orang takut membangun sebuah bisnis atau usaha, salah satunya takut gagal dan takut terlilit hutang dengan bank.

Adapun riset dari SBA atau Small Business Association (asosiasi bisnis kecil) mengatakan jika 30% bisnis start up gagal pada tahun ke dua mereka, untuk 50% nya gagal pada tahun ke lima, bahkan 60% gagal pada tahun ke sepuluh mereka.

Dari riset ini juga ditemukan jika hanya tersisa 25% saja yang sukses hingga 15 tahun  lebih dan bahkan menjadi bisnis turun-menurun yang cukup bergengsi dalam dunia bisnis.

Berikut ini adalah beberapa penyebab gagalnya bisnis pada tahun pertama mereka.

  1. Bisnis Karena Iseng

Bisnis kerena iseng bisa menjadi untung juga bisa menjadikan Anda buntung. Jika Anda menjalankan bisnis ini dengan penuh keniatan, maka bisa jadi bisnis start up (usaha yang baru mulai merintis) ini menjadi bisnis yang sukses. Namun sayangnya bisnis iseng ini kerap kali gulung tikar karena pelakunya menganggap jika usaha yang dilakukan hanya untuk mengisi waktu luang saja.

  1. Tidak Memiliki Business Plan (Perencaan Bisnis)

Penyebab gagalnya bisnis pada tahun pertama mereka adalah tidak adanya Business Plan (Perencanaan Bisnis) yang baik. Pondasi dari sebuah bisnis adalah Business Plan (Perencanaan Bisnis), hal ini kerap kali dianggap remeh oleh banyak pelaku bisnis. Jika Anda tidak memiliki perencanaan bisnis yang baik, maka dijamin bisnis Anda akan gulung tikar secara perlahan. Untuk menghindari bisnis gagal pada tahun pertama, sebaiknya Anda memperkuat perencanaan bisnis agar nantinya usaha tersebut memiliki target yang tepat.

  1. Tim Yang Tidak Kompak

Tahukah Anda jika tim juga merupakan salah satu poin penting yang harus dimiliki seorang pengusaha jika ingin bisnisnya sukses. Jika Anda membangun sebuah bisnis, maka tentunya membutuhkan tim untuk produksi, tim keuangan, dan marketing. Jika tim dari setiap divisi tidak bagus, maka hal ini sangat berbahaya dan menyebabkan bisnis Anda gulung tikar secara perlahan. Oleh karena itulah jika Anda membangun sebuah bisnis, maka sebaiknya miliki tim yang kompak dan mau bekerjasama untuk meraih kesuksesan besar.

  1. Tidak Menerima Saran

Kesalahan dari seorang pengusaha atau pelaku bisnis adalah tidak mau menerima masukan dari pihak manapun dan bahkan acuh dengan saran konsumen. Jika Anda termasuk salah satu pengusaha yang tidak mau tau dengan saran atau komplain dari konsumen, maka bersiaplah untuk ditinggalkan para konsumen setia Anda.

Ketahuilah, jika menerima dan mendengarkan saran atau komplain dari konsumen bisa membuat bisnis Anda sukses, mengapa demikian? pertama konsumen merasa diprioritaskan. Kedua, tidak semua komplain dari konsumen itu adalah marah-marah, karena tidak sedikit dari mereka justru memberikan saran serta masukan yang membangun.

Jadi mulai dari sekarang usahakan untuk mulai terbuka dengan saran dari pihak yang membangun.

  1. Kurang Berinovasi

Penyebab gagalnya bisnis pada tahun pertama adalah kurangnya inovasi dari pelaku bisnis. Ketahuilah jika kompetitor Anda akan selalu siap bersaing dan memproduksi produk baru dengan kualitas yang baru juga.

Jika Anda lengah dengan hal ini, maka dapat dipastikan jika bisnis Anda hanya sampai disitu saja. Bisnis yang sukses tidak hanya diam ditempat, namun mereka yang sukses adalah orang-orang hebat dan siap untuk bersaing dalam segala kondisi.

Jika Anda ingin menjadi pengusaha dengan bisnis yang sukses, maka sebaiknya belajarlah untuk berinovasi serta lebih kreatif agar mampu bertahan dan berkembang dalam dunia bisnis.

  1. Modal Habis

Modal yang habis menjadi salah satu penyebab bisnis gagal pada tahun-tahun pertamanya. Mengapa modal bisa habis?

Tentu ada banyak sekali penyebabnya. Penyebab terjadinya kasus modal yang habis dikarenakan biaya produksi tidak sesuai dengan penghasilan, hal ini menyebabkan modal bisa habis tanpa sisah.

Kemudian bagaimana caranya agar bisnis tidak gagal pada tahun bertama? Tentu dengan memiliki Business Plan (Perencaan Bisnis) yang baik, selain itu Anda juga harus mengerti tentang BEP atau Break Even Point (titi impas).

BEP sendiri adalah keadaan dimana jumlah dari biaya produksi sama besarnya dengan penghasilan atau impas, sehingga hal ini membuat pengusaha tidak mendapatkan laba dan tidak juga mengalami kerugian.

Penyebab gagalnya bisnis pada tahun pertama memang sangat beragam, tentu karena setiap bisnis memiliki masalah yang berbeda-beda.

Ada bisnis yang lemah dalam Business Plan (Perencaan Bisnis), ada juga bisnis yang gagal pada tahun pertama karena tidak kompaknya tim kerja. Untuk menghindari berbagai macam masalah penyebab gagalnya bisnis, sebaiknya pelajari dahulu tentang dasar-dasar untuk menjalankan sebuah bisnis.

Jangan menganggap remeh sebuah bisnis, namun jangan juga berpikir jika bisnis adalah hal yang rumit. Ta kenal maka tak sayang, maka kenali dahulu apa itu bisnis dan jenis bisnis apa hendak Anda geluti agar nantinya bisnis bisa berjalan maksimal, semoga Anda sukses selalu!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang penyebab gagalnya bisnis pada tahun pertama, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Rasio Keuangan?
Untung Rugi dalam Bisnis Peer To Peer (P2P) Lending
10 Kesalahan yang Bakal Mengakhiri Bisnis Startup Kamu
Gagal Buat Startup? Bikin Startup Baru Lagi Saja!
8 Tantangan yang Dihadapi Bisnis Baru
Perlukah Gelar MBA untuk Memulai Bisnis?
10 Inovasi dalam Bidang Usaha Agar Tak Gulung Tikar Saat Pandemi dan Adaptasi Kebiasaan Baru
5 Alasan Mengapa Bisnisman Tidak Naik Pesawat Kelas Ekonomi
5 Kesalahan yang Dapat “Membunuh” Bisnis
5 Cara Memulai Bisnis Cleaning Service


Bagikan Ke Teman Anda