Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Keterampilan Yang Menguntungkan Untuk Dipelajari

Belajar tanpa batas ruang dan waktu. Artinya, belajar dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja guna menambah pengetahuan, wawasan, dan keterampilan. Proses belajar tidak harus dilakukan secara formal di bangku sekolah, tetapi dapat dilakukan di mana saja, bahkan secara online sekali pun melalui sarana internet.

Saat ini kita hidup di zaman keemasan teknologi, yang memungkinkan kita untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru dengan mudah dan cepat. Ketika gelombang digital melanda dunia, siapa pun yang memiliki akses internet dapat mempelajari apa pun secara praktis. Begitu banyak keterampilan yang menguntungkan untuk dipelajari, yang tidak hanya dapat memberi value added pada diri Anda, tetapi juga berpotensi menambah penghasilan Anda. Apa saja keterampilan yang menguntungkan itu?

  • Menulis

Dunia penulisan memiliki daya tarik tersendiri. Keterampilan menulis tentu saja dapat dipelajari dan ditingkatkan. Menulis adalah otot dan otak. Artinya, Anda tidak bisa hanya mengambil kursus kemudian menjadi ahli dalam bidang tersebut. Anda harus berlatih setiap hari, menulis mulai dari hal-hal yang biasa saja, hingga hal-hal yang luar biasa. Dengan demikian, Anda bisa menemukan ‘remah-remah’ dari suatu tulisan yang benar-benar bagus dan menarik.

Saat ini, keterampilan menulis banyak dibutuhkan dan memiliki ‘nilai jual’. Namun, dalam menghasilkan sebuah tulisan, pastikan Anda tetap mengedepankan nilai-nilai kejujuran dan pesan bermakna yang ingin disampaikan kepada pembaca. Ingat, pembaca Anda bukanlah orang-orang bodoh, mereka akan mengetahui ketika tulisan Anda berisi konten omong kosong, bahkan plagiat.

Dari dunia penulisan sendiri, banyak jenis tulisan yang bisa dikembangkan dari keterampilan menulis Anda. Sebut saja copywriting, jurnalisme, SEO (Search Engine Optimization), cerpen, novel, penulisan konten website, dan lainnya. Keterampilan menulis ini tentu saja menguntungkan, termasuk bagi para penulis lepas (freelancer).

  • Terjemahan

Keterampilan menerjemahkan, selain keren juga menguntungkan untuk dipelajari. Salah satu keuntungan jelas Anda bisa memiliki keterampilan bilingual atau multibahasa. Saat ini, keterampilan menerjemahkan banyak dicari sehingga memiliki peluang yang bagus untuk menambah pundi-pundi pendapatan Anda.

Terjemahan lepas memiliki cakupan yang luas, bisa terjemahan artikel, buku, situs web, iklan, dan lain sebagainya. Bahkan, Anda bisa memiliki bidang khusus sebagai spesialisasi, misalnya penerjemah bidang medis, hukum, ekonomi, politik, atau yang lainnya. Semakin terspesialisasi, akan semakin baik, karena keterampilan Anda di bidang spesialisasi tersebut semakin baik.

Untuk menjadi seorang penerjemah, tidak harus selalu dituntut memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi. Selama Anda memiliki kemampuan dan keterampilan bilingual atau multibahasa yang memadai, maka Anda bisa menjadi seorang penerjemah lepas bahkan profesional. Meski demikian, untuk menjadi seorang penerjemah profesional memang harus dilengkapi dengan sertifikat tertentu sebagai ‘bukti’ bahwa ia memiliki kompetensi dan keterampilan menerjemahkan yang telah diakui.

  • Proofreading atau penyuntingan

Keterampilan proofreading atau penyuntingan naskah ini sebenarnya tidak jauh-jauh dari keterampilan menulis. Meski demikian, keterampilan menyunting naskah ini sebenarnya berbeda dan terpisah dari menulis dan menerjemahkan. Seorang penulis dan penerjemah, belum tentu mampu mengedit dengan benar. Demikian pula halnya dengan seorang editor, belum tentu bisa menulis dan menerjemahkan dengan baik.

Seperti halnya menulis, keterampilan penyuntingan ini memiliki cakupan yang cukup luas, misalnya penyalinan, pengoreksian, pengeditan baris, dan lainnya. Setiap cakupan keterampilan penyuntingan tersebut memerlukan pendekatan yang berbeda dan seperangkat keterampilan yang berbeda pula. Satu hal yang penting dari seorang editor atau penyunting adalah pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang kaidah-kaidah bahasa yang baku.

