Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Untuk Apa Dana Darurat?

Hidup tidak selalu berjalan sesuai rencana Anda. Bahkan ada saat-saat dimana kejadian tak terduga terjadi, dan hal itu bisa membahayakan keuangan Anda. Pada kondisi tersebut, Anda akan membutuhkan dana darurat untuk menutup biaya.

Mengalokasikan dana darurat rasanya mustahil jika Anda masih mengalami kesulitan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Sebagian besar orang dengan kasus yang sama biasanya memiliki tabungan yang sangat sedikit, atau bahkan tidak sama sekali.

Namun kejadian tidak terduga seperti kehilangan pekerjaan atau biaya kesehatan mendadak akan menguras tabungan Anda dalam waktu singkat. Bahkan, Anda harus berhutang untuk menutup semua biayanya.

Menurut ahli keuangan, seseorang harus menyisihkan uang setidaknya setara dengan 6 bulan biaya hidup sebagai dana darurat. Angka ini tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan hidup, apakah Anda memiliki anak atau hidup dengan pasangan, jumlah hutang yang dimiliki, dan asuransi yang harus dibayar.

Semakin besar jumlah uang yang disishkan, maka semakin baik pula kondisi keuangan Anda. memiliki terlalu banyak tabungan tidak akan pernah merugikan bagi Anda.

Keuntungan terbesar dari memiliki dana darurat adalah, Anda dapat mengatasi kebutuhan finansial yang tidak terduga tanpa harus menambah jumlah hutang Anda. Inilah langkah yang sangat penting agar Anda terbebas dari hutang.

Apa manfaat dana darurat dalam kehidupan Anda yang sebenarnya? Inilah beberapa kondisi dimana Anda akan sangat membutuhkan keberadaan dana darurat.

  • Biaya kesehatan yang tidak terduga

Anda tidak akan pernah tahu kapan Anda jatuh sakit, atau kapan keluarga Anda akan mengalami kecelakaan. Kejadian ini berlangsung secara tiba-tiba dan kemungkinan membutuhkan biaya perawatan yang sangat besar. Tentu saja Anda harus menyiapkan biaya dalam waktu singkat untuk menutup semua pengeluarannya. Bahkan jika Anda telah memiliki asuransi kesehatan, Anda tetap harus membayar biaya pengobatan dan perawatan yang tidak ditanggung oleh mereka.

  • Biaya perjalanan yang tidak terduga

Saat ini Anda hidup jauh dengan orang tua Anda. Suatu hari Anda menerima kabar orang tua Anda jatuh sakit dan dirawat di rumah sakit. Anda harus segera pulang ke rumah untuk memastikan keadaanya. Belum lagi jika orang tua Anda tidak bisa membiayai perawatannya sendiri. Sejumlah uang dalam jumlah besar akan Anda butuhkan. Jika Anda tidak memiliki dana darurat, Anda tidak mempunyai pilihan selain menambah hutang Anda, yang akan memberatkan kehidupan finansial Anda nantinya.

  • Biaya hidup sehari-hari

Anda bisa kehilangan pekerjaan Anda kapan saja, apalagi jika perusahaan tempat Anda bekerja tidak memberikan jaminan pesangon yang besar. Anda kehilangan sumber pendapatan Anda, sementara hidup harus terus berjalan. Pengeluaran sehari-hari akan terus ada sekalipun Anda tidak bekerja. Kegunaan dana darurat adalah untuk menutup biaya hidup sehari-hari sampai Anda menemukan pekerjaan baru. Itulah mengapa jumlah dana darurat setidaknya cukup untuk biaya hidup selama 3 sampai 6 bulan sembari Anda mencari pekerjaan.

  • Biaya perbaikan rumah

Rumah Anda tidak akan mengalami kerusakan setiap hari. Namun sekali saja rumah Anda bermasalah, biaya yang dibutuhkan mungkin lebih besar dari biaya lain. Pintu dan jendela rumah akan lapuk karena hujan dan panas. Jika tidak diganti, setidaknya Anda perlu mengecat ulang. Biaya yang harus dikeluarkan meliputi pembelian cat dan membayar tenaga tukang cat. Begitu pula dengan atap yang bocor atau kran wastafel rusak. Semua kerusakan ini dapat terjadi di luar dugaan Anda dan jika tidak segera dibereskan, kerusakannya bisa menjadi semakin parah.

  • Biaya perbaikan mobil/motor

Dibandingkan dengan rumah, kendaraan lebih mudah mengalami kerusakan. Kendaraan adalah kebutuhan transportasi utama, sehingga kerusakannya tidak bisa diabaikan begitu saja. Jika kerusakan mobil/motor cukup parah, Anda mungkin harus mengganti beberapa bagiannya dan mengeluarkan uang yang banyak untuk itu. Beraktivitas tanpa memiliki kendaraan sendiri akan menambah besar pengeluaran Anda.

Dana darurat sebaiknya disimpan di rekening berbeda untuk mencegah Anda menggunakannya untuk kepentingan yang tidak perlu.

Bagaimana Mengelola Dana Darurat?

  • Tentukan besaran dana darurat

Buat rekapitulasi pengeluaran bulanan yang meliputi sewa rumah, tagihan rumah tangga, belanja bahan pokok, tagihan kartu kredit, biaya asuransi, dan lain sebagainya. Total semua biaya tersebut dan kalikan 6 untuk mendapatkan dana yang bisa menutup biaya hidup selama 6 bulan. Angka tersebut bisa berubah sesuai dengan kebutuhan, tujuan, dan kemampuan finansial Anda.

  • Pangkas pengeluaran

Cara terbaik untuk berhemat dan menyisihkan uang adalah dengan memangkas pengeluaran yang tidak perlu. Memasak di rumah daripada makan di luar dan meminjam DVD film daripada menonton di bioskop adalah langkah penghematan termudah yang bisa Anda terapkan.

  • Hindari penggunaan kartu kredit

Kartu kredit adalah hutang. Anda akan sulit keluar dari lilitan hutang jika Anda terus menambah jumlah setiap bulan. Jika Anda tidak bisa membeli suatu barang secara tunai, jangan memaksakan diri untuk membeli dengan berhutang. Untuk menghindari dorongan impulsif saat berbelanja, hindari terlalu sering berselancar di online shopping dan kurangi frekuensi jalan-jalan ke mall.

  • Gunakan pemotongan otomatis

Banyak bank yang kini menyediakan fitur pemotongan otomatis setiap bulan dan jumlahnya akan diakumulasikan dalam tempo tertentu (6 bulan atau 1 tahun). Fitur ini bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan dana darurat Anda agar tidak terpakai untuk kebutuhan yang tidak perlu.

  • Jangan menyentuh dana darurat kecuali saat keadaan darurat

Jika dana darurat Anda sudah terkumpul cukup banyak, jangan pernah tergoda untuk menggunakannya kecuali Anda benar-benar dalam keadaan darurat yang mendesak.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang manfaat dana darurat, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Trik Menghemat Uang Saat Traveling
Tips Mengatur Keuangan untuk Generasi Milenial
Apa Itu Wealth Management?
Tips Cepat Mengatur Keuangan yang Baik
Kalau Mau Jadi Milyader, Harus Mulai dari Mana?
Tip Menghemat Uang dari Marie Kondo
7 Tip Menghemat Biaya Tiket Pesawat
Tips Mengelola Anggaran Keluarga Secara Umum
Tip Berlibur Keluarga dengan Harga Hemat
Tip Finansial untuk Kelas Menengah


Bagikan Ke Teman Anda