Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Contoh Tugas Bank Umum yang Perlu Diketahui

Bank Umum merupakan bank yang menjalankan kegiatan dalam menjalankan kegiatan penghimpunan dana masyarakat dan pemberian jasa lalu lintas pembayaran. Bank umum sering disebut dengan Bank Konvensional yang pelayanannya bisa kita gunakan untuk menabung atau untuk mengajukan pinjaman. Pada pembahasan kali ini, kami akan memberikan informasi dengan lebih rinci contoh tugas bank umum. Semoga dengan pembahasan kali ini dapat menambah wawasan bagi Anda dalam mengetahui praktik dari tugas bank umum.

Namun, sebelum itu mari kita ketahui beberapa definisi dari bank umum berdasarkan pendapat para ahli, berdasarkan undang-undang, dan definisi menurut Bank Indonesia. berikut beberapa definisi dari bank umum.

Menurut para ahli, bank umum atau bank komersial merupakan lembaga institusi keuangan yang melaksanakan fungsi intermediasi dan bertujuan pada laba.

Menurut Undang-Undang No. 10 Tahun 1998, Bank umum adalah bank yang melaksanakan kegiatan berdasarkan prinsip konvensional dan syariah yang berfungsi dalam memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.

Menurut Peraturan yang ada di Bank Indonesia, tepatnya No. 9/7/PBI/2007, pengertian dari Bank Umum adalah kegiatan yang memberikan jasa keuangan dalam menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip konvensional dan prinsip syariah.

Tugas Bank Umum

Menurut jenisnya, Bank umum terbagi atas dua jenis yaitu Bank Devisa dan Bank Non Devisa. Contoh dari Bank umum non devisa adalah Bank Panin Syariah, Bank BCA, Bank Dinar Indonesia, dan lain-lain. Sedangkan untuk bank devisa adalah Bank BNI, Bank Bukopin, Bank BRI, Bank Mandiri, dan masih banyak lainnya.

Dalam menjalankan kegiatannya, tentu Bank umum sudah menyusun apa saja tugas dari Bank Umum. Berikut ini adalah tugas dari Bank umum beserta contoh tugas bank umum. Simak informasinya berikut ini.

  • Menghimpun dan Mengumpulkan Dana Dari Masyarakat

Tugas utama dari bank umum di Indonesia adalah menghimpun dana yang didapat dari masyarakat dari seluruh Indonesia. Hasil pengumpulan uang dari masyarakat adalah berupa tabungan dan deposito. Dimana setiap Bank memiliki jenis tabungannya masing-masing.

Untuk mendapatkan dana dari masyarakat, ada banyak sekali cara yang ditawarkan oleh bank umum agar mempermudah proses mengumpulkan dana dari masyarakat. Caranya adalah dengan memudahkan masyarakat untuk bisa setor sendiri uang mereka di mesin ATM, atau menyetorkan uang secara langsung ke teller kantor cabang bank terdekat.

Tujuan dalam penghimpunan dana dari masyarakat ini adalah menjamin keamanan dari uang yang disetorkan masyarakat. Lebih jelasnya, dengan menyimpan uang di bank umum, maka menghindari Anda dari risiko pencurian dan uang Anda juga tidak dimakan hewan. Sehingga hal ini juga memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi masyarakat dalam mempercayakan uang tabungan mereka kepada bank umum kepercayaan mereka.

Contoh tugas dari bank umum ini adalah mengumpulkan dana dengan cara memberikan edukasi kepada masyarakat pentingnya menabung di bank agar lebih aman. Dan Anda juga bisa mendapatkan keuntungan berupa bunga dari uang yang Anda setorkan.

  • Penyalur Dana ke Masyarakat

Selain tugas untuk menghimpun dana dari masyarakat, bank umum juga memiliki tugas dalam menyalurkan dana kembali ke masyarakat luas yang membutuhkan. Dimana ini juga menjadi sumber penghasilan dari bank umum tersebut.

Proses penyaluran dana ini bisa berupa pengambilan tabungan langsung oleh nasabah yang memiliki rekening di bank umum tersebut, atau bisa juga dalam bentuk penyaluran pinjaman kepada masyarakat yang membutuhkan. Dalam hal pinjaman, setiap bank memiliki batas nilai minimal dan maksimal yang kemudian disesuaikan dengan kemampuan nasabah yang meminjam tersebut dalam pembayaran. Besaran nilai pinjaman uang juga bisa disesuaikan dengan jaminan yang diberikan dari kreditur.

Semakin tinggi nilai jaminan maka semakin besar yang bisa didapatkan oleh nasabah tersebut. Tujuan dalam menyalurkan dana masyarakat ke dalam bentuk pinjaman atau kredit ini adalah agar membantu perekonomian berjalan dan bertumbuh dan masyarakat bisa lebih baik dari sebelumnya.

Contoh tugas bank umum ini bisa dalam bentuk pinjaman modal usaha, kredit usaha rakyat, dan jenis pinjaman-pinjaman lainnya.

Demikianlah informasi tugas dari bank umum, semoga informasi tersebut bisa dipahami. Tentunya setiap tugas bank umum tersebut juga diawasi oleh Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan dalam pengaplikasiannya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang contoh tugas bank umum, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu NPL (Non Performing Loan)?
10 Contoh Nama Kafe Unik, Simpel Nan Kekinian
Perbedaan LDR (Loan to Deposit Ratio) vs FDR (Financing to Deposit Ratio)
Contoh Perjanjian Hutang Piutang
Apa Itu Mutual Saving Bank?
Memahami Apa Beda BUKU Bank vs KBMI
Apa itu Rasio Kecukupan Modal – Capital Adequacy Ratio (CAR)?
4 Contoh Investasi Jangka Pendek yang Cocok Untuk Anak Muda
Alasan Bank Umum Harus Menyimpan Saldo Minimal pada Bank Sentral
Apa Itu Sertifikat Wadiah Bank Indonesia?


Bagikan Ke Teman Anda