Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Skill Bisnis Yang Dapat Dipelajari dari Pendidikan di Kemiliteran

Menjadi tentara bukan berarti hanya belajar mengangkat senjata. Banyak soft skill yang dapat anda dapatkan di kemiliteran namun dapat anda aplikasikan dalam kehidupan sehari hari termasuk kehidupan berbisnis. Soft skill tersebut antara lain:

1. Leadership

Leadership atau kepemimpinan adalah skill yang saat ini dibutuhkan dalam aspek kehidupan apapun. Di dunia kemiliteran, tentara dididik untuk menjdi leader yang baik dan bertanggung jawab.

Karena menjadi pemimpin bukan hanya berarti mendapatkan promosi, melainkan juga mendapatkan tanggung jawab lebih. Menurut salah satu pengguna Quora[i], seorang pemimpin dalam militer di Amerika Serikat bahkan dilarang makan sebelum anak buahnya selesai makan. Hal ini berarti seorang leader diminta untuk memastikan kebutuhan anak buahnya tercukupi terlebih dahulu sebelum kebutuhannya sendiri.

2. Manajemen waktu

Sama seperti halnya bisnis, operasi militer kadang datang secara tidak terduga dan mendadak. Oleh karena itu keahlian manajemen waktu menjdi sangat penting disini.

Seorang sumber mengatakan bahwa dalam dunia militer Amerika serikat, 1/3 deadline dialokasikan untuk perencanaan sedangkan 2/3 deadline untuk eksekusi. Artinya jika terjadi operasi mendadak dalam 6 jam kedepan, maka waktu perencanaan hanya 2 jam sedangkan sisanya untuk persiapan.

Hal ini dapat anda terapkan dalam bisnis. Misalnya ketika anda mendapatkan tugas presentasi mendadak 24 jam kedepan, maka anda hanya memiliki 8 jam untuk perencanaan, sementara 16 jam sisanya untuk anda membuat materi, latihan presentasi dan istirahat.

3. Manajemen sumber daya manusia

Kerja militer adalah pekerjaan yang padat karya, sehingga dibutuhkan kemampuan manajemen sumber daya manusia yang baik. Meskipun adakalanya sebuah bisnis adalah bisnis yang padat modal, skill manajemen sumber daya manusia tetap harus diterapkan dalam skill ini.

Dalam skill ini anda akan belajar mengenai bagaimana menghadapi atasan, bagaimana mengatur anak buah anda dengan baik dan tentu saja mengatur diri anda sendiri. Baik dalam bisnis maupun militer, sebagai atasan anda dituntut untuk mampu berempati dengan bawahan anda dan sebagai bawahan anda dituntut untuk mampu menyampaikan pendapat dengan baik.

4. Skill untuk membentuk dan mencapai target

Banyak yang mengira bahwa target atau tujuan utama dari sebuah operasi militer adalah kemenangan dari operasi militer tersebut, Pun demikian banyak yang mengira bahwa tujuan utama atau target utama dari sebuah bisnis adalah mendapat keuntungan.

Hal tersebut tidak sepenuhnya benar tetapi juga tidak sepenuhnya salah. Adakalanya target operasi militer adalah menyelamatkan diri dan target bisnis bukan hanya uang. Skill ini dapat anda pelajari dari dunia kemiliteran.

5. Bisnis seperti medan perang

Sama seperti halnya dengan sebuah operasi militer, keberhasilan sebuah bisnis juga diperoleh dari rangkaian uji coba dan kegagalan serta pembelajaran dari kegagalan tersebut. Dalam hal ini, tentara secara rutin membahas mengenai hal tersebut sedangkan perusahaan tidak. Kalaupun hal ini dibahas dalam perusahaan, kemungkinan besar hanya top management perusahaan yang membahasnya.

6. Bisnis juga perlu strategi

Strategi disini tidak hanya berbentuk strategi pemasaran tetapi juga strategi untuk membuat perusahaan lebih efisien dengan jumlah sumber daya yang terbatas, strategi untuk menghadapi kompetitor dan lain lain. Umumnya dalam kemiliteran hal ini dipelajari secara langsung atau learning by doing dalam operasi operasi pendek.