Menulis itu mudah, tetapi tidak semua orang lantas mampu menjadi penulis. Ada banyak kelemahan dari tulisan, bahkan seorang penulis sekalipun, di mana dalam menuangkan pikiran dan gagasannya kurang terkemas dengan bahasa yang tepat, sehingga pesan yang ingin disampaikan justru tidak dapat ditangkap oleh pembaca. Inilah peluang bagi editor, dengan keterampilannya menyunting teks, akan dapat membantu penulis atau bisnis menjadi lebih jelas dalam menyampaikan pesan kepada target pasarnya.

  • Pemasaran media sosial

Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini media sosial begitu mempengaruhi kehidupan kita. Bahkan, keberadaannya terkesan begitu penting, sehingga masyarakat digital (netizen) tak jarang berbondong-bondong untuk selalu meramaikan dunia media sosial, entah itu Facebook, YouTube, Twitter, Instagram, WhatsApp, Telegram, dan lainnya. Namun, apakah Anda dibayar untuk menghabiskan waktu berjam-jam di media sosial?

Bermain di media sosial seolah tampak sederhana. Siapa pun bisa menggunakannya. Namun, untuk ‘bermanuver’ di media sosial sehingga meraup banyak like dan follower memerlukan keterampilan, di mana tak semua orang memilikinya. Anda bisa mempelajarinya untuk mengelola akun pribadi Anda.

Jika Anda berhasil dengan akun pribadi Anda, maka Anda dapat memanfaatkan keterampilan tersebut untuk bisnis atau perusahaan tertentu dengan menjadi seorang social media marketer. Dengan keterampilan pemasaran media sosial, Anda cukup mengelola akun-akun media sosial bisnis yang memanfaatkan jasa Anda untuk meningkatkan jumlah follower dan likes. Asumsinya, semakin banyak follower, jangkauan informasi bisnis akan semakin luas, sehingga potensi untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan semakin besar.

  • Pengkodean

Pengkodean atau coding merupakan salah satu keterampilan yang menguntungkan untuk dipelajari lebih lanjut, terutama bagi Anda para pecandu komputer. Tidak ada kata terlambat untuk belajar coding, karena teknologi dan coding adalah masa depan.

Bicara tentang coding, ada banyak yang bisa dipelajari, misalnya javascript, HTML, CSS, Phyton, Angular, JS, Java, jQuery, dan lainnya. Dengan mempelajari berbagai kode tersebut, Anda bisa menciptakan aplikasi atau software dan situs web, bahkan game. Belajar coding memungkinkan Anda untuk menjadi seorang programmer. Jika Anda kreatif dan produktif, keterampilan ini akan dapat menjadi salah satu sumber penghasilan Anda.

  • Desain grafis

Anda hobi melukis dan corat-coret di waktu luang? Jika demikian, Anda bisa mengubah hobi tersebut menjadi sumber penghasilan. Sebab, pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar.

Keterampilan desain grafis merupakan salah satu keterampilan yang menguntungkan untuk dipelajari. Bagi Anda yang memang memiliki bakat corat-coret, keterampilan ini tentu bukanlah hal yang sulit untuk dipelajari. Meski demikian, desain grafis bukan hanya sekadar menggambar coretan yang cantik, namun harus didukung dengan pengetahuan dan keterampilan mengoperasikan kompoter dan program-program desain seperti CorelDraw, Photoshop, Illustrator, InDesign, Canva, dan lain sebagainya.

Perpaduan keterampilan desain grafis dan mengoperasikan software desain tentunya akan memberi poin plus dalam portofolio Anda, sehingga bisa menambah keyakinan para pengguna jasa terhadap kapasitas dan kompetensi desain grafis Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang keterampilan yang menguntungkan untuk dipelajari, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Soft Skills yang Harus Dimiliki Kaum Millennial
Bagaimana Meningkatkan Leadership Skill?
Ajarkan Anak Keterampilan Penting Ini, Keterampilan yang Tidak Diperoleh di Sekolah
4 Keterampilan Berharga yang Bisa Dimiliki Sepanjang Hidup
Skill Berharga dalam Kehidupan, Pastikan Anda Memilikinya
Skill Bisnis Yang Dapat Dipelajari dari Pendidikan di Kemiliteran
Skill Penting Wajib Dikuasai agar Sukses
Jenis Usaha Kecil yang Menguntungkan
Skill Keuangan yang Harus Diajarkan Ke Anak
Skill yang Harus Dimiliki Supaya Jadi Enterpreneur Sukses


Bagikan Ke Teman Anda