Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Mengapa Harus Belajar Bahasa Lokal Saat Travelling?

Alih-alih mendapatkan kesenangan, pergi ke luar negeri tanpa menguasai sedikit bahasa lokal akan membawa Anda ke dalam kesengsaraan. Bayangkan saja, saat Anda perlu bertanya arah toilet atau mungkin memerlukan bantuan medis secepatnya. Siapakah yang bisa Anda andalkan saat itu, kecuali kemampuan Anda berbahasa lokal?

Tidak hanya itu, kami menemukan sejumlah alasan lain mengapa Anda wajib mempelajari bahasa lokal saat hendak berwisata ke luar negeri.

Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Bahasa Lokal Saat Travelling

1. Mempelajari bahasa lokal akan membuat hidup lebih mudah

Ketika Anda mempelajari bahasa lokal, Anda akan memiliki kemampuan untuk menavigasikan kegiatan sehari-hari di Negara tersebut. Andapun memiliki banyak kemudahan saat harus berinteraksi dengan penduduk lokal ketika berada di beberapa situasi khusus ini:

  • Saat berada di tempat makan

Saat Anda mengerti bahasa setempat, Anda dengan mudah dapat memesan makanan tertentu yang Anda inginkan atau sukai.

  • Mencari angkutan umum

Naik turun di halte yang tepat tentu akan sulit jika Anda menggunakan bahasa Inggris, demikian pula saat Anda hendak memanggil taxi lokal. Bayangkan bagaimana Anda harus mengatakan tujuan Anda ketika sang sopir pun tidak mengerti apa yang Anda ucapkan.

  • Mengenali beberapa tanda penting

Dimana kamar mandinya? Jam berapa kereta akan melintas? Atau yang sederhana saja, kemana arah toilet? Hal semacam itu tentu akan menjadi kesulitan tersendiri saat Anda tidak mengerti bahasa lokal.

  • Menghindari miskomunikasi

Bahasa adalah alat komunikasi paling ampuh. Tapi bagaimana jika Anda tidak menguasai bahasa setempat?

2. Bahasa merupakan cara terbaik untuk mengalami budaya

Saat Anda mempelajari arti dari bahasa lokal, Anda akan mulai memahami Negara tersebut dari sisi budayanya. Anda bisa saja memiliki panduan lengkap tentang Negara yang akan Anda kunjungi, atau mendengar penjelasan dari rekan yang pernah datang ke sana. Tapi cara paling tepat untuk “merasakan” kedalaman budaya Negara tersebut adalah dengan mengenali bahasa ibunya.

3. Penduduk setempat senang mendengar Anda berbicara bahasa mereka

Semua orang tentu senang ketika ada orang yang menunjukkan minat pada mereka. Demikian pula dengan warga lokal, mereka akan merasa tersanjung saat Anda mencoba mengucapkan sepatah dua patah kata dalam bahasa mereka.

Lebih lanjut lagi, mereka pun akan merasa lebih dekat dengan Anda dan siap menawarkan bantuan kapanpun Anda membutuhkannya. Bukankah ini cara yang menyenangkan untuk membangun ikatan dalam sebuah hubungan?

4. Berinteraksi dengan banyak orang yang belum pernah Anda temui

Dunia ini dipenuhi dengan orang-orang hebat. Namun tidak semua orang hebat tersebut berbicara dalam bahasa Inggris. Jika Anda merelakan diri untuk mempelajari bagaimana cara mereka berkomunikasi, maka Anda pun membuka kesempatan untuk berbicara dengan banyak orang.

Mengobrollah dengan sopir yang mengantarkan Anda, atau dengan petugas hotel yang melayani Anda, mungkin saja mereka memiliki cerita luar biasa yang bisa menjadi inspirasi Anda.

