Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Contoh Tanda Terima Barang

Serah terima barang tidak bisa dilepaskan dari transaksi bisnis, baik barang sebagai bahan bahan baku, barang setengah jadi, maupun barang jadi atau produk akhir yang siap digunakan. Sebenarnya tak hanya dalam transaksi bisnis saja, tetapi juga setiap transaksi untuk berbagai kepentingan.

Proses serah terima barang tentu tidak dilakukan begitu saja, tetapi harus disertai dengan surat tanda terima barang sebagai bukti bahwa barang telah diserahkan oleh penjual dan diterima oleh pembeli. Surat tanda terima barang ini penting sebagai bukti yang harus diarsipkan oleh pelaku bisnis.

Apa itu tanda terima barang?

Tanda terima barang merupakan surat atau dokumen yang berisi tentang informasi detail barang yang menjadi objek transaksi termasuk nama pengirim dan penerima. Surat tanda terima tidak hanya diperlukan untuk serah terima barang saja, tetapi juga benda lainnya seperti dokumen, uang, bahkan jasa atau layanan yang melibatkan kedua belah pihak.

Surat tanda terima barang memiliki peranan yang sangat penting dalam aktivitas dan transaksi bisnis. Sebab berfungsi sebagai bukti transaksi penyerahan dan penerimaan suatu barang, sehingga dapat menghindari kesalahan yang mungkin timbul di kemudian hari, seperti barang tertukar, pengiriman salah alamat, atau bahkan kehilangan. Maka dari itu, guna menghindari kemungkinan terjadinya kesalahan tersebut, dalam surat tanda terima barang dilengkapi dengan detail keterangan barang, nama penerima, dan waktu serta tanggal penyerahan atau penerimaan barang.

Contog sederhana dari surat tanda terima barang ini adalah resi pengiriman barang. Kurir selaku pihak yang mewakili perusahaan pengiriman atau ekspedisi akan selalu meminta tanda tangan dan nama terang penerima ketika menyerahkan barang. Pada resi pengiriman tersebut, kurir juga menambahkan keterangan detail waktu penyerahan barang, mencakup tanggal bahkan jam tepatnya barang diserahkan kepada penerima. Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan munculnya keluhan atau komplain dari pihak penerima bahkan pihak yang mengirimkan barang tersebut.

Fungsi tanda terima barang

Dalam setiap aktivitas bisnis tentu tak lepas dari dokumentasi atau pengarsipan. Dokumen-dokumen yang diarsipkan tersebut digunakan sebagai dasar untuk membuat laporan baik penjualan, keuangan, dan perkembangan bisnis atau perusahaan. Surat tanda terima barang digunakan untuk memantau lancar tidaknya proses pengiriman barang.

Secara umum, surat tanda terima barang dalam aktivitas bisnis memiliki dua fungsi utama, yaitu sebagai berikut.

  • Kontrol internal

Suatu bisnis meski berskala kecil pastilah memiliki aktivitas yang cukup kompleks, sehingga butuh dokumentasi atau pengarsipan setiap aktivitas dan transaksinya. Surat tanda terima barang menjadi salah satu dokumen penting yang harus dimiliki oleh suatu bisnis atau perusahaan agar dapat mengetahui proses dan progres pengiriman barang kepada klien atau pelanggannya. Tak hanya itu, surat tanda terima barang juga berfungsi untuk memastikan bahwa barang pesanan telah dikirimkan kepada klien atau pelanggan dengan kondisi baik, dalam arti tidak ada kerusakan atau hilang.

  • Dokumen perusahaan

Surat tanda terima barang sebagai bukti bahwa barang telah diserahterimakan kepada pihak yang memesan atau membeli barang tersebut. Jadi, surat tanda terima barang ini merupakan dokumen penting bagi perusahaan yang menunjukkan bahwa perusahaan telah menyerahkan barang yang dibeli oleh pelanggan.

Contoh surat tanda terima barang

Surat tanda terima barang merupakan dokumen yang dijadikan sebagai bukti bahwa barang pesanan telah dikirimkan oleh pihak penjual atau perusahaan kepada pihak pembeli. Penggunaan surat tanda terima barang sebenarnya tidak hanya terbatas untuk bisnis yang berorientasi pada perolehan laba saja, seperti perusahaan, toko grosir dan retail, serta yang lainnya. Surat tanda terima barang juga digunakan untuk organisasi sosial sebagai laporan pertanggungjawaban penggunaan donasi kepada para donatur. Bahkan instansi pemerintah pun juga menggunakan dokumen ini sebagai bukti adanya penyerahan barang kepada pihak tertentu.

