Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Mengapa Belajar Ekonomi Penting?

Kita mungkin saja kerap mendengar pernyataan yang mengatakan untuk apa belajar ilmu ekonomi? Toh dalam bisnis, orang yang tidak belajar ilmu ekonomi sekalipun bisa menghitung untung ruginya, menetapkan strategi mendapatkan keuntungan dan tindakan-tindakan ekonomi lainya.

Tetapi kalau anda amati kehidupan dari masa ke masa, semua aktifitas manusia berdasarkan ilmu ekonomi. Disadari atau tidak, segala proses untuk kelangsungan hidup berawal dari teori ekonomi yang mungkin sulit dideskripsikan lewat kata-kata. Bahkan manfaat yang didapat dari belajar ekonomi lebih besar ketimbang hanya sekadar jual beli semata.

Pentingnya Belajar Ekonomi

Sebuah tanya yang muncul di masyarakat yang terkadang tidak menyadari bahwa segala bentuk kegiatan yang ia lakukan adalah berdasarkan azas perkeonomian. Coba kita amati cara kita memenuhi kebutuhan  primer kita. Mulai dari pangan, sandang dan papan.

Apakah untuk memenuhi kebutuhan itu kita tidak berpijak pada dasar-dasar ekonomi? Mungkin bila kita tidak menyadarinya itu wajar. Namun bila kita tidak mempraktekkannya itu salah besar.

Setidaknya bila kita belajar ekonomi, berikut beberapa manfaat yang bakal kita dapat:

1. Keseimbangan antara kebutuhan dan pendapatan

Setiap insan di dunia ini sangat ingin memiliki kekayaan yang tinggi. Untuk mendapatkan itu perlu dilakukan dengan melakukan sebuah usaha agar bagaimana caranya dapat memiliki harta yang banyak. Setelah memiliki harta yang banyak, orang tersebut mempunyai keinginan yang banyak pula.

Jadi kesimpulannnya, semakin tinggi pendapatan semakin banyak pengeluaran. Seorang yang memiliki pendapatan terbatas, wajar jika tidak berkeinginan memiliki mobil mewah,cukup untuk memenuhi kebutuhan primernya saja. Di lain pihak, seseorang dengan pendapatan yang tinggi, akan timbul keinginan untuk memiliki barang-barang mewah yang ia taksir dapat dibeli dengan harta yang ia miliki.

2. Standar dalam menentukan kebutuhan

Baik di tingkat pemerintahan, masyarakat, perusahaan dan perorangan, semua golongan tersebut menggunakan ilmu ekonomi dalam mengalokasikan dana yang ada. Sangat tidak relevan bila menggunakan dana terbatas untuk suatu hal yang tidak mungkin didapat dengan ketersediaan uang yang ada.

Inilah mengapa belajar ekonomi itu penting. Anda hanya akan bisa membuat keputusan yang bijak setelah anda belajar mana saja yang menjadi standar kebutuhan dan mana yang tidak.

3. Elemen yang menentukan kebijakan-kebijakan pemerintah

Dengan ilmu ekonomi, memberikan dasar-dasar dan pedoman bagi pemerintah untuk menetapkan suatu keputusan. Misalnya, dalam bidang kesehatan. Apakah perlu ditingkatkan lagi penjaminan kesehatan gratis bagi masyarakat ataukah malah sektor swastanisasi yang harus didukung penuh untuk dapat meraih keuntungan secara finansial?

Hal ini semua tergantung dari prediksi secara ekonomi oleh para pakar-pakar ekonom yang bertanggung jawab memberi informasi terakurat pada saat ini yang nantinya disaring dan dimusyawarahkan bersama di kalangan pemerintahan.

4. Ekonomi berperan penting dalam penggunaan SDA

Disaat kita tahu pasti bahwa tidak semua sumber daya alam dapat diperbaharui, bahkan ternyata lebih banyak sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui yang telah selama ini menopang kehidupan kita. Kita ambil contoh, sumber daya alam gas dan minyak bumi. Kelangkaan gas dan minyak bumi ini mendorong kita menerapkan ilmu ekonomi agar bagaimana caranya kita bisa tetap survive ditengah minimnya ketersediaan itu.

