Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

7 Contoh Penggunaan Uang Secara Sia-sia

Setiap harinya manusia selalu dituntut untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pengelolaan uang yang baik tentu diperlukan agar semua kebutuhan sehari-hari dapat dipenuhi. Namun tanpa sadar pengelolaan uang tersebut kurang baik sehingga ada uang yang terpakai dengan sia-sia. Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan uang yang sia-sia.

1. Membeli Air Mineral dalam Botol

Air merupakan hal yang setiap harinya diperlukan oleh setiap orang. Sebagai salah satu sumber energi tubuh, air menjadi salah satu keharusan untuk mempertahankan hidup setiap harinya. Sedikit banyak seseorang harus menganggarkan uang untuk membeli ataupun sekadar merebus sendiri air putih untuk diminum. Namun membeli air minum bisa menjadi sebuah kesia-siaan jika seseorang memutuskan membeli air minum  dalam botol.

Dilihat dari segi harga, membeli air mineral dalam botol memiliki harga yang sangat tingi dibanding membeli air galon. Contohnya, coba ambil perbandingan antara air botol 1,5 Liter dengan sebuah galon. Galon sendiri memiliki volume sebanyak 19 Liter. Galon umumnya berharga 20 ribu, sedangkan air botol 1,5 L berharga 5 ribu.

Dengan uang yang sama, yaitu 20 ribu, seseorang hanya akan mendapatkan air mineral sebanyak 6 Liter jika membeli air botol. Jumlah tersebut tentu jauh lebih sedikit daripada air galon yang memiliki Volume 19 Liter. Jika dihitung lebih rinci, maka harga air botol lebih mahal hingga 3 kali lipat dibanding dengan air galon

2. Gift Card Games

Pecinta games pasti sangat mengerti mengenai gift card atau karakter yang dijual dalam games. Bahkan umunya ada sesama gamer yang menjual gift card atau karakter tersebut. Tak tanggung-tanggung, satu gift card atau karakter tersebut dapat dijual dengan harga ratusan ribu rupiah.

Jika ditelaah lebih dalam, tentu membeli gift card atau karakter dalam games adalah hal yang sangat membuang banyak uang. Banyaknya uang tersebut tak sebanding dengan manfaat yang didapat. Cepat atau lambat, para gamers akan mencapai level yang lebih tinggi atau menghasilkan koin yang cukup banyak untuk mendapat gift card dan karakter yang diinginkannya. Yang diperlukan hanyalah sedikit bersabar sehingga seseorang tidak harus kehilangan uang untuk sesuatu yang cepat atau lambat pasti akan dimiliki.

4. Alat Pemisah Kuning Telur

Para pecinta masak pasti tahu benda kecil satu ini. Alat pemisah telur memang terlihat sangat inovatif serta dapat sangat membantu dalam proses pemisahan kuning dan putih telur. Namun, membeli alat ini juga merupakan sebuah kesia-siaan.

Kuning telur dapat dipisahkan dengan mudah menggunakan tangan kosong. Hal ini dapat dilakukan dalam proses pemecahan telur. Secara hati-hati, putih telur dapat dikeluarkan terlebih dahulu sehingga dalam cangkang telur yang masih dalam genggaman masih terdapat kuning telur di sana. Dengan begitu, seseorang tidak perlu merogoh kocek hanya sekedar untuk membeli alat pemisah kuning telur.

4. VCD atau DVD

Jika diperhatikan, toko dan peredaran VCD dan DVD sekarang ini telah jauh berkurang. Hal ini disebabkan karena fungsi VCD dan DVD sendiri telah tergantikan oleh perkembangan jaman. Ada spotify dan joox untuk memutar lagu, itunes untuk mendownload lagu, bahkan youtube untuk mendengarkan sekaligus melihat video klip dari lagu tersebut.

Melihat perkembangan zaman yang telah dapat menggantikan posisi VCD dan DVD, tentu membeli VCD dan DVD adalah sebuah kesia-siaan. Zaman sekarang, orang bisa mengunduh secara gratis lagu serta video klip yang diminatinya. Aalhasil, uang untuk membeli VCD atau DVD dapat dialokasikan untuk kebutuhan lain.

