Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Jenis-Jenis Restoran yang Menguntungkan

Bisnis kuliner adalah jenis bisnis yang tidak pernah kehilangan konsumen. Hal tersebut dikarenakan makanan merupakan salah satu kebutuhan primer manusia yang harus dipenuhi agar tetap dapat bertahan hidup.

Restoran adalah bisnis yang bergerak di bidang kuliner dan menyediakan layanan pemesanan makanan dan minuman untuk jamuan makan, baik dalam skala kecil maupun besar. Modal untuk mulai menjalankan bisnis restoran cukup bervariasi, tergantung pada besar atau kecilnya skala restoran yang akan dijalankan.

Bagi para calon entrepreneur yang sedang mencari peluang usaha, artikel kali ini akan membahas tentang jenis restoran seperti apa yang paling menguntungkan serta bagaimana tips untuk meningkatkan profit atau keuntungan restoran. Yuk, simak bersama!

Jenis Makanan yang Banyak Diminati 2021

Mengutip pendapat masyarakat pada laman Quora, tiga jenis makanan berikut mendapat rating tertinggi dalam kategori jenis makanan yang paling banyak dicari oleh masyarakat sepanjang tahun 2021:

  • Kopi

Berawal dari beberapa tahun belakangan, bisnis kopi kini kian menjamur di Indonesia. Skala bisnis pun beraneka ragam, mulai dari selevel stan di depan rumah, kedai kecil, hingga cafe atau restoran yang tak hanya menyediakan kopi namun juga bermacam-macam menu lain, seperti sandwich, nasi dengan berbagai varian lauk, dan snack.

Target konsumen yang dituju tidak lagi berada pada kisaran para pecinta kopi yang umumnya lebih suka menikmati secangkir kopi dengan rasa otentik. Ada pula berbagai menu yang merupakan perpaduan kopi dengan bahan lainnya, seperti susu, coklat, dan karamel.

  • Pizza

Makanan yang menjadi salah satu ikon negara Italia ini berbentuk bundar dan pipih dengan berbagai varian topping pada permukaannya. Adonan pizza dipanggang di oven dan kemudian dilumuri saus tomat sebelum topping ditaburkan ke atasnya.

Tren makan pizza mungkin tidak cocok bagi orang Indonesia yang lebih menyukai nasi. Hal itu pula yang menjadikan antusiasme masyarakat terhadap pizza tak seheboh orang-orang di luar negeri. Meski demikian, pizza tetap menjadi makanan favorit bagi sebagian orang di Indonesia.

  • Pasta

Selain pizza, makanan asal Italia yang banyak digemari oleh orang Indonesia adalah pasta. Pasta biasanya terbuat dari tepung gandum yang dicampur dengan air atau telur dan dibentuk menjadi lembaran, atau bentuk-bentuk lain yang beragam. Umumnya pasta dimasak dengan cara direbus seperti mie atau dipanggang.

Meskipun cara pembuatan pasta tergolong mudah, namun tak sedikit masyarakat memilih untuk membeli pasta dari restoran karena memiliki citarasa yang berbeda dari buatan sendiri.

Jenis Restoran yang Paling Menguntungkan

Suatu bisnis restoran yang mendapatkan predikat menguntungkan sudah pasti memiliki dua kriteria utama yaitu membutuhkan modal kecil dan memiliki peluang bisnis yang bagus untuk menghasilkan keuntungan berkali-kali lipat.

Untuk menemukan bisnis restoran yang memiliki peluang yang bagus dalam menghasilkan keuntungan, maka seorang entrepreneur perlu memiliki mata yang jeli guna menentukan target konsumen, mengenali kebutuhan mereka, serta menemukan lokasi yang tepat untuk berbisnis.

Simpan dulu pembahasan tentang hal itu untuk nanti, sekarang kita akan melihat-lihat beberapa 3 jenis restoran yang paling menguntungkan.

