Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Kerugian Buka Usaha Laundry, Yakin Mau Usaha Ini?

Saat ini banyak sekali berbagai jenis usaha bermunculan, salah satunya adalah usaha laundry. Saat ini banyak bisnis bermunculan yang dapat dilakukan dirumah saja dengan modal terbatas. Salah satunya adalah usaha laundry, usaha ini memang banyak sekali muncul di berbagai tempat belakangan ini. Katanya, bisnis laundry dinilai menjanjikan keuntungn yang berlipat ganda.

Namun, sebenarnya tergantung dengan usaha masing-masing ya, bukan berarti Anda membuka usaha laundry maka Anda jelas mendapatkan keuntungan begitu saja. Untuk memahami tentang usaha satu ini, mari simak artikel berikut.

Apa Itu Usaha Laundry?

Laundry berasal dari kata yang berkaitan dengan kegiatan mencuci. Kegiatan tersebut dihubungkan dengan kegiatan mencuci bahan tekstik dan lain sebagainya. Sehingga istilah laundry menghubungkan kegiatan mencuci dengan tempat mencuci pada waktu dan tempat yang bersamaan. Sudah jelas bahwa usaha laundry merupakan usaha bidang jasa yang menyediakan jasa pencucian pakaian.

Usaha laundry pertama kali muncul di Amerika, kemudian menyebar ke seluruh dunia. Di Amerika, dulu banyak sekali imigran dari China yang datang sebagai tenaga kerja industry pertanian, terlebih saat itu negaranya sedang kacau. Kemudian salah satu imigran China membuka jasa mencuci pertama di seluruh dunia. Dan hal inilah yang membuat para imigran China membuka usaha yang sama di Amerika sehingga perkembangan usaha laundry kian pesat ke seluruh dunia.

Mengapa Usaha Laundry Dibutuhkan Masyarakat?

Ada beberapa hal yang membuat usaha ini sangat dibutuhkan masyarakat, adapun diantaranya sebagai berikut:

  1. Masyarakat tidak ada waktu mencuci pakaian karena kesibukannya sehari-hari. Umumnya, pelanggan laundry adalah orang-orang yang aktivitasnya padat yang bekerja di kota besar. Meski mencuci adalah aktivitas sederhana yang bisa dilakukan di akhir pekan sekalipun, mungkin saja mereka menghabiskan waktu akhir pekan untuk beristirahat. Karena mencuci membutuhkan waktu untuk tahap seperti membilas, menjemur, melipat pakaian hingga mencerita.
  2. Adanya jasa laundry membuat masyarakat sibuk memilih menyerahkan pakaian kotornya kepada jasa tersebut dan memilih untuk mengisi waktu luangnya dengan beristirahat.

Keuntungan dan Kerugian Usaha Laundry

Bicara mengenai keuntungan membuka usaha laundry memang tidak perlu diragukan lagi. Namun, disamping keuntungan tersebut terdapat kerugian yang melengkapinya. Untuk itu, berikut merupakan keuntungan dan kerugian membuka usaha laundry.

  • Keuntungan

Keuntungan membuka usaha laundry diantaranya sebagai berikut:

1. Mengikuti perkembangan zaman

Dengan adanya mesin cuci yang canggih, cara orang untuk mencuci tentu menjadi semakin mudah. Dengan demikian kemudahan ini bisa dimanfaatkan sebagai bentuk penghasilan. Disamping itu, banyak masyarakat di kota padat yang terlalu sibuk di hari biasa dan ingin beristirahat di akhir pekan sehingga banyak dari mereka tidak ada waktu untuk mencuci dengan begitu jasa laundry menjadi pilihan utama mereka.

2. Mudah dipelajari

Kegiatan laundry semuanya tidak membutuhkan keahlian khusus. Terlebih dengan adanya mesin yang canggih sehingga proses mencuci menjadi lebih mudah dan praktis.

3. Bisa buka usaha dimana saja

Untuk membuka usaha laundry, menariknya Anda tidak membutuhkan tempat khusus seperti ruko atau gudang. Anda bahkan bisa melakukan usaha ini dirumah saja. Meski demikian, jika usaha laundry Anda cukup besar sebaiknya Anda menyediakan ruang atau tempat khusus untuk melakukan usaha ini.

  • Kerugian

Setelah mengetahui keuntungan dari usaha laundry, sebaiknya kita juga perlu mengetahui kerugian dari membuka usaha ini, berikut diantaranya:

1. Persaingan yang cukup tinggi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa usaha laundry merupakan usaha yang cukup banyak bermunculan belakangan ini. Sehingga bisa dikatakan bahwa jika Anda membuka usaha ini, maka Anda bisa memiliki persaingan yang cukup tinggi. terlebih jika toko laundry Anda terbilang masih baru. Karena bisa saja usaha saingan Anda sudah memiliki pelanggan tetap.

2. Kendala akan cuaca

Mesin cuci saat ini sudah dilengkapi teknologi pengering yang canggih. Meski demikian, tidak semua mesin pengering benar-benar membuat pakaian yang telah dicuci menjadi kering. Terkadang Anda membutuhkan sinar matahari untuk membantu lebih mengeringkan pakaian konsumen. Namun, jika cuaca hujan ini akan menjadi kendala bagi Anda, terlebih jika konsumen hendak segera mengambil laundry mereka.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang kerugian buka usaha laundry, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tipe-Tipe Orang yang Bakal Gagal Berbisnis
Perbedaan Evolusi & Revolusi, Mana yang lebih Cocok untuk Bisnis Kamu?
7 Cara Memvalidasi Sebuah Ide
Bagaimana Caranya Membuat Brand Kecil yang Mudah Diingat?
Keuntungan Dan Kerugian Usaha Patungan (Joint Venture)
Tips Memilih Nama yang Tepat untuk Bisnis Cafe Anda
Perbedaan Managemen Bisnis vs Administrasi Bisnis
Contoh-Contoh Bisnis Kecil Yang Berpeluang Untuk Sukses Di Masa Covid-19
Mengenal Apa Itu KPI dan Cara Mengaplikasikanya dalam Bisnis
9 Pertanyaan yang Sering Diajukan Ketika Membuka Bisnis Baru


Bagikan Ke Teman Anda