Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Mau Memulai Usaha? Hindari Kesalahan Entrepreneur Ini!

Siapa sih yang tak ingin menjadi pengusaha atau entrepreneur sukses dan kaya raya. Namun, semua itu tidaklah mudah, perlu kerja keras, komitmen dan dedikasi tinggi untuk bisa mencapai puncak. Dalam bidang apapun anda berusaha, kalau anda mudah menyerah, kesuksesan akan sulit anda dapatkan.

Selain membutuhkan modal usaha, seorang entrepreneur harus memiliki attitude yang baik. Beberapa entrepreneur jatuh saat usaha telah berkembang, beberapa ada yang menyerah saat baru memulai, sisanya sudah berhenti sebelum usaha dijalankan. Tentu anda tak ingin menjadi bagian dari mereka bukan? Untuk itu hindari kesalahan entrepreneur berikut ini:

1. Menunda Waktu Memulai Berbisnis

Jik anda memiliki ide untuk berbisnis, maka eksekusilah sekarang juga. Tidak ada waktu terbaik memulai bisnis kecuali sekarang juga. Sayangnya banyak entrepreneur jatuh sebelum memulai bisnisnya. Menyimpan ide hanya dalam pikiran sambil menunggu waktu yang menurutnya tepat.

Usaha memang diperlukan pemikiran matang, tetapi bukan berarti terlalu lama ada dalam pikiran. Lebih baik langsung pasang target dan langsung jadikan usaha nyata. Karena terlalu lama anda menunda, niat anda memulai bisnis semakin sedikit, terlebih ide bisnis anda sudah diambil orang lain.

2. Memulai Bisnis Tanpa Bisnis Plan

Sebagian entrepreneur menunda kapan waktu memulai bisnis, sebagian lagi malah terlalu cepat. Mereka memulai bisnis tanpa memiliki bisnis plan. Padahal bisnis plan adalah sarana sekaligus perencanaan terbaik terkait langkah-langkah apa yang bakal diambil dalam berbisnis.

Ibarat membuat roti, pasti membutuhkan berbagai macam bahan dan adonan sehingga roti tersebut menjadi enak dan nikmat. Usaha juga begitu, tanpa rencana kesuksesan sama dengan nol. Jadi amat sangat baik bila susun bisnis plan secara cepat lalu eksekusi sekarang juga. 

3. Menganggap Kegagalan Hal yang Mengerikan

Tidak semua bisnis berjalan dengan baik, pasti anda akan mengalami rintangan juga tantangan. Semakin besar bisnis yang anda tekuni, semakin besar perjuangan yang harus anda kejar. Dari kegagalan, anda akan mendapatkan banyak pengalaman dalam mengembangkan bisnis, serta jadikan kegagalan sebagai jalan menuju kemenangan.

Sayangnya tak sedikit entrepreneur yang tidak berani bangkit setelah gagal, dan yang lebih mengenaskan adalah takut gagal sebelum memulai. Padahal tidak mungkin anda jatuh dari tangga kalau anda tak naik tangga.

4. Ide yang Tidak Dapat Dieksekusi

Setiap orang pasti punya ide untuk memulai bisnis apa, sayangnya ada banyak ide di dunia ini yang tidak bisa dieksekusi. Inilah yang disebut dengan ide yang tak berharga alias tak masuk akal. Hindari memulai bisnis dengan menggunakan ide yang tidak masuk akal, apalagi ide tidak sesuai dengan potensi bisnis yang bisa mengantarkan anda sukses.

5. Talk Only No Action

Menjadi entrepreneur tidak hanya bicara saja, melainkan aksi yang nyata. Setiap orang bisa saja ingin memulai usaha, namun jika tidak segera ditindak maka usaha tersebut hanya akan menjadi angan-angan semu. Perbanyak ilmu dan belajar sebelum memulai usaha itu lebih baik, dibanding anda mengumbar janji pada diri sendiri tanpa ada niatan untuk beraksi. Hal ini sama saja tong kosong nyaring bunyinya.

