Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Kartu Kredit Kadaluwarsa? Ini Dia Cara Mengatasinya

Kartu kredit bukanlah suatu hal yang asing bagi masyarakat milenial seperti saat ini. Bahkan, di zaman sekarang sudah banyak jenis metode pembayaran menggunakan non tunai seperti kartu debit, aplikasi pembayaran non tunai hingga kartu kredit.

Kartu kredit seringkali digunakan banyak orang karena kepemilikan kartu kredit dinilai dapat memberikan keuntungan bagi si pemegang kartu, hanya saja hal ini dapat terjadi jika pemilik kartu menggunakannya secara bijak. Untuk itu, sebaiknya pemilik kartu harus mengontrol diri agar tidak terjerat masalah.

Kartu kredit memiliki masa berlaku, untuk itu jika kartu sudah kadaluwarsa maka pemilik kartu tidak bisa menikmati fasilitas kartu kredit tersebut. Lantas jika kartu kredit kadaluwarsa, apa yang sebaiknya dilakukan? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Untuk itu, pada artikel ini kami akan memberikan tips mengatasi kartu kredit yang kadaluwarsa. Ini dia diantaranya.

1. Mengganti Kartu Kredit

Cara pertama yang paling efektif adalah dengan mengganti kartu kredit. Kartu kredit yang sudah kadaluwarsa bisa diganti dengan yang baru. Anda hanya perlu meminta ganti kartu kredit ke bank yang bersangkutan. Dalam kartu terdapat pita magnetik, dan bank biasanya akan mengganti pita magnetik tersebut ke kartu yang baru. Perlu diketahui jika pita magnetik yang ada dalam kartu sudah terlalu lama digunakan, maka akan sulit bagi pemilik kartu untuk melakukan pembayaran. Hal ini akan membuat mesin kasir atau mesin transaksi kesulitan membaca kartu Anda.

2. Meningkatkan Keamanan Kartu Kredit

Setelah Anda mengganti kartu yang sudah kadaluwarsa menjadi kartu baru, langkah selanjutnya adalah Anda bisa meningkatkan keamanan kartu kredit Anda. Anda bisa melakukannya dengan mengganti password. Bahkan terkadang bank membuat kartu memiliki masa kadaluwarsa agar keamanan kartu para nasabahnya tetap terjaga.

Saat Anda mengganti kartu yang baru, maka biasanya Anda akan diminta pihak yang bersangkutan untuk mengupdate atau memperbaharui informasi pribadinya. Jika ada informasi yang perlu dirubah atau ditambah maka Anda bisa mengupdatenya saat mengganti kartu yang sudah kadaluwarsa ini. Selain itu, pihak bank juga biasanya menjadikan informasi baru dari nasabahnya sebagai bentuk identifikasi untuk database di bank.

Hal ini juga sebagai bentuk keamanan dan antisipasi jika ada orang yang tidak bertanggung jawab yang ingin mengambil alih kartu kredit Anda. Bank kemudian akan membandingkan informasi yang lama dan yang baru sebagai bentuk antisipasi pencurian data dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Upgrade Kartu

Pernahkah Anda melihat kartu kredit dengan gambar yang menarik? Jika ya mungkin Anda pernah bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkannya bukan? Ini merupakan salah satu hal yang bisa Anda peroleh jika Anda mengurus kartu kredit kadaluwarsa dan menggantinya dengan kartu kredit baru.

Biasanya pihak bank menyediakan pilihan jenis kartu yang menarik, hal ini digunakan bank untuk memanfaatkan kondisi guna memasarkan profuk mereka. Jadi, sambil melayani Anda membuat kartu baru, mereka akan memberitahukan kepada Anda produk kartu baru yang tersedia.

Mungkin sebagian dari Anda bosan dengan kartu model itu-itu saja, dengan mengupgrade kartu maka Anda akan menerima banyak penawaran menguntungkan. Bank tidak akan memproses tanpa persetujuan Anda mengganti model kartu, bank akan memproses jika Anda setuju melakukan upgrade kartu.

Namun, jika Anda merasa masih menyukai kartu yang sebelumnya, maka pihak bank hanya akan membantu proses penggantian kartunya saja. Untuk itu, pilihlah model kartu yang nyaman dan cocok dengan Anda.

4. Membaca Kembali Ketentuan Dalam kartu Kredit

Saat Anda membuat kartu kredit, tentu ada ketentuan yang diberikan kepada Anda selaku pemilik kartu. Untuk itu, jika Anda kini memiliki kartu kredit tentu Anda sudah tahu apa saja fasilitas yang Anda dapatkan sejak awal memiliki kartu kredit.

Namun, jika Anda membuat kartu baru, maka Anda perlu melakukan pembaharuan persetujuan. Anda tidak akan bisa memperbaharui kartu jika Anda belum melakukan persetujuan dengan sayarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh pihak bank yang bersangkutan.

Jika Anda sudah memiliki kartu kredit yang baru, sebaiknya Anda gunting kartu kredit lama Anda. Hal ini bertujuan agar kartu Anda yang lama tidak digunakan dan disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara mengatasi kartu kredit yang kadaluwarsa, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tip Melunasi Kartu Kredit dengan Cepat
Apa Alasan Baik Mengambil Kredit Tanpa Agunan (KTA)?
Cara Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak
Cara Membedakan Emas Asli Atau Palsu, Nomor 3 Tanpa Alat Apapun!
Aturan 20/4/10 dalam Kredit Mobil
Apa Itu Debt Spiral?
Bagaimana Cara Cek Tagihan Listrik?
Cara Menyiapkan Anak Menjadi Seorang Dokter
Cara Menghitung Internal Return Rate
Perbedaan APR vs APY


Bagikan Ke Teman Anda