Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Membiasakan Hidup Sederhana

Di zaman modern seperti sekarang, dunia banyak menawarkan kemewahan yang seharusnya membuat hidup menjadi lebih mudah. Namun, disisi lain juga membuat segalanya menjadi lebih rumit.

Dunia yang berkelimpahan membuat kita dapat memiliki banyak hal serta melakukan banyak hal, dan kadang kita dibuat bangga dengan “memiliki semuanya” . Tapi apa itu menjadi tujuan akhir? Dengan melakukan semua hal dan memiliki semua hal, apa kita telah mendapat kepuasan dan ketenangan pikiran?

Ditengah hiruk pikuk dunia yang menawarkan kemewahan, sebagian orang justru lebih memilih hidup dengan sederhana.

Hidup sederhana bukan tentang kekurangan. Hidup dengan sederhana bukan berarti hidup tanpa hal yang di senangi, atau hidup dengan keterbatasan untuk bertahan hidup.

Hidup dengan sederhana adalah gaya hidup yang hanya fokus pada hal-hal yang membuat bahagia, dan hidup hanya dengan hal-hal yang dibutuhkan saja. Tanpa harus terbebani dengan jadwal dan barang-barang berlebih yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Menyederhanakan hidup akan membawa begitu banyak kebebasan (baik finansial maupun waktu), kedamaian, dan ketenangan pikiran yang membahagiakan.

Ada banyak cara untuk membiasakan hidup sederhana.

  1. Hidup dengan penuh rasa syukur

Rasa syukur mampu mengubah apa yang telah dimiliki menjadi lebih dari cukup. Alih-alih terus mengejar hal yang lebih banyak, lebih besar, lebih baru, dan lebih baik, rasa syukur akan menumbuhkan rasa puas dalam diri terhadap apa pun yang telah dimiliki.

  1. Jangan membandingkan hidup dan harta yang dipunya dengan orang lain

Karena akan sangat sulit memulai hidup sederhana jika masih suka membandingkan hidup kita dengan hidup orang lain. Daripada sibuk membandingkan hidup Anda dengan orang lain dan melihat apa yang membuat mereka bahagia, lebih baik fokus terhadap diri sendiri dan lihat apa yang membuat Anda bahagia.

  1. Tentukan Prioritas

Hidup dengan sederhana berarti pertahankan yang berharga dalam hidup, dan lepaskan yang tidak begitu dibutuhkan. Karenanya, penting untuk menentukan tujuan, nilai, dan prioritas hidup agar dapat memilah mana yang harus di pertahankan dan mana yang harus di lepaskan.

  1. Belajar mengatakan “Tidak”

Seperti yang dijelaskan diatas, menyederhanakan hidup berarti memutuskan apa yang paling penting dan apa yang ingin di prioritaskan. Jadi tentu saja yang selanjutnya adalah belajar mengatakan “tidak” pada hal-hal yang tidak sejalan dengan itu.

Seperti, katakan “tidak” pada iklan-iklan yang menawarkan berbagai kebutuhan seolah mengetahui apa yang sedang Anda butuhkan. Padahal, Anda sendiri lah yang lebih tahu mana yang benar-benar Anda butuhkan.

  1. Jauhi hutang

Belilah apapun yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda, jangan membeli lebih dari itu. Karena hutang justru akan menambah beban dalam hidup Anda.

  1. Sederhanakan lemari pakaian

Fashion yang bagus tidak terlihat dari seberapa banyak pakaian yang Anda punya, tapi dilihat dari pakaian apa yang tepat untuk Anda kenakan.

  1. Tinggalkan pengeluaran yang tidak dibutuhkan

Keluarkan uang hanya untuk apapun yang Anda butuhkan. Ini bukan pelit, hanya saja belajar untuk hemat agar keuangan Anda tidak dihabiskan pada hal-hal yang tidak begitu penting.

  1. Buat rumah menjadi lapang

Membuat rumah menjadi lapang bukan berarti mengeluarkan semua barang-barang yang di punya. Hanya saja, cobalah pilah dari seluruh barang-barang yang ada di rumah Anda, mana yang berguna dan mana yang tidak berguna (hanya menjadi pajangan). Cobalah singkirkan barang-barang yang tidak terlalu berguna itu, semakin sedikit barang maka akan sedikit pula ruang yang dibutuhkan. Dan Anda bisa menggunakan ruang yang kosong untuk kebutuhan Anda yang lain.

  1. Berhenti multitasking

Fokuslah pada satu tugas di satu waktu. Entah seberapa berbakatnya Anda dalam melakukan banyak tugas, Anda tetap akan terlihat lebih baik ketika fokus pada satu tugas yang ada.

  1. Makanlah dengan sederhana

Makan sederhana bukan berarti Anda makan seadanya dengan sedikit. Namun, makanlah dengan cukup dengan makanan yang sehat, tanpa harus menyediakan ragam menu diatas meja yang justru membuat Anda bingung ingin memakan yang mana, dan ujung-ujungnya terbuang sia-sia.

Itulah 10 cara membiasakan hidup sederhana, yang mungkin bisa Anda terapkan dalam proses menyederhanakan hidup Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara membiasakan hidup sederhana, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Macam-Macam Keluhan Pelanggan dan Cara Mengatasinya
Pengetahuan Finansial yang Harus Dipelajari Anak Remaja
7 Cara Mudah Memotong Pengeluaran
Trik Menghemat Uang Saat Traveling
Tip Menghemat Uang dari Marie Kondo
Tip Mengelola Keuangan untuk Mahasiswa
Nasehat Bijak tentang Keuangan dari Orang Tua
Bagaimana Cara Menghitung Profit Margin?
10 Tip Keuangan Keluarga Muda
Tips Berhemat yang Terbukti Mengurangi Pengeluaran Uang


Bagikan Ke Teman Anda