Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

5 Alasan Mengapa Penting Belajar Bisnis

Perkembangan dunia usaha semakin pesat. Apalagi didukung dengan teknologi yang semakin canggih, sehingga dunia usaha membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dan memadai baik dari segi pengetahuan dan keterampilan. Benar saja, banyak perusahaan mulai skala menengah hingga besar yang meningkatkan persyaratan pendidikan dalam merekrut karyawan baru. Alasannya, keterampilan yang dibutuhkan di banyak pekerjaan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pekerjaan yang dulunya bisa dilakukan oleh lulusan SMA, kini harus dilakukan oleh lulusan perguruan tinggi.

Dari sekian banyak jurusan ilmu yang ada di perguruan tinggi, ilmu bisnis merupakan salah satu ilmu yang penting untuk dipelajari. Mulai dari akuntansi, manajemen bisnis, hingga keuangan dan administrasi bisnis tentu akan bermanfaat dan bersifat aplikatif untuk dunia bisnis. Ada banyak alasan yang mendasari pentingnya belajar bisnis. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Potensi pertumbuhan profesional

Banyak pekerjaan yang saat ini membutuhkan pekerja dengan gelar sarjana. Hal ini menunjukkan bahwa potensi pertumbuhan profesional dalam dunia usaha semakin besar. Jika dulu suatu pekerjaan dapat dilakukan oleh semua orang dengan tidak memandang latar belakang pendidikan dan disiplin ilmu yang dimiliki. Kini, suatu pekerjaan akan jauh lebih efektif jika dikerjakan oleh orang-orang profesional, yang memiliki pendidikan tinggi dengan disiplin ilmu yang sesuai dengan bidang pekerjaan tersebut.

Gelar sarjana menunjukkan profesionalisme karena mencerminkan adanya kualitas sekaligus kepemilikan kompetensi dan disiplin ilmu yang sesuai kebutuhan kerja. Pekerja dengan gelar sarjana tidak hanya dibekali dengan pemahaman teori saja, tetapi juga praktik, sehingga mampu bekerja secara efektif dalam suatu tim kerja di lingkungan bisnis.

Belajar bisnis untuk meraih gelar sarjana pada program studi tersebut akan memberi Anda kesempatan untuk berlatih dan mengembangkan diri serta keterampilan bisnis dalam lingkungan yang mendukung. Sebab, belajar bisnis akan mempersiapkan Anda benar-benar mampu bekerja dan sukses di dunia kerja.

  • Cakupan jalur karir luas

Meraih gelar sarjana di bidang bisnis tidak akan sia-sia, karena dapat membantu Anda mempelajari pengetahuan dasar tentang bisnis. Kabar gembiranya, karir berbasis ilmu bisnis ini memiliki cakupan yang sangat luas. Tak hanya sebatas bidang atau sektor ekonomi saja, tetapi juga sosial, politik, pemerintahan, kesehatan, dan lain sebagainya.

Banyak kategori karir yang membutuhkan lulusan sarjana ilmu bisnis, di antaranya analisis keuangan, sumber daya manusia, riset pasar, pengelolaan, penilai properti, perawatan kesehatan, dan pemerintahan. Berkenaan dengan hal itu, karir potensial yang bisa dijalani bagi Anda peraih gelar sarjana dalam bisnis adalah Manajer Umum dan Operasional, Manajer Penjualan, Manajer Pemasaran, Manajer Produksi Industri, Manajer Layanan Administrasi, Analis Manajemen, dan lainnya.

Mengingat cakupannya yang luas, Anda bisa mempersempit pencarian karir yang diminati dengan memilih program studi tertentu di bidang bisnis, misalnya administrasi bisnis atau manajemen bisnis. Pemilihan program studi khusus tersebut akan membantu Anda dalam memilih konsentrasi yang sesuai dengan jenis pekerjaan yang dicita-citakan. Untuk program administrasi bisnis misalnya, konsentrasi yang bisa dipilih meliputi sistem manajemen informasi, pemasaran, manajemen proyek, manajemen penjualan, serta manajemen rantai pasokan dan logistik.

Jikapun Anda ingin berpindah ke berbagai peran atau lingkungan kerja yang lain, Anda bisa melakukannya dengan penuh percaya diri. Sebab, pengetahuan dan keterampilan Anda dalam ilmu bisnis bisa menjadi aset Anda untuk bekerja di mana saja.