6. Tidak Menghargai Pelanggan

Sebagai entrepreneur membuat jalinan dengan pelanggan bisnis lebih dari sekadar bisnis semata. Sedangkan sebagian ada yang mengangap pelanggan adalah pelanggan saja. Sebagian lagi yang lebih parah malah tidak memasukkan pelanggan bagian dari keluarga bisnisnya. Yang terakhir inilah yang merupakan kesalahan entrepreneur yang sebaiknya dihindari.

7. Tidak Kreatif

Entrepreneur yang baik adalah yang kreatif. Cobalah untuk terus inovasi agar pelanggan menyukai bisnis anda. Bisnis ada baiknya bila bisa mengikuti perkembangan tren pasar atau kemauan pembeli. Setiap usaha yang dikombinasi dengan sentuhan menarik pasti akan banyak yang menyukai. Karenanya, penting sebuah kreativitas, inovasi dan teknologi dalam mensukseskan segala usaha anda.

8. Menyerah Tanpa Berusaha

Ada pepatah menyerah sebelum berperang, hal inilah yang banyak dialami para entrepreneur muda. Tidak cukup ilmu dan pengalaman lalu menyerah setelah usaha berjalan akhirnya gulung tikar. Jika anda ingin bisnis maju dan berkembang, maka anda harus memiliki rencana baru setiap kali anda gagal, serta mencari pembaharuan agar bisnis tetap eksis.

Sebelum ikhtiar, jangan pernah menyerah, setiap permasalah pasti ada solusi. Kembangkan rencana bersama partner kerja anda, atau mintalah ide dari para pegawai anda. Dengan demikian, setiap masukan yang diterima menjadi solusi dari permasalahan yang ada.

9. Mempekerjakan Tenaga Kurang Kompeten

Dalam satu perusahaan pasti membutuhkan tenaga profesional dan berpengalaman. Begitupun bisnis anda, sebelum memulainya carilah tenaga yang kompeten dan sesuai dengan kebutuhan bisnis. Jangan sekali – kali mempekerjakan tenaga yang bukan ahli dalam bidangnya, anda akan mengalami hal buruk jika memaksakan kondisi yang tidak baik.

10. Mengabaikan Masukan Pekerja

Pekerja adalah aset bisnis anda sekarang dan dimasa yang akan datang, Anda merekrut mereka agar bekerja secara maksimal dan profesional. Pekerja juga orang yang sangat tahu kondisi lapangan. Kalau anda tak ingin mengulangi kesalahan entrepreneur sebelumnya, cobalah untuk dengarkan masukan pekerja sebagai bagian perbaikan bisnis anda.

11. Tidak Mengontrol Pendapatan dengan Baik

Tujuan berbisnis adalah mendapatkan keuntungan yang besar juga meraih kesuksesan. Pentingnya melakukan kontrol dan pemeriksaan setiap pengeluaran, pendapatan yang masuk dalam rekening bisnis anda. Hal ini bertujuan supaya keuangan perusahaan menjadi lebih sehat, memperkecil manipulasi, kebocoran bahkan kehilangan uang.

12. Tidak Percaya Diri

Siapa pun di dunia ini pernah merasakan keterpurukan, minder ataupun putus asa. Begitu juga dengan banyak entrepreneur. Namun, bisnis bisa besar serta berkembang butuh kepercayaan diri. Rasa percaya diri harus lebih besar ketimbang angan-angan anda.

Jika anda ingin bisnis anda tumbuh dan berkembang, sebaiknya hindari kesalahan entrepreneur di atas. Mari kembali bersemangat dan raih kesuksesan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang kesalahan entrepreneur, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Ini Dia Mitos yang Salah Kaprah Tentang Entrepreneur
Inilah Beberapa Kesalahan UMKM yang Harus Dihindari
5 Pengusaha Mancanegara yang Sukses Setelah Umur 40 Tahun
Buku yang Wajib Dibaca oleh Entrepreneur
5 Kesalahan yang Dapat “Membunuh” Bisnis
10 Kesalahan saat Liburan ke Luar Negeri
Persiapan Bila Usaha Mengalami Bencana Alam
Kesalahan dalam Membeli Mobil
5 Rahasia untuk Memulai Bisnis
Orang Seperti Apa yang Seharusnya Tidak Menjadi Enterpreneur


Bagikan Ke Teman Anda