5. Make Up

Walaupun digandrungi banyak kaum hawa, membeli make up ternyata juga merupakan sebuah kesia-siaan. Umumnya, wanita ingin tampil cantik di depan para lelaki dengan menggunakan make up. Namun satu rahasia yang perlu wanita tahu adalah semua wanita menarik di mata lelaki. Justru jika terlalu banyak memakai make up, daya tarik dari Si Wanita akan  menurun. Lelaki cenderung menyukai wanita yang tampil natural.

Sebenarnya, untuk tampil cantik, wanita hanya perlu mempercantik hatinya. Hati yang baik akan memancarkan kecantikan tersendiri dalam diri seorang wanita. Tutur yang lembut dan hati yang tulus akan terpancar cantik melalui senyum dan raut wajah yang ayu. Hati yang lapang serta ikhlas akan memancarkan keanggunan dari setiap tindak tanduk Si Wanita.

7. Starbucks dan Sejenisnya

Bagi pecinta kopi, pasti tidak asing lagi dengan Starbucks. Orang berbondong-bondong datang ke starbucks hanya untuk membeli secangkir ekspresso ataupun kopi modifikasi lainnya. Di sisi lain, seseorang dapat membuat ekspresso sendiri di rumah. Bahkan ekspresso buatan rumah bisa memiliki harga yang jauh lebih murah berkali-kali lipat dari ekspresso buatan Starbucks.

Selain harganya yang lebih murah, membuat ekspresso sendiri di rumah juga akan menghemat waktu. Waktu yang digunakan untuk pergi ke starbuck dapat digunakan untuk mengerjakan pekerjaan lain.

Memang rasa kopi di Starbucks terkesan lebih enak daripada kopi buatan sendiri. Namun itu hanyalah alam bawah sadar yang berbicara. Merk dagang yang digadang-gadang berkelas, tampilan kopi yang dibuat memukau, serta harga yang selangit menyebabkan alam bawah sadar membantu berfikir bahwa kopi Starbucks adalah kopi yang sangat enak. Tentu seseorang tidak ingin menghabiskan banyak uang demi sesuatu yang tidak enak, bukan?

7. Rokok

Walaupun sudah terkenal berbahaya, rokok masih saja banyak digilai sebagian orang. Rokok tidak hanya membakar paru-paru, namun juga membakar uang. Bayangkan saja, seseorang rela mengeluarkan uang untuk dibakar sekaligus untuk mengancam kesehatannya sendiri.

Uang untuk rokok juga terbilang tidak sedikit. Setelah kenaikan harga cukai, harga rokok juga mengalami kenaikan. Sekarang ini, tidak ada rokok yang dijual di bawah harga 10 ribu untuk satu packnya. Bayangkan saja, jika seseorang membeli rokok seharga 12 ribu setidaknya sekali dalam seminggu, maka seseorang tersebut sama saja membakar uangnya sebesar 48 ribu per bulan, dan 576 ribu per tahun. Jumlah yang tidak sedikit, bukan?

Pada hakikatnya, seseorang harus benar-benar memikirkan kebutuhannya serta alternatif untuk memenuhi kebutuhannya sehingga terhindari dari pengeluaran yang sia-sia seperti hal-hal yang tertera di atas.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 7 contoh penggunaan uang secara sia-sia, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

 



Cara Membuat Budget Anggaran Keluarga
Cara Mengurangi Stress Akibat Masalah Keuangan
Keuangan Kacau Karena Menunda-nunda?
Mencari Uang Tambahan bagi Penulis Freelance
Ajarkanlah Tip Keuangan Ini pada Anak Anda!
Bagaimana Menghasilkan Uang Tambahan saat Traveling/Liburan
Sehatkah Keuangan Anda? Ukur dengan 8 Cara Berikut Ini
Kalau Mau Jadi Milyader, Harus Mulai dari Mana?
Keuntungan Orang Hidup “Living Below Your Means”
Belajar Cara Mengatur Uang Ala Orang China


Bagikan Ke Teman Anda