Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ide Bisnis Menjelang Natal

Semakin dekat waktu Natal, semakin terasa pula euforia hari libur. Tempat-tempat hiburan mulai dipenuhi dengan pohon natal, mistletoe, bahkan orang-orang yang memakai kostum sinterklas. Bayangan berkumpul bersama keluarga dan kerabat untuk hari raya pasti membuat Anda sangat bahagia.

Selain semua hal yang menyenangkan, Natal membawa beban tersendiri bagi sebagian orang yaitu membeli kado untuk orang-orang tersayang. Hal ini tentu bukan masalah sepele karena harga kado Natal yang tidak murah.

Anda bisa menyiasati pembengkakan pengeluaran saat Natal dengan memanfaatkan momen tersebut untuk menambah pundi-pundi Anda. Manfaatkan momen Natal untuk menjalankan bisnis kecil-kecilan yang hasilnya bisa Anda gunakan untuk membeli kado Natal.

Ini dia beberapa ide bisnis selama liburan yang bisa Anda lakukan. Tidak perlu modal besar, jika dijalankan dengan baik Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan.

1. Berjualan Makanan Khas Natal

Salah satu yang paling ditunggu-tunggu saat Natal datang adalah makanan khas-nya. Di musim liburan seperti ini, sebagian besar orang cenderung berbelanja besar-besaran, termasuk dalam hal makanan. Anda bisa menjadikan momen ini sebagai peluang bisnis yang baik.

Kalau Anda pandai memasak, buatlah kue-kue dan jajanan khas Natal lalu jual pada keluarga, kerabat, atau teman-teman. Anda juga bisa memasarkan produk Anda secara online. Ku-ekue khas Natal cukup mudah dibuat dan tidak memerlukan bahan-bahan yang ribet. Gingerbread, Christmas cookies, dan banyak lagi jajanan yang bisa Anda jual di musim Natal.

2. Membuat Pernak Pernik dan Dekorasi Natal

Tidak ada yang orang yang tidak mendekorasi rumahnya saat Natal tiba. Pohon Natal, lampu, dan ornament khas Natal lainnya pasti memenuhi setiap sudut rumah. Salurkan kreativitas Anda menjadi bisnis yang menguntungkan.

Pernak pernik Natal seperti kaos kaki sinterklas, lampion natal, bola-bola Natal, dan rangkaian bunga bisa Anda buat sendiri. Barang-barang yang khas Natal yang menggemaskan ini pasti menarik minat orang lain untuk membelinya. Anda bisa mendapatkan keuntungan besar jika memanfaatkan barang bekas. Jadi, tidak perlu mengeluarkan modal yang besar bukan?

3. Menjual Baju-Baju Bekas

Semua orang ingin terlihat sempurna saat hari Natal. Mereka akan berkumpul bersama keluarga, kerabat, dan reuni bersama teman-teman lama. Berbelanja baju baru pun menjadi hal yang tidak terhindarkan untuk menunjang penampilan mereka.

Buka lemari Anda, keluarkan baju-baju yang jarang dipakai dan masih dalam kondisi bagus. Jual baju-baju Anda di bazaar yang diadakan di pusat-pusat hiburan atau di acara car free day pada hari Minggu. Jika Anda punya sedikit modal, Anda bisa membeli baju-baju dengan harga miring untuk dijual kembali.

4. Jasa Pembungkusan Kado

Bertukar kado adalah kebiasaan yang tidak boleh dilewatkan saat Natal tiba. Bukalah jasa pembungkusan kado yang modalnya sangat sedikit. Anda cukup menyiapkan bungkus kado, pita, dan kartu nama. Percaya atau tidak, banyak orang yang membutuhkan jasa ini. Entah karena mereka terlalu sibuk untuk membungkus kado atau mereka menginginkan kado mereka dibungkus dengan cara yang unik.

Mulailah promosi pada teman dan keluarga Anda. Sesuaikan ongkos jasa dengan besar kado yang dibungkus, model yang diinginkan, dan hiasan yang diminta oleh klien Anda.

5. Jasa Titip Beli Hadiah

Masih berkaitan dengan hadiah, selain tidak sempat membungkus, ternyata banyak orang juga tidak sempat untuk membeli kado. Hal ini bisa saja terjadi apabila hari Natal tiba di pertengahan minggu dan terjepit hari kerja.

Untuk orang-orang sibuk yang tidak punya waktu untuk membeli hadiah, Anda bisa menyediakan jasa titip beli. Tanyakan saja apa hadiah yang mereka inginkan, lalu berikan beberapa rekomendasi untuk dipilih. Jasa personal shopper sangat menjanjikan karena banyak orang yang lupa membeli kado sementara hari Natal sudah sangat dekat.

Anda bisa memasang tarif jasa berdasarkan berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk memilih barang (biasanya setiap jam) dan berapa banyak barang yang harus dibeli.

6. Jasa Foto Kartu Natal

Meski bertukar kartu Natal jarang dilakukan, namun masih ada beberapa keluarga yang mempertahankan tradisi ini. Terutama bagi keluarga yang baru saja punya anak, mereka pasti ingin memamerkan bayi mereka.

Jika Anda memiliki hobi atau keahlian dalam bidang fotografi, manfaatkan bakat Anda untuk menyediakan jasa foto bagi orang-orang yang ingin membuat foto keluarga di hari Natal. Anda bisa membuat studio kecil-kecilan di rumah, lengkap dengan pernak-pernik Natal yang lucu. Biaya yang harus dikeluarkan tentu lebih murah dari pada berfoto di studio.

Klien Anda dapat mempromosikan bisnis baru Anda dengan cepat melalui mulut ke mulut. Minta mereka untuk mengunggah hasil foto di akun media sosial milik mereka. Berikan banyak promo menarik seperti diskon atau desain kartu Natal gratis untuk mengundang banyak peminat.

7. Jasa Pembuatan Parcel Natal

Kebiasaan lain yang menjadi tradisi di hari Natal selain bertukar kado adalah mengirim parcel. Jika kado sifatnya pribadi, parcel biasanya dikirim atas nama keluarga atau lembaga. Harga parcel sendiri juga tidak main-main lho.

Tawarkan jasa pembuatan parcel dengan harga yang lebih murah pada teman-teman atau perusahaan Anda sendiri. Anda bisa membeli isi parcel dengan harga miring jika berbelanja di pusat grosir. Buatlah parcel semenarik dan sekreatif mungkin.

Ide-ide bisnis di hari Natal yang dituliskan di atas tidak memerlukan modal besar untuk memulainya dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Membuka bisnis musiman adalah solusi terbaik jika Anda sedang mencari uang tambahan untuk menutup pengeluaran di hari Natal.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang ide bisnis menjelang Natal, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



10 Kesalahan yang Bakal Mengakhiri Bisnis Startup Kamu
8 Etika Bisnis dalam Kehidupan Sehari-hari
Tip Mencari Ide Nama Brand
Cara Membuat Bisnis Anda Lebih Menonjol dari Pesaing
Apa Itu Agile Leader?
Apa Itu Marketing?
Kesalahan dalam Jualan Online
Keuntungan dan Kerugian Knowledge Management
Apa Itu Antitrust Law?
Apa itu Tenor Pinjaman?


Bagikan Ke Teman Anda