5. Belajar bahasa baru baik untuk Anda

Mempelajari bahasa baru ternyata sangat baik untuk menambah kecerdasan otak Anda. Selain mampu meningkatkan daya ingat, meningkatkan kreativitas, mempelajari bahasa juga memperkuat kemampuan otak dalam memecahkan masalah.

Sel otak akan mengembangkan kemampuan ini dengan sendirinya. Tingkat kepercayaan diri pun kian meningkat. Demikian pula dalam dunia bisnis, ini akan membuka peluang Anda untuk memperkenalkan produk pada pasar global.

6. Keterampilan yang bermanfaat untuk selamanya

Ketika Anda menguasai bahasa multi nasional seperti bahasa Spanyol atau Perancis, Anda tidak akan pernah merasa sia-sia. Kemampuan tersebut dapat pula Anda pergunakan saat berkunjung ke tempat lain dimana bahasa itu digunakan.

Akan sangat membanggakan pula saat Anda menjadi “tuan rumah”, dan Anda mampu membantu seorang turis asing yang sedang mengalami kesulitan.

7. Anda tidak harus fasih

Banyak orang enggan mempelajari bahasa baru karena takut bahwa bahasa tersebut terlalu sulit untuk dipelajari. Tapi bukankah Anda tidak perlu mendiskusikan suatu filsafat dalam bahasa tersebut? Anda hanya harus cukup tahu untuk memahami frasa-frasa tertentu yang akan membantu Anda selama perjalanan.

Tips untuk Mempelajari Bahasa Lokal

Kini Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana Anda bisa belajar bahasa lokal dari Negara yang akan Anda kunjungi? Ada beberapa opsi menarik yang bisa Anda coba.

1. Pergi ke sekolah bahasa

Coba cari program kelas bahasa di daerah yang Anda kunjungi. Ini sangat bagus untuk Anda yang berencana tinggal dalam jangka waktu cukup lama di Negara tersebut. Luangkan waktu saat Anda libur kerja / sekolah, atau tidak sedang mengagendakan kunjungan lain.

2. Temukan mitra bahasa

Mitra bahasa bisa berasal dari siapa saja, bahkan mungkin Anda temukan dalam perjalanan di bus atau kereta. Mereka tidak hanya akan meningkatkan kemampuan bahasa Anda, bisa jadi mereka akan menjadi mitra bisnis Anda selanjutnya.

Jika Anda masih merasa malu-malu untuk berbicara secara langsung dengan seseorang, maka alternatifnya adalah dengan menggunakan aplikasi belajar bahasa asing yang bisa Anda unduh dengan mudah di internet.

3. Tonton TV atau video

Mendengar secara langsung logat bahasa yang dituturkan lewat siaran tv atau pun video akan membantu Anda lebih peka mendengarkan kosakata dalam bahasa tersebut. Secara otomatis pula kemampuan berbahasa Anda akan meningkat.

Memang hasilnya tidak akan secepat belajar di tempat kursus bahasa, namun ini adalah cara yang ringan sekaligus menyenangkan.

4. Gunakan aplikasi

Sekarang banyak aplikasi yang mempermudah Anda dalam mempelajari bahasa asing. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut pada gadget, lalu menggunakannya sebagaimana Anda perlukan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang alasan mengapa harus belajar bahasa lokal saat travelling, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Bagaimana Menghasilkan Uang Tambahan saat Traveling/Liburan
Belajar Giat tapi Tak Kunjung Sukses, Mengapa?
Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Keuangan
10 Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Ekonomi
Bahasa Lokal yang Sebaiknya Dipelajari Ketika Travelling
10 Kesalahan saat Liburan ke Luar Negeri
Cara Menabung untuk Liburan Akhir Tahun
Ini Dia Tips Cara Menghemat Ongkos Traveling
Ini Dia Cara Praktis Belajar Ekonomi yang Mudah, Efektif dan Efisien!
Alasan Mengapa Kita Perlu Belajar ke Luar Negeri?


Bagikan Ke Teman Anda