  • Keterampilan dan kepemimpinan

Belajar bisnis tak hanya dibekali dengan ilmu tentang teori ekonomi saja, tetapi juga cara memotivasi dan mengembangkan diri serta orang lain melalui keterampilan kepemimpinan. Dalam bisnis, Anda dilatih untuk memimpin diri sendiri dan juga orang lain.

Perlu diketahui bahwa jiwa dan keterampilan kepemimpinan tidak diperoleh secara turun-temurun, tetapi dilatih secara intensif, sehingga dapat berkembang sedemikian rupa. Keterampilan kepemimpinan ini dapat diperoleh dengan belajar bisnis.

Keterampilan kepemimpinan yang baik memungkinkan Anda untuk memimpin dan memotivasi orang lain, berkomunikasi secara efektif, dan berpikir kritis bahkan visioner. Selain itu, Anda juga bisa belajar cara membuat keputusan bisnis yang strategis, memecahkan dan menyelesaikan masalah, memiliki terobosan, dan segala hal penting dalam dunia bisnis saat ini.

  • Potensi penghasilan tinggi

Setiap orang tentu membutuhkan pekerjaan selepas mendapatkan gelar sarjana. Tahukah Anda bahwa bidang karir dalam bisnis cenderung memiliki potensi penghasilan yang tinggi. Untuk level manajer mencapai Rp 15 jutaan untuk perusahaan skala kecil menengah, sedangkan untuk perusahaan skala besar bisa mencapai Rp 30 hingga Rp 40 jutaan. Cukup menggiurkan bukan?

Biaya belajar bisnis mahal? Tidak ada ilmu yang murah. Belajar dalam bidang ilmu apapun membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Meski demikian, belajar bisnis bisa menjadi investasi dengan tingkat pengembalian yang tinggi. Jika Anda lulus dengan meraih gelar sarjana di bidang bisnis, maka Anda tidak perlu khawatir dengan biaya yang telah dikeluarkan. Mengingat potensi penghasilan dari pekerjaan yang mensyaratkan gelar sarjana bisnis cukup tinggi, maka Anda bisa mendapatkan pengembalian investasi dari belajar bisnis.

  • Memperluas cakrawala

Sifat dari ilmu bisnis sangatlah fleksibel dan competible. Artinya, ilmu bisnis dapat diterapkan dalam bidang apa saja. Anda tak harus menjadi manajer keuangan, manajer pemasaran, atau bahkan akuntan untuk menerapkan ilmu bisnis. Seorang pedagang atau penjual kuliner pun bisa mengaplikasikan ilmu ini dalam upaya mengembangkan usahanya.

Sebagai contoh Anda memiliki jiwa enterpreneurship yang tinggi, sehingga memutuskan untuk membuka usaha sendiri dibandingkan bekerja sebagai karyawan suatu perusahaan. Di sisi lain Anda memiliki hobi memasak, sehingga Anda lebih tertarik untuk membuka sebuah rumah makan atau restoran meski masih dalam skala kecil. Bagaimana caranya agar bisnis Anda menjadi sukses? Tentu Anda harus tahu cara membuat rencana keuangan yang terperinci, mendapatkan modal untuk menjalankan bisnis, melacak keuntungan dan kerugian, serta mempertahankan agar bisnis bisa tetap eksis dan menguntungkan. Semua hal itu tidak perlu dikhawatirkan jika Anda belajar bisnis. Pengalaman dalam belajar bisnis dapat membuka dan memperluas cakrawala sehingga benar-benar bisa dimanfaatkan dengan cara yang praktis.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 5 alasan mengapa penting belajar bisnis, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Bancassurance? Definisi Bancassurance
9 Pertanyaan yang Sering Diajukan Ketika Membuka Bisnis Baru
10 Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Filosofi
Inilah 4 Kekuatan Bisnis Orang Yahudi yang Perlu Anda Tahu
Contoh Bisnis dengan Skema Ponzi di Indonesia
Tip Mencari Ide Nama Brand
Inilah Hal-hal yang Menyebabkan Bisnis Gagal dalam 5 Tahun
Waspada! Ini Penyebab Bisnis Kecil Tidak Berkembang
Peluang Bisnis Hotel Lewat Virtual Hotel Operator (Airy Rooms, Zen Rooms, RedDoorz, dll)
Untung Rugi Membeli Franchise


Bagikan Ke Teman Anda