Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Alasan Mengapa Penting Belajar Sejarah

Apa yang muncul dalam benak Anda ketika mendengar kata sejarah? Tentu rangkaian peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lampau. Belajar sejarah pada prinsipnya memberikan keasyikan tersendiri. Namun, banyak perbedaan sikap dalam mempelajari sejarah. Ada sebagian yang bosan dan tidak menyukai pelajaran sejarah karena harus menghafal peristiwa-peristiwa penting baik yang terjadi di dalam maupun luar negeri termasuk detail waktunya. Meski terkesan ribet dan membosankan, ada pula sebagian yang begitu menyukai pelajaran sejarah, karena bisa mengetahui kebenaran peristiwa yang terjadi di masa lalu.

Terlepas suka atau tidak, belajar sejarah itu penting. Selain bisa melacak kebenaran peristiwa yang terjadi di masa lalu, dengan belajar sejarah juga bisa mengetahui asal-usul segala sesuatu, sebab segala sesuatu memiliki sejarah. Sebut saja, berdirinya negara Indonesia memiliki sejarah, dunia memiliki sejarah, peradaban manusia memiliki sejarah, dan lain sebagainya. Apapun itu, inilah alasan pentingnya belajar sejarah, misal tentang sejarah uang.

  • Mengembangkan kemampuan berpikir kritis

Sejarah merupakan rentetan atau rangkaian peristiwa yang saling berkaitan. Dengan mempelajarinya, Anda akan dilatih untuk berpikir dan mengolah informasi. Belajar sejarah dan humaniora dapat menyulut imajinasi, sehingga mendorong Anda untuk berupaya mengumpulkan lebih banyak informasi. Tak hanya itu, pikiran Anda akan dirangsang untuk menganalisis dan mengomunikasikan ide-ide secara efektif.

Ketika informasi sejarah yang diperoleh terbatas, Anda akan menemukan fakta bahwa banyak peristiwa di masa lalu yang berbalut masalah tidak memiliki jawaban yang jelas. Hal ini akan menumbuhkan fleksibilitas dan kemauan dalam diri Anda untuk mengubah cara berpikir tentang suatu masalah.

Disiplin ilmu sejarah penting dipelajari karena dapat membantu Anda untuk memperoleh pemahaman yang lebih dalam mengenai seluk-beluk dunia dan kekuatan-kekuatan historis yang menghubungkan masing-masing individu dan mempengaruhi cara mereka berinteraksi satu sama lain.

  • Memberi inspirasi

Sejarah mencatat banyak orang-orang hebat yang mampu membawa perubahan yang manfaatnya bisa dirasakan hingga saat ini. Sebut saja Michael Faraday, sang penemu listrik. Atas temuannya tersebut, masyarakat dunia saat ini dapat menikmati berbagai kemudahan dengan teknologi berbasis listrik seperti peralatan elektronik, penerangan, dan lain sebagainya. Selain itu, ada Muhammad Al Fatih sang penakluk Konstantinopel, Christopher Columbus yang menemukan benua Amerika, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Keberanian dan kecerdasan tokoh-tokoh sejarah dunia tersebut mengajarkan bahwa dengan keyakinan yang besar dan komitmen yang kuat dapat mengubah dunia. Sejarah manusia dari zaman ke zaman dibentuk dengan keberanian dan pengorbanan yang tak terhitung jumlahnya. Semangat ini akan menginspirasi setiap orang yang hidup di zaman ini bahwa setiap cita-cita harus diraih dengan perjuangan dan pantang menyerah.

  • Memberi keterampilan yang dibutuhkan di banyak pekerjaan

Sejarah merupakan disiplin ilmu yang didasarkan pada adanya bukti. Belajar sejarah akan memberikan keterampilan tak hanya terbatas pada pembelajaran di masa lampau saja, tetapi juga keterampilan analisis. Berbagai keterampilan ini tentu sangat berharga dan bermanfaat di banyak pekerjaan.

Belajar sejarah akan mengajarkan kepada Anda cara mendapatkan informasi yang akurat dan menganalisisnya dengan cermat. Kemampuan ini akan sangat berguna dalam proses pengambilan keputusan. Jadi, belajar sejarah dapat memberikan keterampilan sekaligus penentuan pilihan karir atau pekerjaan secara terbuka.