Hal ini pula yang mendorong kita mencari altenatif lain sebagai pengganti sumber daya tadi. Lewat ilmu ekonomi pula kita dipaksa mampu menciptakan sumber daya alam lain seperti menggunakan energi matahari dan panas bumi sebagai sumber energi lain.

5. Mengatur dunia pasar bebas

Secara global, pasar bebas dewasa ini telah merambah hamper seluruh belahan dunia ini. Terjadinya transaksi lintas benua bukanlah hal baru lagi. Apalagi ditunjang dengan jaringan internet yang luas memudahkan manusia untuk berkongsi dengan siapapun dan dimanapun. Bila semua ini berlangsung aman-aman saja tentu bukanlah masalah.

Namun dibalik itu semua tekadang kita mendengar cerita minus akan kegagalan transaksi yang kita percaya selama ini. Penipuan menjadi monster mengerikan dalam dunia pasar bebas.

Ilmu ekonomi haruslah dipergunakan dengan bijak dalam mengatasi hal ini. Perlu adanya suatu kebijakan untuk meminimalisasi terjadinya kecurangan. Adanyan aturan yang mengendalikan dunia pasar akan sangat bermanfaat bagi semua pihak.

6. Menginvestigasi kemiskinan dan masyarakat marginal

Ekonomi harus menjadi poros dalam mengindetifikasi jumlah kemiskinan di tiap daerah. Tingkat pengangguran dan kriminalitaspun menjadi sasaran bagi para pelaku ilmu ekonomi. Harus adanya upaya nyata mengentaskan kemiskinan bukan hanya tugas pemerintah semata. Sektot swasta menentukan jumlah ketersediaan pekerjaan dan home industry adalah jawabannya.

Namun tanapa adanya ilmu ekonomi, hal ini aka sulit diprediksi secara jelas dan kongkret. Perlu ada statistik data yang akurat dan up to date dalam menentukan kebijakan yang akan menjadi keputusan besar ini.

7. Memahami perilaku manusia

Ekonomi selain ilmu yang memang berisakan tentang fakta yang dapat dijelaskan secara matematika, ternyata mampu mengidentifikasi perilaku sosial manusia. Dengan kebutuhannya sebagai mahluk sosial, manusia berinteraksi satu sama yang lain. Menukar barang, menjual dan membeli barang adalah bentuk nyata kegiatan manusia.

Dengan mengamati jalannya hubungan manusia ini, ilmu ekonomi dapat menyerap bahwa tidak semua manusia itu memiliki kecenderungan yang sama. Perilaku ini dapat dideskripsikan dengan harga jual. Contoh kecilnya adalah ada saatnya manusia rela medapatkan barang yang diinginkannya dengan harga tinggi, sementara di lain waktu begitu susahnya mengeluarkan uang yang jauh lebih kecil untuk memenuhi kebutuhan lain yang ia rasa tidak atau kurang berguna baginya.

Faktor-faktor yang menjadikan alasan mengapa kita perlu mempelajari ilmu ekonomi tidaklah terbatas hanya pada uraian diatas. Ada banyak lagi elemen-elemen yang mengharuskan kita menerapkan ilmu ekonomi dalam keseharian kita. Semoga bahasan kita kali ini bermanfaat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang alasan mengapa belajar ekonomi itu penting, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Hukum Permintaan?
Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Keuangan
Bagaimana Cara Menghitung Pertumbuhan Ekonomi?
Apa Itu Stabilitas Sistem Keuangan?
Belajar Sistem Penganggaran Metode Amplop
Belajar dari Krisis di Venezuela
Mengapa Harus Belajar Bahasa Lokal Saat Travelling?
Ada Apa dengan Krisis Ekonomi di Turki?
Belajar Giat tapi Tak Kunjung Sukses, Mengapa?
Hal-hal yang Harus Dilakukan Ketika Krisis Ekonomi


Bagikan Ke Teman Anda