Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Mengapa Banyak Usaha Kecil Yang Gagal?

Memiliki usaha tentu adalah sesuatu yang membanggakan. Untuk memiliki usaha juga dibutuhkan banyak pengorbanan dan kerja keras. Sehingga tidak sembarangan seseorang dapat membuka usaha, meskipun hanya sebuah usaha kecil yang tidak membutuhkan modal yang super banyak.

Anda juga tentu sudah sangat sering mendengar bahwa banyak usaha yang gagal. Bukan hanya usaha besar, namun usaha kecil yang seharusnya lebih mudah diterima di masyarakat. Banyak sekali kasus dimana suatu usaha kecil bahkan gagal dan bangkrut di awal – awal didirikan.

Jika anda memiliki rencana untuk membuat suatu usaha kecil, berikut ini akan dibahas mengenai mengapa banyak usaha kecil yang gagal. Berikut adalah sedikit ulasannya.

  1. Rencana bisnis yang kurang

Salah satu alasan banyaknya usaha kecil yang gagal adalah karena kurangnya rencana bisnis. Tidak jarang anda hanya memikirkan bagaimana suatu usaha akan sukses. Anda juga sering terlalu terfokus tentang bagaimana usaha anda bisa sukses seperti usaha lain yang telah ada sebelumnya.

Padahal, untuk menjadikan suatu usaha berhasil dibutuhkan banyak persiapan, rencana yang matang dan banyak pertimbangan untuk mengambil keputusan atau hal lain terkait dengan bisnis. Namun, tidak jarang hal itu dilupakan.

Banyak yang kurang memperhatikan perencanaan bisnis yang tepat yang akan digunakan untuk segala aspek dari usaha kecil tersebut. Dan tentu saja hal ini yang menyebabkan banyak usaha kecil yang gagal hanya karena kurangnya perencanaan.

  1. Manajemen keuangan yang buruk

Selanjutnya, hal lain yang mungkin menjadi penyebab mengapa banyak usaha kecil yang gagal adalah karena memiliki manajemen keuangan yang buruk. Tentu ini bisa menyebabkan usaha apapun gagal, bahkan usaha yang sudah besar dan sukses sekalipun.

Tidak sedikit pemilik usaha yang sering melupakan pentingnya memperhatikan segala detail tentang keuangan. Beberapa pemilik usaha kecil sering teledor dalam mencatat alur keuangan mereka. Sehingga mereka sering bahkan tidak tahu kemana uang mereka bergerak.

Tidak jarang juga mereka terlalu mempercayakan masalah keuangan usaha mereka pada pekerja. Padahal, untuk masalah keuangan tidak ada yang lebih baik daripada pemilik usaha tersebut yang mengurusnya.

  1. Bisnis terlalu cepat berkembang

Usaha kecil memang mungkin bisa menjadi usaha besar dan sukses hanya dalam sekejap. Ketika anda secara tepat memilih bidang usaha, anda mungkin akan dengan cepat menjadikan usaha anda setara dengan perusahaan-perusahaan besar.

Dengan kesuksesan tersebut, tentu anda bisa menarik banyak investor untuk berinvestasi pada usaha kecil anda. Atau bahkan anda bisa membuka banyak cabang dari usaha anda sehingga usaha anda berada dimana – mana.

Namun, justru hal ini yang secara tidak anda sadari merupakan salah satu alasan mengapa banyak usaha kecil yang gagal. Ketika usaha anda berada di banyak tempat bahkan di tempat yang jaraknya terlalu dekat, itu artinya produk maupun jasa yang anda tawarkan bukan lagi sesuatu yang Langka, karena sangat mudah untuk ditemui.

Dengan demikian, sangat mungkin jika modal yang anda tanamkan pada banyak cabang yang anda buka akan menjadi sia-sia. Apalagi jika usaha anda termasuk usaha yang banyak diminati oleh pengusaha lain, tentu dengan kesuksesan yang singkat tersebut anda kurang memperhatikan hal lain seperti membatasi adanya produk anda di pasaran.

  1. Salah memilih tempat usaha

Penyebab lain dari gagalnya usaha kecil adalah kesalahan dalam memilih tempat usaha. Banyak usaha yang kurang tepat dalam memilih tempat. Sehingga usaha yang didirikan juga tidak terlalu diminati atau banyak orang yang tidak mengenal usaha tersebut.

Anda tentu perlu memilih tempat yang paling tepat untuk usaha anda jika tidak ingin usaha anda gagal bahkan sebelum mulai dikenal orang. Sebagai contoh, jika anda ingin membuka usaha laundry, maka anda perlu mencari tempat dimana banyak orang membutuhkannya, seperti di Kawasan in the kost atau di daerah banyak mahasiswa atau karyawan tinggal.

Pemilih tempat memang menjadi faktor utama bagi anda Ketika ingin usaha anda sukses. Salah tempat memilih ini akan mengakibatkan usaha anda tidak bisa berkembang atau bahkan tidak ada orang yang mengetahui tentang usaha anda.

  1. Tidak dapat mengatasi persaingan

Persaingan di dunia usaha tentu saja adalah suatu hal yang sangat umum. Segala usaha sudah pasti memiliki saingan, sehingga anda perlu bersiap dan mengetahui apa resiko memiliki usaha. Seperti yang diketahui, bahwa saat satu usaha mengalami kesuksesan, sudah pasti banyak orang lain yang tertarik untuk menekuni usaha tersebut.

Atau Ketika anda sudah memiliki pendahulu pada bidang usaha anda, bukan tidak mungkin anda akan memiliki pesaing yang sangat kuat. Jika anda dapat mengatasi persaingan usaha tersebut, tentu anda tidak akan mengalami kesulitan yang berarti, namun Ketika anda tidak bisa mengatasi persaingan tersebut, sangat mungkin anda justru mengalami kegagalan dalam usaha anda.

Untuk itu, memiliki mental dan keyakinan yang kuat memang sangat diperlukan untuk membangun suatu usaha. Sehingga jika terjadi persaingan yang ketat anda tidak akan mudah goyah dan terpuruk yang akan berakibat pada kegagalan usaha anda.

Demikian adalah beberapa kemungkinan mengapa banyak usaha kecil yang gagal. Tentu saja masih banyak kemungkinan lain yang menyebabkan gagalnya suatu usaha. Untuk itu, Ketika anda memulai suatu usaha, anda perlu benar-benar memperhatikan dan menyiapkan diri. Bukan hanya modal, namun juga berbagai perencanaan, rencana cadangan serta banyak hal lain yang akan membantu anda Ketika tantangan dalam usaha mulai mendatangi anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang alasan mengapa banyak usaha kecil yang gagal, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Untung Rugi Membeli Franchise
5 Rahasia untuk Memulai Bisnis
Keterampilan yang Harus Dimiliki Analis Bisnis
10 Kesalahan yang Bakal Mengakhiri Bisnis Startup Kamu
Mengapa Orang Pintar Gagal Mengembangkan Potensi Mereka?
10 Kesalahan Dalam Cybersecurity yang Sering Dibuat Oleh Bisnis Kecil
Contoh-contoh Konsinyasi
Cara Memulai Bisnis Kecil untuk Para Introvert
Ide Bisnis Menjelang Natal
5 Alasan Mengapa Penting Belajar Bisnis


Bagikan Ke Teman Anda