Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Contoh Kebutuhan Sekunder dan Penjelasannya

Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang dalam pemenuhannya dilakukan setelah semua kebutuhan primer telah terpenuhi. Kebutuhan sekunder memang tidak sampai mengancam kelangsungan hidup. Namun, jika kebutuhan sekunder tidak terpenuhi maka bisa mengganggu kegiatan sehari-hari yang dilakukan, hal ini menunjukkan bahwa meskipun bukan merupakan kebutuhan yang mendesak namun kebutuhan sekunder tetap penting untuk dipenuhi oleh manusia.

Jika kebutuhan primer hampir sama pada setiap manusia, kebutuhan sekunder pada setiap manusia justru berbeda-beda, ini karena kebutuhan sekunder terbentuk berdasarkan berbagai faktor, seperti:

  • Lingkungan

Karena lingkungan yang berbeda mampu memunculkan kebutuhan yang berbeda pula.

  • Perkembangan Zaman

Karena seiring perkembangan zaman barang yang dahulu statusnya tersier kini berubah menjadi kebutuhan sekunder. Seperti barang elektronik dan komunikasi.

Seperti ponsel, dimana puluhan tahun lalu menjadi barang mewah yang hanya dimiliki oleh orang-orang kaya. Namun di masa sekarang hampir semua orang memiliki ponsel karena menjadi alat komunikasi yang penting dalam kehidupan.

  • Agama

Karena kebutuhan sekunder juga terbentuk dari agama yang dianut oleh setiap individu.

Misalnya saja kaum muslim yang diwajibkan untuk sholat sehingga peralatan seperti mukena dan sarung menjadi kebutuhan sekunder kaum muslim.

  • Adat Istiadat

Merupakan kebiasaan suatu masyarakat. Seperti masyarakat atau keluarga yang memiliki kebiasaan untuk selalu berkumpul pada waktu-waktu tertentu, kegiatan pulang kampung tentu menjadi kebutuhan sekunder yang harus dipenuhi. Sedangkan bagi mereka yang tidak memiliki kebiasaan tersebut akan memilih untuk memenuhi kebutuhan yang lain dan menjalin hubungan melalui alat komunikasi yang ada.

Contoh kebutuhan sekunder

  • Perlengkapan rumah

Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer, namun rumah tidak akan berfungsi dengan baik jika didalamnya tidak terdapat perlengkapan yang menunjang fungsi rumah sebagai tempat tinggal. Beberapa contoh perlengkapan rumah misalnya lemari tempat tidur kursi meja rak piring dan sebagainya merupakan suatu kebutuhan sekunder.

Bayangkan saja jika suatu rumah tidak mempunyai lemari, maka tentunya akan membuat bingung pemilik rumah dimana menaruh pakaian, dan tentunya rumah akan jadi berantakan.

  • Kendaraan Pribadi

Mungkin bagi sebagian orang menganggap kendaraan pribadi tergolong sebagai kebutuhan tersier yang sifatnya tidak terlalu penting. Namun sebenarnya kendaraan pribadi justru tergolong sebagai salah satu kebutuhan sekunder apabila alasan seseorang untuk memiliki kendaraan pribadi berkaitan dengan produktivitasnya.

Contohnya bagi seorang pekerja yang memerlukan alat transportasi untuk ke tempat kerja, dengan memakai kendaraan pribadi seperti mobil, motor atau sepeda, tentu ini akan lebih cepat dan efisien

  • Smartphone

Smartphone kini telah menjadi salah satu kebutuhan sekunder yang penting dalam kehidupan sehari-hari.  dengan adanya smartphone seseorang bisa lebih mudah dalam melakukan komunikasi terutama komunikasi dengan seseorang yang jauh.

  • Rekreasi

Menjadi kebutuhan sekunder bagi manusia. Karena dengan rekreasi manusia bisa merasakan rasa senang dan bahagia sekaligus bisa menghilangkan rasa lelah serta jenuh dengan aktivitas yang dilakukan.

  • Olahraga

Olahraga juga merupakan salah satu kebutuhan sekunder karena dengan berolahraga tubuh manusia akan menjadi lebih rileks dan tentunya akan jadi sehat.

  • Jam Tangan

Pada zaman modern seperti sekarang, jam tangan tidak hanya menjadi aksesoris. Namun juga mempunyai beberapa manfaat yang bisa diberikan untuk si pemakai.  misalnya petunjuk waktu yang lebih efisien dan efektif,  penunjang  penampilan, dan untuk mengatur waktu agar lebih teratur dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

  • Peralatan Elektronik

Menjadi salah satu kebutuhan sekunder karena dengan menggunakan alat elektronik, manusia mampu mempermudah pekerjaan, misalnya saja mesin cuci yang mampu mempermudah dan mempersingkat waktu kita dalam mencuci baju. Contoh lainnya seperti vacuum cleaner, kipas angin, dan lain sebagainya.

  • Peralatan belajar

Peralatan belajar menjadi kebutuhan sekunder yang sangat penting apalagi buat seorang pelajar. Contohnya jika seorang pelajar tidak mempunyai pulpen, pensil, buku dan alat tulis lainnya maka tentu saja akan kesulitan dalam mencatat materi pelajaran yang diberikan.

Semua kebutuhan sekunder sebenarnya penting bagi kehidupan manusia meskipun sifatnya hanya sebagai penunjang. Namun dengan terpenuhinya kebutuhan sekunder pastinya akan mempermudah kegiatan manusia sehingga bisa hidup lebih layak, sejahtera, dan lebih makmur.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang contoh kebutuhan sekunder dan penjelasannya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Contoh-contoh Credit Card Scam (Penipuan Kartu Kredit)
Pengertian Kebutuhan Primer vs Sekunder vs Tersier
Contoh Marginal Revenue
Pengertian Kegiatan Distribusi dan Contohnya
Contoh-contoh Konsinyasi
Contoh Surat Kuasa untuk Berbagai Kebutuhan
Mengenal Hirarki Kebutuhan Dalam Piramida Maslow
Apa Itu Barang Komplementer? Berikut Contoh Barang Komplementer
Contoh Surat Ijin Tempat Usaha (SITU)
Contoh Nyata Penawaran Inelastis Sempurna


Bagikan Ke Teman Anda