Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Membuat Bisnis Level Internasional

Tak bisa dipungkiri, akses internet super cepat telah membuka banyak peluang pasar internasional untuk semua jenis skala bisnis. Teknologi sangat memungkinkan berbagai perusahaan di seluruh dunia untuk bisa mengembangkan bisnis level internasional.

Namun, tak sedikit bisnis yang gagal ketika memasuki tahap ini karena sebagian besar pebisnis memperlakukan geografi yang berbeda sebagai pasar terstandarisasi. Dengan begitu, mereka akhirnya mengabaikan soal realitas ekonomi, sosial, dan politik yang sudah pasti jelas berbeda.

Perlu diketahui, ekspansi bisnis level internasional merupakan suatu proses pembelajaran yang menuntut fleksibilitas, ketangkasan, dan kemampuan dalam beradaptasi. Perkembangan baru dan juga pengalaman juga patut diambil dengan langkah yang tepat serta penuh percaya diri demi mencapai kesuksesan dalam skala bisnis apapun.

Strategi Membangun Bisnis Level Internasional

Berikut ini ada beberapa cara paling efektif untuk membantu kamu dalam membangun bisnis yang mampu berkembang secara internasional, di antaranya:

  1. Memahami pentingnya arti riset bisnis

Salah satu kunci keberhasilan dalam mengembangkan pasar baru apalagi pasar mancanegara adalah memastikan produk yang hendak kamu pasarkan bisa diterima dengan baik oleh target. Hal ini bisa terjadi, saat kamu melakukan sejumlah riset bisnis terhadap produk yang ditawarkan, kompetitor, dan pasar tempat produk tersebut akan dipasarkan.

Pemahaman akan nuansa bahasa lokal, perbedaan budaya, persyaratan dan preferensi pelanggan, kerangka kerja peraturan, dan operasi industri bisa membantumu dalam menyusun strategi yang terbaik. Tentu saja, strategi semacam ini bertujuan untuk mencapai keberhasilan, pertumbuhan, dan skala bisnis dalam jangka panjang di pasar internasional.

  1. Memetakan segmentasi produk, analisis peluang, dan ukuran pasar level internasional

Setelah kamu melakukan riset yang disarankan, langkah selanjutnya adalah memilih pendekatan terbaik untuk berhasil memecahkannya. Memetakan potensi pertumbuhan bisnis di masa depan, menganalisis persaingan dan menentukan ukuran pasar harus jadi prioritas utama kamu sebagai pebisnis. Pasalnya, wawasan semacam ini bisa membantu kamu mengukur berapa banyak waktu dan sumber daya yang perlu diinvestasikan demi mendapatkan nilai optimal.

Di samping itu, penting juga bagi kamu untuk mengidentifikasi sekaligus memisahkan tantangan pasar yang ada. Jangan lupa juga untuk memikirkan bagaimana cara mengubah itu semua menjadi peluang yang menjanjikan. Analisis mendalam seperti ini memungkinkan kamu untuk mengembangkan produk ataupun layanan yang nantinya bisa disesuaikan demi menjangkau setiap demografi target konsumen. Dengan begitu, peluang pendapatan pun bisa dimaksimalkan.

  1. Meningkatkan kualitas produk yang hendak dipasarkan di kancah internasional

Kualitas adalah faktor penentu laku atau tidaknya suatu produk di pasar internasional. Ketahuilah, konsumen di pasar internasional tidak akan terlalu peduli jika harga apabila kualitas yang kamu tawarkan memang di atas rata-rata.

Hal ini cukup berbeda dengan pasar Indonesia di mana harga murah masih sangat mendominasi meski kualitas yang ditawarkan lebih rendah. Oleh sebab itu, kamu perlu meningkatkan kualitas hingga mencapai standar internasional.

  1. Memasarkan produk limited edition

Selain memperhatikan kualitas barang, kamu juga bisa mencoba untuk memproduksi barang limited edition, terutama untuk pasar di kawasan Eropa. Barang edisi terbatas semacam ini bisa membuat konsumen semakin penasaran terhadap keistimewaan barang tersebut sehingga daya beli mereka meningkat dengan sendirinya.

Pahamilah, kunci utama dari trik bisnis level internasional satu ini adalah kualitas seperti yang telah disebutkan di atas supaya nilai produk tersebut semakin tinggi. Ketika suatu produk yang kamu tawarkan terbatas dan berkualitas tinggi, maka harga jual yang kamu tetapkan pun juga bisa dipatok tinggi.

  1. Memanfaatkan internet sebagai media promosi paling mumpuni

Memasarkan suatu produk bisnis melalui internet merupakan hal wajib yang patut dilakukan jika kamu ingin membuat bisnis level internasional secara cepat. Sebab, internet mampu menghubungkan beberapa pembeli dalam satu media dengan biaya lebih murah sehingga komunikasi yang terjalin antara penjual dan pembeli bisa berjalan lancar.

Selain itu, internet juga akan memudahkan kamu sebagai pelaku usaha ketika melakukan promosi. Kamu bisa memanfaatkan media sosial, website, hingga e-commerce yang saat ini sedang digandrungi di pasar internasional.

