Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

5 Alasan Mengapa Bisnis Kecil Akan Tetap Kecil

Anda yang sedang menjalankan bisnis mungkin kerap kali bertanya-tanya, mengapa usaha dan bisnis kecil sulit sekali berkembang? Di atas itu semua, mengapa kemungkinan terbesar dan paling sering terjadi adalah bisnis kecil akan tetap kecil? Apa sebenarnya yang mempengaruhi serta menjadi alasan untuk hal ini?

Tidak bisa disangkal, perkembangan bisnis kecil tidak bisa dibandingkan dengan perusahaan besar. Bisnis kecil memiliki cangkupan target market yang lebih sempit. Selain itu juga kapasitas produksi yang tentunya tidak sebanding dengan perusahaan besar. Namun dibalik itu semua, apa yang sebenarnya membuat bisnis kecil justru sulit berkembang dan cenderung tetap menjadi kecil?

Di bawah ini merupakan ulasan mengapa bisnis kecil tetap akan menjadi kecil. Serta apa yang seharusnya dilakukan untuk mendorong perkembangan bisnis dari kecil hingga menjadi besar.

Alasan Mengapa Bisnis Kecil Akan Tetap Kecil

Sebelum membahas lebih jauh mengenai alasan mengapa bisnis kecil akan tetap kecil, sebaiknya mengetahui lebih dulu definisi dari bisnis kecil. Bisnis kecil sering kali digolongkan sebagai UMKM. Meski beberapa UMKM dapat dikatakan sebagai bisnis menengah.

Agar mempermudah, berikut ini merupakan kategori untuk level bisnis.

Kategori Level dan Tingkatan Bisnis

Level 1 – Sangat Kecil

Bisnis yang masuk ke dalam kategori ini mendapatkan keuntungan sedikit atau bahkan sangat sedikit. Seringnya hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari sang pemilik. Sehingga sulit memiliki kesempatan untuk mengembangkan bisnis.

Level 2 – Kecil

Pada kategori ini, keuntungan yang didapat oleh pemilik cukup untuk memenuhi kebutuhan dan menabung. Meski dana yang ada hanya akan cukup untuk perputaran cash flow saja. Masih membutuhkan usaha dan dana lebih agar bisnis bisa berkembang. Tentu saja bila bisnis memiliki kesempatan berkembang.

Level 3 – Menengah

Bisnis yang ada di kategori ini sudah memiliki cabang atau beberapa toko di tempat berbeda. Selain itu produk dan jasa yang dipasarkan juga lebih banyak dan berkembang.

Keuntungan yang didapatkan dari bisnis di kategori ini bukan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan primer dan tersier pemilik. Melainkan juga memiliki budget untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar.

Level 4 – Besar

Kategori ini merupakan bisnis dengan perusahaan besar. Keuntungan yang diperoleh juga sudah sangat besar. Bisnis di perusahaan ini seringnya sudah atau memiliki kesempatan besar untuk go public.

Berdasarkan ulasan di atas, bisnis pada level 1 dan 2 memang membutuhkan dorongan lebih untuk bisa mencapai level 3. Bahkan beberapa bisnis tidak akan bisa mencapai level 3, yang sudah dikategorikan sebagai “bisnis besar” dari kacamata mereka.

Menariknya, bisnis di level menengah pun belum tentu akan bisa sampai di level 4. Seringnya, bisnis di level 3 ini hanya bertahan pada level tersebut saja. Sangat jarang sekali bisnis yang berjalan di level ini bisa memasuki level berikutnya.

Penyebab Bisnis Kecil Akan Tetap Kecil

Berikut ini, merupakan beberapa ulasan apa yang menjadi penyebab bisnis kecil akan tetap menjadi kecil. Mulai dari bisnis di level 1 dan 2 yang sulit naik ke level 3. Serta bisnis di level 3 yang sepertinya tidak mungkin untuk masuk ke level 4.

  1. Berbasis Pada Kemampuan

Bisnis di level 1 dan 2 seringnya memang berbasis pada kemampuan sang pemilik. Seorang ahli mekanik akan memulai bisnis bengkel, dimana paling tidak akan mencapai level 3. Seorang dengan kemampuan memasak membuka rumah makan, penjahit membuka jasa tailor baju, dan sebagainya.

