Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Menabung untuk Liburan Akhir Tahun

Lebih dari sekedar gaya hidup, liburan kini telah menjadi kebutuhan. Apalagi jika sudah mendekati akhir tahun seperti ini. Musim liburan segera tiba dan Anda pasti ingin menghabiskannya di tempat yang istimewa. Liburan memang cara terbaik untuk lepas dari kepenatan dan tekanan setelah bekerja sepanjang tahun.

Namun aspek terpenting yang harus Anda pikirkan saat merencanakan liburan adalah biaya yang harus dikeluarkan. Untuk mengisi akhir tahun dengan berlibur, Anda biasanya menabung sejak jauh-jauh hari. Jika biaya liburan tidak disusun dan direncanakan dengan baik, bisa-bisa Anda pulang liburan dengan stress yang lebih berat karena tagihan kartu kredit membengkak.

Pertanyaannya, bagaimana cara menabung untuk liburan akhir tahun tanpa memberatkan Anda? Tentu saja hal tersebut bukanlah mustahil. Ini dia beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai cara menabung untuk persiapan liburan di akhir tahun.

1. Buatlah rencana yang matang

Membuat rencana liburan sejak jauh-jauh hari adalah hal yang sangat penting meski Anda bukan orang yang suka berencana. Anda tidak mau kan pergi liburan dengan tiba-tiba dan berhutang untuk biayanya?

Jika Anda membuat rencana liburan yang matang, Anda bisa mengkalkulasi biaya yang dibutuhkan selama berlibur, lalu bagilah dengan sisa bulan yang masih ada. Dengan demikian Anda akan tahu berapa jumlah yang harus ditabung setiap bulannya. Cara ini bisa meringankan dan memudahkan Anda. Tahu-tahu uang Anda sudah terkumpul saat Anda akan berangkat berlibur.

2. Hitung biaya yang dibutuhkan secara rinci

Bukan hanya destinasi wisata saja yang harus masuk dalam perencanaan liburan Anda. yang tidak kalah penting adalah: bagaimana cara Anda berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Tentukan moda transportasi apa yang akan Anda gunakan baik itu darat maupun udara. Masukkan pula biaya makan, biaya untuk membeli cindera mata, dan biaya yang dibutuhkan untuk aktivitas liburan (mengunjungi museum, pusat hiburan, atau menyewa alat), dan biaya-biaya lain yang mungkin muncul.

Jika Anda berencana liburan di akhir tahun, bersiaplah menyiapkan dana lebih karena di musim liburan, semua tarif biasanya mengalami kenaikan.

3. Gunakan fitur pemotongan otomatis

Menyisihkan uang adalah hal yang tidak mudah, sekalipun jika Anda adalah orang yang super hemat. Akan selalu ada saat dimana Anda merasa tergoda untuk mengurangi tabungan Anda karena ada kebutuhan yang lain. Tanpa Anda sadari budget Anda masih kurang saat waktu berlibur tiba.

Untuk mencegahnya, gunakan fitur pemotongan otomatis pada bank tempat Anda menabung. Tetapkan jumlah bulanan yang diinginkan serta jangka waktu kapan Anda ingin uang tersebut dicairkan. Dengan cara ini, biaya liburan Anda akan tetap aman dan Anda tidak akan khawatir kekurangan uang nantinya. Fitur ini akan sangat membantu, terutama jika Anda adalah seseorang yang sulit menabung.

4. Tentukan apakah Anda akan berlibur sendiri atau tidak

Berlibur bersama kekasih atau ramai-ramai bersama sahabat sangat menguntungkan. Semakin banyak orang, semakin sedikit biaya yang harus Anda keluarkan. Bayangkan saja berapa uang yang bisa Anda hemat untuk biaya penginapan.

Untuk itu, tentukan dengan siapa Anda akan berlbur. Anda bisa menyusun rencana bersama, menghitung budget bersama, dan menghindari rencana di menit-menit terakhir yang bisa memakan banyak biaya.

5. Pangkas biaya sehari-hari

Jika Anda benar-benar ingin berlibur di akhir tahun, berhemat adalah kewajiban yang harus Anda jalani. Pangkas biaya-biaya yang tidak perlu dan lakukan penghematan di semua sektor yang mungkin.

Misalnya saja, jika Anda suka makan di luar rumah, hentikan kebiasaan itu sekarang juga. Usahakan memasak sendiri di rumah, makan di rumah, dan membawa bekal saat ke kantor. Makan di rumah tentu jauh lebih hemat daripada makan di luar. Dengan begitu, Anda bisa menabung lebih banyak untuk liburan di akhir tahun.

Satu hal lagi yang tidak kalah penting adalah memangkas biaya “jajan” Anda. Jika biasanya Anda suka membeli kopi di gerai ternama sebelum berangkat kerja, pangkas pengeluaran itu karena kopi bukanlah kebutuhan pokok Anda.

6. Hentikan langganan yang tidak perlu

Biaya langganan yang Anda bayar tiap bulan tentu menguras sebagian dari pendapatan Anda. Mulai dari berlangganan TV kabel, internet, Netflix, dan langganan-langganan lain yang tidak perlu. Jika Anda adalah orang yang bekerja sepanjang hari, rasanya tidak perlu berlangganan TV kabel. Habiskan waktu sepulang kerja di malam hari untuk beristirahat. Untuk berlangganan internet dan Netflix, Anda bisa menghentikannya sementara. Manfaatkan layanan WiFi gratis yang ada di kantor atau di tempat-tempat umum seperti kafe dan ruang publik.

7. Gunakan aplikasi keuangan

Ketika Anda mulai menabung untuk berlibur, Anda harus bisa mengatur keuangan dengan baik. jika hal itu terlalu membebani dan memberikan stress tersendiri pada diri Anda, gunakan aplikasi keuangan untuk membantu Anda. aplikasi keuangan bisa membantu Anda untuk menabung dan mengontrol keuangan Anda secara keseluruhan.

8. Mencari pekerjaan sampingan

Untuk menghasilkan lebih banyak uang, Anda memerlukan lebih banyak sumber pendapatan. Tidak ada salahnya mencari pekerjaan sampingan untuk membantu Anda mengumpulkan biaya liburan dengan lebih cepat. Tidak perlu mencari pekerjaan yang berat, cari pekerjaan yang menyenangkan, sesuai dengan bakat dan minat Anda.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menabung agar bisa liburan di akhir tahun. Jangan menyerah dan mengeluh meski dalam proses mengumpulkan uang Anda menemui banyak godaan dan kendala. Ketika Anda sudah pernah merasakan bahagianya pergi ke tempat-tempat yang indah tanpa rasa cemas dan bersalah, apalagi stress karena tumpukan hutang yang harus dibayar selepas liburan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara menabung untuk liburan akhir tahun, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Dasar-Dasar Keuangan Pribadi (Personal Finance)
Punya Gaji Tinggi, Bagaimana Tetap Rendah Hati?
Nasehat Keuangan untuk Orang yang Belum Mandiri
Cara Mengatur Keuangan Bagi Anak Kost
Inilah 4 Langkah Jitu Mengumpulkan Dana Darurat
Mengapa Jangan Tergantung pada Pendapatan Tunggal?
6 Alasan Kelas Menengah Tetap Kelas Menengah
Ibu Rumah Tangga Ingin Bisa Menabung? Berikut Tipsnya!
Tips Berhemat yang Terbukti Mengurangi Pengeluaran Uang
Perbedaan Kebiasaan Orang Kaya vs Orang Biasa


Bagikan Ke Teman Anda