  • Bar

Bar adalah tipe restoran yang mampu menghasilkan keuntungan paling tinggi dari sekian banyak jenis restoran. Besarnya profit margin ini dihasilkan dari markup harga makanan dan minuman yang terdapat di menu restoran, apalagi untuk minuman beralkohol yang tidak dijual di sembarang restoran, terutama di Indonesia.

Namun perlu dicatat bahwa untuk mulai membuka bar, jumlah modal yang harus dikeluarkan juga tidak sedikit. Begitu pula dengan biaya perawatan yang harus dikeluarkan setiap bulannya.

  • Food Truck

Bisnis restoran dalam bentuk food truck belakangan ini sedang menjadi tren di kalangan entrepreneur. Sesuai namanya, bisnis ini menggunakan media truck keliling yang dapat berhenti di tempat tertentu untuk melayani permintaan pelanggan.

Besar keuntungan restoran jenis ini terletak pada minimnya biaya tenaga kerja dan biaya overhead, seperti listrik, air, dan sewa. Selain itu, keuntungan bisnis restoran food truck juga berasal dari jumlah menu yang terbatas namun fokus pada jenis makanan yang banyak disukai orang.

  • Ghost Kitchen

Ghost kitchen merupakan jenis restoran yang hanya melayani pelayanan delivery melalui aplikasi tertentu. Jenis restoran ini biasanya beroperasi dari rumah, sehingga pelaku bisnisnya tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membuat kedai atau menyewa tempat.

Ghost kitchen banyak diminati terutama semasa pandemi berlangsung. Bisnis ini cocok bagi para pemula yang ingin mencoba peruntungan dalam bisnis kuliner.

3 Tips Meningkatkan Keuntungan Restoran

Meminimalkan modal atau pengeluaran biaya bukanlah satu-satunya cara untuk meningkatkan keuntungan restoran. Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat dilakukan oleh entrepreneur agar sukses memelihara atau bahkan meningkatkan keuntungan restoran yang dijalankan:

  • Tentukan Konsep Restoran

Strategi ini dapat diterapkan pada berbagai jenis restoran seperti bar atau cafe. Konsep restoran yang unik dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan.

Pilihlah konsep yang unik, dan sebisa mungkin buatlah nama menu yang berkaitan dengan konsep tersebut. Jika perlu, buatlah agar tampilan makanan juga tak kalah unik dari namanya.

  • Teknik Pemasaran yang Unik

Kedua, pastikan untuk menyusun strategi pemasaran yang mind-blowing. Misalnya dengan memberikan promo diskon apabila pelanggan mempromosikan restoran melalui akun media sosial mereka.

Strategi pemasaran lainnya ialah melatih kasir untuk melakukan teknik up selling marketing dengan cara menawarkan produk lain atau upgrade size pesanan yang dibeli oleh pelanggan. Cara ini bekerja lebih efektif, terutama pada bisnis food truck.

  • Pengelolaan Keuangan

Terakhir, pastikan agar keuangan dikelola dengan baik dan terstruktur. Jika perlu, gunakan software akuntansi sederhana untuk membantu proses pencatatan.

Langkah ini akan sangat berguna untuk memantau perkembangan bisnis sekaligus melakukan evaluasi terhadap hal-hal yang dianggap perlu diperbaiki, misalnya strategi pemasaran, menu yang dianggap kurang terjual, dan lain-lain.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang jenis-jenis restoran yang menguntungkan, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Strategi Restoran “All You Can Eat” Bisa Survive
Inilah 10 Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Cukup Langka
Jenis-Jenis Inflasi
Apa Itu Remittance? Pengertian, Jenis, Komponen dan Cara Kerjanya
Jenis-Jenis Negoisasi
Keterampilan Yang Menguntungkan Untuk Dipelajari
Tip Mencari Ide Nama Restoran
Bagaimana Restoran Buffet (All You Can Eat) Mendapatkan Untung?
Contoh Laporan Keuangan untuk Semua Usaha, Kafe, Restoran dan Lainnya
Mengenal 5 Jenis Arisan, Mana yang Jadi Favorit Anda?


Bagikan Ke Teman Anda