Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

9 Tips Membuat Keuangan Jadi Lebih Terorganisir

Kadence Internasional pernah melakukan riset terkait dengan pengelolaan keuangan orang Indonesia di tahun 2015. Hasilnya 28 persen orang Indonesia memiliki kebiasaan gaya hidup konsumtif yang tidak. Walhasil pengeluaran mereka lebih besar ketimbang pemasukan. Lebih menyedihkan lagi, sebanyak 90 persen pemilik bisnis kecil memiliki pengelolaan sistem keuangan yang tidak akurat, tidak dapat diandalkan, dan tidak mutakhir.

Dahulu mungkin anda bakal beralasan mengatur keuangan memakan waktu, rumit, dan mahal. Tapi sekarang alasan itu tidaklah lagi relevan. Jaman sudah maju, perkembangan teknologi sudah luar biasa hebatnya. Tidak lagi anda perlu menghabiskan banyak waktu dan biaya untuk mengelola keuangan anda. yang perlu anda lakukan hanya menerapkan beberapa tips menelola keuangan jadi lebih terorganisir seperti di bawah ini.

Tips Mengorganisasikan Keuangan

1. Selalu Sesuaikan Anggaran Keuangan

Setiap waktu anggaran keuangan selalu berubah. Anggaran yang anda buat di awal bulan bisa berubah di pertengahan bulan, bahkan bisa saja mengalami perubahan di hari esoknya. Yang perlu anda lakukan adalah menyesuaikanya. Revisi anggaran Anda saat tagihan masuk dan sesuaikan biaya lain untuk menyeimbangkanya.

Misalnya anda membuat anggaran tagihan listrik Rp 250.000 dengan mengambil acuan di bulan sebelumnya. Ternyata bulan ini tagihan listrik membengkak, anda harus mengeluarkan hampir Rp 350.000. Maka anda harus menyesuaikan anggaran untuk biaya yang belum terealisasi. Misalnya anda memotong biaya pulsa sebesar Rp 100.000 pada bulan ini demi menyeimbangkan dengan biaya listrik.

2. Simpan Tagihan dalam Satu Tempat

Lebih baik, simpanlah tagihan bulanan dalam satu tempat. Ketika tagihan anda letakkan dalah tempat yang berbeda-beda, bisa saja menyebabkan anda lupa dan terlambat melunasinya. Anda bisa saja terkena denda akibat keterlambatan anda melunasi biaya tagihan.

Karena itu lebih baik anda letakkan seluruh tagihan dalam satu tempat yang sama. Entah itu di laci, kotak, atau tempat lainya, yang penting konsisten. Ukuran juga penting. Jika Anda mendapat banyak tagihan, pastikan tempat tidak cepat penuh.

3. Bayar Tagihan Anda Sesuai Jadwal

Pembayaran tagihan dapat disederhanakan jika dilakukan pada waktu yang dijadwalkan selama sebulan. Bergantung pada berapa banyak tagihan yang Anda terima, Anda dapat membuat jadwal kapan membayar tagihan pada waktu dimana ada tagihan Anda yang terlambat.

Jika Anda membayar tagihan saat Anda menerimanya, kemungkinan Anda akan menghabiskan banyak waktu. Sekalipun setiap tagihan tertulis “Dapat Dibayar Saat Menerima”, selalu ada masa tenggang. Jadi pastikan terlebih dahulu kapan pembayaran bisa dilakukan sebelum dianggap terlambat.

4. Gunakan Aplikasi atau Software

Ada banyak sekali aplikasi untuk mengelola keuangan. Anda bisa dapatkan di platform android, iOS ataupun Windows. Di Mac juga ada. Anda dapat menemukan perangkat lunak online gratis untuk membantu Anda mengorganisasikan pengeluaran harian ataupun bulanan Anda. Beberapa cantoh aplikasi android pengelola keuangan misalnya AndroMoney, Finacisto, Money Lover dan lain sebagainya. anda bisa cari di Play Store atau Appstore.