Lain halnya dengan bisnis. Biasanya untuk evaluasi dan perumusan strategi diperlukan durasi waktu tertentu seperti bulanan atau tahunan. Dalam ilmu bisnis dan ekonomi, cara pembentukan strategi ini juga dipelajari secara teoritis dan matematis melalui Game Theory.

Teori ini mempelajari apa dan bagaimana strategi bisnis harus diambil dengan memperhitungkan tindakan musuh dan kondisi alam. Bahkan teori ini juga membahas mengenai buku the Art of War dari penulis klasik tiongkok Sun Tzu.

7. Presistensi untuk mencapai kesuksesan

If you give up now, you will regret later[ii] begitulah ungkapan seorang pengguna aplikasi Quora yang juga mantan anggota British Force. Didikan menjadi tentara mengajarinya untuk tidak menyerah dan menoleransi kesulitan dalam hidup. Beliau membuktikan bahwasanya skill ini juga dibutuhkan pada aspek lain di kehidupan termasuk bisnis.

Ada kalanya sebuah operasi militer berpindah secara mendadak. Begitupun halnya dengan dunia bisnis yang seolah tanpa kepastian. Tapi presistensi dan kesabaran membuat mereka yang menjalani halĀ  tersebut berhasil keluar dengan perasaan bahagia.

8. Cara berkoordinasi

Untuk mengoperasikan sebuah operasi militer yang sukses, koordinasi diperlukan oleh satu atau beberapa peleton tentara untuk memeriksa peralatan, perlengkapan dan tenaga yang tersedia. Sama halnya dalam bisnis. Sebuah perusahaan memiliki banyak divisi yang berbeda beda untuk kemudian dijadikan satu demi mencapai target perusahaan tersebut.

Dalam hal ini, koordinasi dalam militer lebih rutin daripada dalam perusahaan. Militer secara rutin mengadakan apel pagi atau rapat untuk memeriksa sumberdaya yang tersedia sementara perusahaan tidak.

9. Disiplin

Dalam kemiliteran, pelanggaran terhadap peraturan akan dihukum secara ketat baik dengan menggunakan hukuman fisik maupun non fisik. Sedemikian hingga ketika keluar dari barak secara permanen seorang tentara dikenal memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi.

Disiplin tidak hanya dibutuhkan dalam dunia militer tetapi juga dunia bisnis. Tanpa disiplin yang kuat, tidak menutup kemungkinan sebuah bisnis tidak akan berjalan sebagaimana mestinya.

Meskipun ada banyak hal yang dapat dipelajari dari dunia militer, ada beberapa hal dari militer yang tidak perlu diadopsi oleh bisnis. Seperti memenangkan kompetisi dengan menyerang kompetitor atau memiliki struktur koordinasi yang kaku. Karena walau bagaimanapun perusahaan dan militer adalah dunia yang berbeda.

[i] https://www.quora.com/What-can-businesses-learn-from-the-military. Di akses pada tanggal 28 November 2020.

[ii] https://www.quora.com/What-skill-did-you-pick-up-in-the-military-that-made-a-big-difference-in-your-business-success. Di akses pada tanggal 28 November 2020.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang skill bisnis yang dapat dipelajari dari pendidikan di kemiliteran, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



12 Ide Bisnis Online yang Bisa Dimulai 2021
Apa Itu Reimbursement?
Apa Itu Branding?
5 Efek Booking Lewat AirBnB terhadap Bisnis Travel
Apa Itu PO (Purchase Order)?
Cara Mempersiapkan Dana Pendidikan Untuk Anak
Apa itu Days Payable Outstanding (DPO)?
Keuntungan dan Kerugian Knowledge Management
Tips Penting Menjalankan Bisnis untuk Pebisnis Baru
Apa itu Payment Gateway? Bagaimana Cara Kerja Payment Gateway?


Bagikan Ke Teman Anda