Ketika bisnis berbasis dengan kemampuan hanya dari sang pemilik, kemungkinan untuk meningkat ke level 4 akan semakin kecil.

  1. Jangkauan Konsumen

Perusahaan di level 4 memiliki jangkauan konsumen yang luas. Entah itu di seluruh Indonesia bahkan juga di seluruh dunia. Sedangkan bisnis di level 1 dan 2 mungkin hanya memiliki jangkauan konsumen di sekitar lokasi mereka. Untuk bisnis di level 3, biasanya akan berusaha memperluas area jangkauan ini dengan membuka cabang di daerah tersebut.

Jangkauan konsumen akan sangat berpengaruh dengan level bisnis. Bagaimana agar bisnis makanan di level 3 bisa menjangkau ke seluruh Indonesia tanpa membuka cabang? bagaimana dengan bisnis di level 2? Sulitnya memperluas jangkauan ini menjadi alasan lain mengapa bisnis kecil akan tetap menjadi kecil.

  1. Pertumbuhan Dana

Pada pembahasan mengenai kategori dan level bisnis dijelaskan tentang keuntungan yang didapat. Ini akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan bisnis tersebut sendiri. Bahkan bisa dikatakan, ini menjadi penyebab terbesar mengapa bisnis kecil sulit berkembang.

Pertumbuhan dana atau pendapatan dari bisnis 1 dan 2 mungkin tidak akan terlalu besar. Sehingga mereka juga akan sulit mengembangkan bisnis. Sedangkan untuk perusahaan di level 4, pertumbuhan dana bisa dengan sangat besar dan cepat. Entah itu dari keuntungan sampai saham yang dijual kepada publik.

  1. Kemampuan Produksi

Katakannya bisnis di level 1 sampai 4 memproduksi produk yang sama. Bisnis di level 1 memproduksi 10 produk per hari. Sedangkan bisnis di level 4 dapat memproduksi ratusan bahkan ribuan produk sehari.

Penjualan di level 4 juga pasti akan lebih besar dengan banyaknya produk yang mereka produksi. Berkebalikan dengan bisnis di level 1 yang hanya mampu memproduksi 10 produk saja.

  1. Pengetahuan Marketing

Berkaitan dengan poin nomor 4, produksi dan penjualan akan berkaitan dengan pengetahuan marketing. Bisnis di level 1 dan 2 sering kali tidak memiliki pengetahuan marketing yang luas. Bagi mereka yang menjalankan bisnis di level ini, memberikan harga murah atau diskon sudah akan dikategorikan sebagai marketing.

Berbeda dengan bisnis di level 3 dan 4 yang memang sudah sangat ahli di bidang marketing. Meskipun untuk bisnis di level 3, pengetahuan marketing saja tidak akan cukup untuk bisa meningkatkan bisnis ke level 4.

Sederet hal diatas merupakan alasan dan juga penyebab mengapa bisnis kecil sulit berkembang. Menjalankan bisnis di level 1 dan 2 perlu usaha dan kerja keras ekstra untuk “break the system.” Mulai dari mempelajari marketing, hingga mencari cara agar mendapatkan dana tambahan untuk mengembangkan bisnis.

Bila itu bisa dilakukan, mungkin bisnis kecil akan memiliki kesempatan untuk berkembang menjadi besar.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 5 alasan mengapa bisnis kecil akan tetap kecil, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mengapa Bisnis Kecil Rentan Untuk Gulung Tikar? Berikut Penyebabnya!
12 Ide Bisnis Online yang Bisa Dimulai 2021
Ini Dia 7 Kebiasaan Agar Bisnis Anda Sukses
Apa itu Perdagangan Opsi Biner?
Cara Mengembangkan Dan Memperluas Bisnis
Apa Itu Studi Kelayakan Bisnis?
Apa itu Piutang Usaha (Account Receivable)?
Mengapa Kita Menggunakan Barang Produksi Dalam Negeri?
Ide Bisnis Menjelang Natal
Mengenal Analisis Lima Kekuatan Porter (Porter Five Force)


Bagikan Ke Teman Anda