Format tanda terima barang masing-masing bisnis atau perusahaan bisa jadi tidak sama, karena disesuaikan dengan jenis atau bidang usaha yang dijalankan. Meski demikian, secara umum surat tanda terima barang memuat informasi yang hampir sama, yakni data pengirim dan penerima barang mencakup nama, alamat, telepon, email, dan lain sebagainya. Selain itu juga memuat tentang detail barang yang akan diserahkan. Tak hanya itu, surat tanda terima barang mencantumkan pula waktu penyerahan barang, serta tanda tangan dari pihak pengirim dan juga penerima.  

Contoh format tanda terima barang  1

PT. KAMI MENUJU SEJAHTERA
Jl. Pahlawan Kemerdekaan No. 99 Jakarta
Telepon (021) 9876543; Email: kamimenujusejahtera@gmail.com

Tanda Terima Barang
Nomor: 0101/XIXI/2021

Senin, 19 Juli 2021 telah diterima barang-barang dengan rincian sebagai berikut:

    • Laptop ACER Aspire 3 A314                  : 6 unit
    • Smartphone Oppo A73                          : 10 unit

Barang-barang tersebut telah diterima dalam keadaan baik untuk selanjutnya dipergunakan sebagai perlengkapan kantor divisi keuangan.

       Pengirim,                                                                              Penerima,

 

(Rizal Kurniawan)                                                              (Amanda Hutagalung)

Contoh format tanda terima barang 2

TANDA TERIMA BARANG

Telah diiterima dari : CV. Bangun Abadi
Barang berupa          : Material bangunan berupa semen 20 sak
Yang diterima oleh   : Bapak Jansen Rusli
Untuk keperluan      : Renovasi gedung pertemuan warga

    Malang, 17 Juli 2021

   Penerima                                                        Pengirim

 

(Jansen Rusli)                                               (Rendra Parikesit)

Contoh format tanda terima barang 3

PT. BERKAH ILAHI
Jl. Raya Iman Taqwa No. 1 Yogyakarta
Telp. (0274) 123456
Website: www.berkahilahi.com; Email: berkahilahi@yahoo.com

SURAT TANDA TERIMA BARANG
No. 18/SRAK/XXI/2021

Pada hari Rabu, tanggal 14 Juli 2021, kami yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama     : Muhammad Aryan
Jabatan : Staf Bagian Pengiriman di PT. Berkah Ilahi
Alamat  : Jl. Mencari Hidayah No. 99 Yogyakarta
Selanjutnya akan disebut sebagai Pihak Pertama

Nama     : Mariam Ummu Isa
Jabatan : Pengusaha
Alamat  : Jl. Perjuangan Nasib No. 78 Yogyakarta
Selanjutnya akan disebut sebagai Pihak Kedua

Pihak Pertama telah mengirimkan barang berupa 10 unit motor Honda Varia 110 CBS Advanced kepada Pihak Kedua. Pihak Kedua telah menyatakan bahwa ia telah menerima barang yang dikirimkan oleh Pihak Pertama.

Kedua belah pihak telah sepakat bahwa barang yang dikirimkan tersebut telah sampai dan diterima dalam kondisi baik dan tidak ada kerusakan apa pun. Apabila setelah dilakukan pengecekan ulang, ternyata ditemukan adanya barang yang kondisinya kurang baik atau mengalami kerusakan, maka Pihak Pertama berkewajiban untuk memperbaiki atau menggantinya dengan yang baru.

Selanjutnya segala keperluan dan biaya yang timbul sehubungan dengan barang yang sudah dikirimkan tersebut akan menjadi tanggung jawab sepenuhnya dari Pihak Kedua, kecuali jika ada barang yang mengalami masalah sebelum digunakan.

Demikian surat tanda terima ini dibuat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Yogyakarta, 14 Juli 2021

    Pihak Pertama                                                                                    Pihak Kedua

 

(Muhammad Aryan)                                                                          (Maryam Ummu Isa)

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang contoh tanda terima barang, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Itu Branding?
Macam Usaha Kuliner yang Menguntungkan dan Modal Kecil
10 Kesalahan Dalam Cybersecurity yang Sering Dibuat Oleh Bisnis Kecil
6 Fakta Bisnis Orang Jepang
Contoh-Contoh Kasus Pencurian Identitas
Pelajari Tip-tip Ini Agar Bisnis Baru Anda Berhasil!
Cara Memulai Bisnis Online, Mudah Kalau Tahu Caranya
Apa itu Payment Gateway? Bagaimana Cara Kerja Payment Gateway?
7 Aplikasi Akuntansi Android Sederhana untuk Bisnis Pemula
Apa Keuntungan Dan Kerugian Memulai Bisnis Sendiri?


Bagikan Ke Teman Anda