  • Adanya relevansi dengan masa kini

Anda pasti pernah mendengar ungkapan ‘sejarah terulang’, di mana peristiwa yang terjadi di masa lalu terjadi kembali di masa kini, meski kejadiannya sama persis atau polanya hampir mirip. Kehidupan saat ini, banyak orang yang memilih fakta tentang masa lalu untuk membuktikan peristiwa yang terjadi saat ini. Hal ini tak ubahnya dengan menempatkan peristiwa saat ini dalam konteks sejarah. Artinya, solusi atas permasalahan pada peristiwa di masa lalu bisa saja digunakan untuk mengatasi masalah di kehidupan modern sekarang ini. Hal ini menunjukkan bahwa sejarah memiliki relevansi dengan masa kini, sebab segala sesuatu yang terjadi saat ini tidak lepas dari pengaruh peristiwa-peristiwa sejarah di masa lalu.

  • Berinvestasi dengan gelar sejarah

Investasi tak melulu berupa uang, tetapi juga ilmu. Salah satunya adalah disiplin ilmu sejarah. Belajar sejarah di universitas atau perguruan tinggi ternama, bisa memberikan nilai tambah dan daya tarik tersendiri di resume atau Curriculum Vitae (CV). Lantas, apa hubungannya dengan investasi? Berbekal ilmu sejarah yang diperoleh dari universitas ternama dan terjamin kualitas lulusannya, Anda akan lebih mudah untuk memperoleh pekerjaan. Dari pekerjaan tersebut tentu Anda akan mendapatkan penghasilan. Ilmu sejarah bisa menjadi investasi dengan pengembalian yang tinggi dengan melekatnya gelar sarjana sejarah yang tersemat pada nama Anda.

  • Mendorong kemandirian berpikir

Ketika membaca buku-buku sejarah atau mendengarkan cerita tentang sejarah, kita akan berimajinasi dan membayangkan setiap adegan demi adegan dari cerita sejarah tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa belajar sejarah dapat mendorong kemandirian dalam berpikir. Tak hanya dalam komunikasi satu arah, dalam komunikasi dua arah seperti diskusi sejarah juga akan memicu timbulnya pertanyaan-pertanyaan bahkan ide-ide yang mendukung dan membantu pengembangan teori atau alur pemikiran potensial. Pengetahuan dalam belajar sejarah tidak hanya didominasi oleh guru, dosen, atau ahli sejarah saja, tetapi juga memicu kritisme dari siswa, mahasiswa, atau peserta diskusi yang berusaha mengembangkan kemandirian berpikir, sehingga tidak tergantung pada rekan belajar atau diskusi.

  • Memberikan pengetahuan dan kesadaran budaya

Dunia yang demikian luas ini memiliki perjalanan sejarah yang berbeda. Dengan mempelajarinya, kita akan mengetahui perkembangan peradaban dan menyadari perbedaan budaya di setiap suku, bangsa, dan juga negara. Belajar tentang sejarah budaya yang berbeda memungkinkan kita untuk membangun pemahaman yang lebih baik tentang alasan setiap orang di masing-masing suku atau negara melakukan perbuatan tertentu.

Sebagai contoh, meski perbudakan telah dihapuskan dan tidak ada lagi hingga saat ini, namun di Amerika Serikat masih banyak terjadi kasus rasisme. Bergeser ke India, meski setiap orang memiliki dan telah dijamin hak asasinya, tetapi sistem kasta masih saja dianut di sana. Inilah yang dimaksudkan dengan sejarah budaya yang harus diketahui dan dipahami dalam konteks sejarah.

  • Memungkinkan untuk belajar dari masa lalu

Pengalaman adalah guru terbaik. Ungkapan tersebut agaknya relevan dengan belajar sejarah, di mana dari peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lalu dapat diambil suatu hikmah atau pelajaran untuk menciptakan kondisi atau keadaan yang lebih baik. Dengan belajar sejarah, kita mengetahui hal-hal positif dan juga negatif dari setiap peristiwa yang terjadi, mulai dari pemicu, cara mengatasi dan menyelesaikan, hingga dampak yang ditimbulkannya. Dari sini bisa diambil suatu pelajaran agar peristiwa-peristiwa dengan dampak buruk, merusak, dan merugikan dapat diantisipasi agar tidak terulang baik di masa kini maupun di masa yang akan datang.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang alasan mengapa penting belajar sejarah, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Alasan Mengapa Beberapa Ide Startup Sering Gagal
Mengapa Belajar Ekonomi Penting?
Mengapa Kita Menggunakan Barang Produksi Dalam Negeri?
Hal-hal Berikut Seharusnya Diajarkan di Sekolah
5 Alasan Mengapa Penting Belajar Bisnis
10 Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Ekonomi
Financial Skill yang Harus Dipelajari di Sekolah
10 Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Filosofi
10 Alasan Sebuah Negara Memindahkan Ibu Kotanya
Mengapa Harus Belajar Bahasa Lokal Saat Travelling?


Bagikan Ke Teman Anda