Meski begitu, kamu juga harus lebih waspada ketika hendak melakukan kerja sama dengan media partner dalam pemasaran produk jika mengingat banyaknya kasus penipuan melalui internet yang semakin meningkat. Apabila kamu merasa ada yang janggal dan mencurigakan, maka sebaiknya tidak melakukan kerja sama dalam bentuk apapun untuk meminimalkan risiko kerugian di kemudian hari.

  1. Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik

Apabila kamu ingin membuat bisnis level internasional, maka kamu perlu mengasah kemampuan berkomunikasi yang baik sebelum akhirnya terjun ke dunia perdagangan kancah global. Komunikasi yang dimaksud bukan hanya sebatas menjalin kerja sama dengan negara tujuan, yang telah ditargetkan, tapi kamu juga perlu menguasai beberapa bahasa asing lainnya. Hal ini penting untuk dilakukan demi memperluas wilayah usaha di masa mendatang.

Meski saat ini pelaku usaha semakin dimudahkan dengan adanya terjemahan bahasa asing secara daring, tapi sebaiknya kamu bisa berkomunikasi secara mandiri tanpa bantuan media apapun.

  1. Memastikan legalitas badan usaha

Cara membuat bisnis level internasional berikutnya adalah memastikan produk yang hendak dipasarkan telah memiliki legalitas yang jelas dari pemerintah sesuai UU yang berlaku di Indonesia. Hal ini penting untuk dilakukan sebelum kamu bersiap memasuki pasar internasional supaya produk tidak ditolak ketika hendak dikirimkan ke luar negeri.

Adapun beberapa legalitas usaha meliputi, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Surat Izin Perdagangan Usaha (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Bukan hanya itu saja, kamu juga perlu menyiapkan surat keterangan asal, faktur perdagangan, surat pernyataan mutu, dan wesel ekspor yang jadi syarat mutlak eksportir.

  1. Memahami dampak peraturan resmi dan hukum terhadap bisnis level internasional

Sebenarnya poin satu ini tergantung pada jenis industri yang kamu geluti. Kamu mungkin bakal menghadapi banyak tantangan berupa peraturan dan hukum yang unik saat berekspansi ke negara lain. Hal ini tak bisa diabaikan demi memiliki bisnis yang beroperasi di target pasar.

Selain permasalahan legalitas badan usaha, kamu juga harus mampu menangani segala aspek seperti prosedur investasi dan bisnis, penyelesaian sengketa, praktik organisasi perusahaan, persyaratan merek dagang, bea cukai, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, seorang pebisnis yang ingin bergerak ke arah internasional selalu disarankan untuk mencari panduan hukum yang berpengalaman. Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi ancaman dan risiko yang bisa saja jadi penghalang keberlangsungan bisnis itu sendiri.

  1. Membangun keterampilan bisnis level internasional

Mengingat keinginanmu untuk membangun bisnis di tingkat internasional, maka yang perlu kamu siapkan adalah orang-orang dengan keterampilan internasional pula. Terutama dari sisi bahasa, negoisasi, hingga strategi pemasarannya.

Kamu bisa memanfaatkan orang-orang di negara di mana produk tersebut akan dipasarkan. Namun, kamu juga bisa memilih untuk tetap bersama tim lokal yang dimiliki, tapi latih mereka dengan bahasa dan keterampilan internasional yang mumpuni.

  1. Menggunakan metode pembayaran secara internasional

Kamu wajib menyediakan rekening bank yang berlaku secara internasional supaya memudahkan transaksi jual beli. Umumnya, para pelaku usaha bisnis internasional semacam ini menggunakan kartu debit ataupun kartu kredit berlogo MasterCard, Visa, American Express, hingga PayPal. Berbagai metode pembayaran ini biasanya dihubungkan dengan rekening pribadi sehingga semakin memudahkan calon konsumen dalam bertransaksi.

Namun yang perlu kamu ketahui, biaya administrasi yang dibayarkan setiap bulan tentu lebih mahal ketimbang rekening bank lokal. Oleh sebab itu, sebaiknya pilih satu jenis bank dengan biaya administrasi paling rendah dan terjangkau. Jangan lupa untuk memperhatikan akses, fasilitas, dan keuntungan yang ditawarkan supaya bisa dijadikan bahan pertimbangan.

Dari beberapa cara di atas bisa disimpulkan, bahwa membuat bisnis berskala global ternyata melibatkan banyak sekali seluk beluk dan risiko. Namun, perencanaan yang cermat, penetapan harapan yang realistis, dan alokasi sumber daya yang dioptimalkan bisa membantu memaksimalkan peluang kamu untuk membuat bisnis level internasional yang sukses. Semoga membantu, ya!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara membuat bisnis level internasional, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Bagaimana Cara Menolak Pelanggan Secara Halus
7 Aplikasi Akuntansi Android Sederhana untuk Bisnis Pemula
Cara Mendapatkan Uang dengan Menjadi Influencer di Sosial Media
Apa Itu Spin Off dalam Perusahaan / Bisnis?
Contoh Model Bisnis Kanvas
Memahami Apa Itu Purchase Order
Cara Menghitung Profit di UKM yang Benar
Ide Bisnis Dim Sum
Inilah 4 Kekuatan Bisnis Orang Yahudi yang Perlu Anda Tahu
15 Cara Jadi Miliarder Sukses di Usia Muda


Bagikan Ke Teman Anda