Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Kebutuhan Tersier, Faktor dan Contohnya

Manusia yang hidup di dunia ini tentu memiliki kebutuhannya tersendiri untuk mempertahankan hidupnya. Kebutuhan setiap manusia pada dasarnya tidak ada yang sama. Kebutuhan bayi, balita, anak remaja, orang dewasa hingga lansia tentu berbeda-beda.

Oleh sebab itu, manusia terus berupaya memenuhi kebutuhannya. Karena pada dasarnya kebutuhan manusia tidak pernah berakhir. Manusia memiliki 3 jenis kebutuhan yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier.

Kebutuhan manusia yang sangat umum adalah kebutuhan sandang, pangan dan papan. Namun, seiring berkembangnya zaman dan teknologi, kebutuhan manusia terus meningkat hingga mengakibatkan sulitnya bagi manusia untuk menentukan mana kebutuhan primer, sekunder dan kebutuhan lainnya.

Namun, pada kesempatan kali ini kami hanya akan membahas mengenai kebutuhan tersier. Lantas apa itu kebutuhan tersier? Apa faktor manusia harus memenuhi kebutuhan ini? Dan apa contoh dari kebutuhan tersier ini? Berikut diantaranya.

Pengertian Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan akan barang mewah. Kebutuhan ini merupakan kebutuhan terakhir dalam dalam intensitas kebutuhan manusia. Adapun tujuan dari kebutuhan tersier adalah untuk kesenangan pribadi saja.

Perlu diketahui bahwa kebutuhan tersier itu bersifat prestise, yang artinya adalah orang-orang yang dapat memenuhi kebutuhan tersier ini akan merasa dirinya bisa mengangkat derajatnya karena lebih dipandang orang lain. Adapun contoh dari kebutuhan tersier adalah televisi, lemari es, komputer, motor, mobil dan lain-lain.

Berdasarkan contoh tersebut, tidak heran jika kebutuhan tersier dianggap sebagai kebutuhan akan barang mewah karena kebutuhannya ini memang tertuju pada barang mewah. Kebutuhan tersier dipenuhi seseorang untuk menjaga martabat seserang di tengah kehidupan bermasyarakat.

Tidak semua orang bisa memenuhi kebutuhan tersier. Hal ini tergantung pada kedudukan dan tingkat ekonomi orang tersebut dalam bermasyarakat.

Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier dipengaruhi oleh beberapa faktor sebagai berikut:

1. Tingkat Pendapatan

Tingkat pendapatan seseorang ternyata dapat mempengaruhi kebutuhan tersier seseorang. Pasalnya, tingkat pendapatan yang tinggi akan membuat orang lain merasa ada saja yang ingin mereka beli. Merea merasa bahwa apa yang sudah mereka lakukan, kerja keras mereka dalam bekerja tidak salah jika memberikan penghargaan kepada diri sendiri.

2. Tingkat Pendidikan

Tingkat pendidikan seseorang akan membuat orang lain merasa menginginkan ini dan itu untuk memenuhi kegiatannya dalam pendidikan. Misalnya adalah kebutuhan laptop untuk sekolah.

3. Status Sosial

Status sosial akan mempengaruhi kebutuhan tersier seseorang. Seseorang dengan status sosial yang tinggi merasa dirinya harus tetap bermartabat dan dipandang oleh orang lain. Sehingga mereka akan membeli sesuatu yang dirasa akan membuat orang lain melihatnya tinggi.

4. Pergaulan

Seseorang yang memiliki suatu kelompok tertentu dalam bergaul tentu ingin dirinya seperti orang lain seperti contohnya dalam suatu kelompok teman, melihat temannya bermain membawa sepeda motor maka orang lain merasa ingin memilikinya juga.

5. Lingkungan Tempat Tinggal

Sama halnya seperti pergaulan, lingkungan tempat tinggal juga mempengaruhi kebutuhan tersier. Saat seseorang di lingkungan tempat tinggal memiliki suatu hal yang membuat orang lain melihatnya seperti memiliki kendaraan pribadi, maka tidak heran jika ada orang lain yang ingin ikut memilikinya.

Itulah faktor-faktor yang menyebabkan seseorang ingin memenuhi kebutuhan tersiernya. Meski demikian, tidak semua orang bisa memenuhi kebutuhan tersiernya karena tingkat sosial dan status ekonomi setiap orang yang berbeda-beda.

Contoh Kebutuhan Tersier

Setelah mengetahui apa itu kebutuhan tersier dan faktor yang mempengaruhinya, selanjutnya mari ketahui contoh kebutuhan tersier tersebut.

1. Perhiasan

Seseorang tentu mengenal berbagai macam perhiasan. Seseorang terkadang membeli sebuah perhiasan untuk dipandang mewah oleh orang lain. Dengan menggunakan perhiasan, seseorang akan mendapatkan pengakuan kemampuan financial dari orang sekitarnya.

2. Kendaraan

Kendaraan menjadi salah satu kebutuhan tersier, seseorang yang memiliki kendaraan seperti mobil akan dianggap sebagai orang yang mampu dalam financial dari orang sekitarnya.

3. Rumah Mewah

Rumah mewah juga menjadi salah satu kebutuhan tersier yang berpengaruh pada kelangsungan hidup seseorang. Orang yang memiliki rumah mewah dianggap memiliki kelayakan hidup yang mewah.

4. Wisata

Wisata menjadi salah satu kebutuhan tersier, dengan berwisata seseorang dianggap memiliki kemampuan financial yang lebih yang dapat dimanfaatkan untuk berlibur menyenangkan diri sendiri.

5. Investasi

Investasi menjadi salah satu cara seseorang menyimpan hartanya untuk menghasilkan suatu keuntungan di masa depan. Contoh dari investasi adalah property seperti rumah, tanah, apartemen, menabung, trading, deposito, emas dan lain sebagainya.

Itulah pengertian dari kebutuhan tersier dan contoh kebutuhan tersier dalam kehidupan sehari-hari. Lantas kebutuhan tersier mana yang sudah kamu penuhi?

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang kebutuhan tersier, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Pengertian Kebutuhan Primer vs Sekunder vs Tersier
Contoh Keunggulan Komparatif
Faktor Ini Perlu Menjadi Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah!
Ide Nama Usaha Makanan Unik dan Contohnya
9 Faktor Utama Penyebab Krisis Ekonomi
Faktor-faktor Penyebab Resesi
Contoh-Contoh Kasus Pencurian Identitas
Contoh Nyata Penawaran Inelastis Sempurna
Fungsi dan Contoh Lembaga Keuangan Bukan Bank
Contoh Nyata Opportunity Cost


Bagikan Ke Teman Anda