5. Manfaatkan Pembayaran Otomatis

Sebagian besar bank menawarkan sistem pembayaran tagihan secara otomatis. Pihak bank akan langsung memotong saldo anda begitu ada tagihan yang masuk. Dengan sistem ini, anda akan sangat menghemat waktu. Anda juga bisa mendapatkan suku bunga yang lebih rendah dari kreditur ketika Anda menggunakan sistem pembayaran otomatis.

Hal ini karena kreditur akan mendapatkan pembayaran lebih cepat dan tepat waktu. Hanya saja jangan lupa, pastikan Anda mencatat pengurangan ketika pembayaran otomatis anda sepakati.

6. Gabungkan Akun Anda

Jika Anda memiliki beberapa akun kartu kredit dengan saldo terutang, cobalah untuk menggabungkannya menjadi satu. Hati-hati dan periksa setiap kali anda melakukan transaksi dan pembayaran tagihan. Juga, buat daftar seluruh daftar produk keuangan yang anda jalankan, entah itu Money Markets, Savings, CDs, IRAs, Mutual Funds dan lainya untuk melihat apakah ada kemungkinan yang dapat dilakukan. Meletakkan uang Anda di sedikit akun mengurasi resiko anda melakukan kesalahan.

7. Miliki Dua Rekening Bank

Tak ada salahnya anda memiliki dua buah akun di bank yang berbeda. Anda bisa sunakan satu akun untuk pengeluaran dan tabungan, sementara yang satunya anda gunakan untuk membayar tagihan. Biasanya biaya untuk membayar tagihan tidaklah mengalami perubahan terlalu siginifikan dari bulan sebelumnya dengan bulan berikutnya. Setidaknya dengan begini, anda tidak lagi punya alasan tidak sengaja menghabiskan uang tagihan untuk pengeluaran harian anda.

8. Baca Pernyataan Kartu Kredit Anda

Kebanyakan orang memanfaatkan penawaran kartu kredit berbunga rendah tetapi tidak pernah membaca pernyataan saat membayar tagihan. Kartu kredit terkenal karena menggunakan bunga rendah sebagai cara untuk menarik pelanggan baru kemudian suku bunganya beransur-ansur makin tinggi setelah beberapa bulan.

Biasakan untuk melihat pernyataan Anda. Cobalah cermati berapa tingkat bunga yang Anda bayarkan setiap bulan dan apakah ada biaya transaksi yang diterapkan atau tidak. Jika tarif meningkat atau biaya transaksi muncul di pernyataan Anda, cobalah untuk beralih dan tinggalkan kartu kredit.

9. Buatlah Tabungan Otomatis

Buat tautan dari rekening giro ke rekening tabungan. Cara ini biasanya bisa anda lakukan melalui bank dan jumlah tertentu secara otomatis akan ditransfer setiap bulan. jadi setiap bulan akan ada sekian persen pendapatan anda yang langsung ditabung. Cara ini bisa menjadi solusi terbaik bagi anda yang tidak bisa teratur menabung setiap bulan. Percaya atau tidak, Jika Anda menetapkan sejumlah uang untuk anda tabung secara otomatis setiap bulan, Anda akan mengumpulkan uang lebih cepat dari yang Anda kira.

Kini saatnya anda memulai beberapa tips di atas, lalu lihatlah bagaimana keuangana anda berjalan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 9 tips membuat keuangan jadi lebih terorganisir, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



10 Langkah untuk Menjadi Kaya
Kapan Sebaiknya Pergi Wisata Ke Luar Negeri Agar Keuangan Tidak Terganggu?
Tip Berhemat Dalam Jangka Panjang
Cara Membuat Anggaran Keuangan Untuk Keluarga
Stop Boros! Tanyakan Hal Ini Sebelum Anda Membeli Suatu!
Tip Mengelola Keuangan Bagi Keluarga Baru
Bagaimana Cara Mencegah Overspending?
Bagaimana Menyiapkan Keuangan Pribadi Saat Menghadapi Resesi?
15 Cara Terbaik Mengajari Anak tentang Uang
Ajaran Finansial yang Seharusnya Diajarkan Ketika Remaja


Bagikan Ke Teman Anda