Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ini Dia Cara Pelunasan KPR Bank BTN

Siapa dari Anda yang mengambil rumah BTN? Ya, rumah BTN adalah suatu program yang menawarkan hunian murah kepada masyarakat umum. Biasanya rumah BTN disediakan kepada masyarakat untuk memiliki hunian dengan harga yang tidak mencekik. Tidak mencekik artinya hunain tersebut bisa langsung dihuni setelah akad dan bisa dicicil dalam jangka waktu yang lama.

Mungkin sebagian dari Anda yang sudah mengambil cicilan KPR hunian BTN ingin segera melunasinya, namun tidak tahu bagaimana caranya. Benar begitu? Jika memang benar maka artikel ini akan membantu Anda. Untuk itu, kami akan memberikan cara bagaimana pelunasan KPR Bank BTN dengan tepat dan rinci. Ini dia diantaranya.

1. Menyiapi Persyaratan Pelunasan KPR

Sebelum Anda mengetahui prosedur dan tata cara melunasi KPR Bank BTN, Anda harus mempersiapkan segala persyaratannya terlebih dahulu. Adapun persyaratan yang perlu Anda siapkan meliputi:

    • Buku tabungan Bank BTN
    • Kartu identitas KTP (Kartu Tanda Penduduk)
    • KK (Kartu Keluarga)
    • Kartu Debitur
    • Materai

Untuk berjaga-jaga, Anda bisa sediakan juga beberapa lembar dokumen fotocopy untuk mengantisipasi jika memang diperlukan. Setelah persyaratan siap semua, Anda bisa menuju kantor cabang Bank BTN dimana Anda melakukan akad kredit tersebut.

2. Menyerahkan Dokumen Persyaratan Pelunasan

Setelah Anda berada di kantor Bank BTN ada beberapa tahap dalam menyerahkan dokumen tersebut diantaranya:

    • Ambil nomor antrean dan antre ke bagian customer support
    • Tunggu sampai nomor antrean dipanggil
    • Setelah dipanggil katakan bahwa Anda ingin melunasi KPT BTN sebelum waktunya
    • Serahkan segala persyaratan yang sudah Anda siapkan
    • Selanjutnya petugas akan menjelaskan dan melihat rekening koran cicilan KPR BTN Anda serta sisa utang yang harus dibayar.
    • Setelah Anda mengetahui rincian pelunasannya maka petugas Bank akan meminta buku tabungan dan KTP Anda
    • Kemudian Anda akan menerima rincian pelunasan untuk nantinya dibawa ke bagian pembayaran

3. Membayar Sisa Pelunasan

Selanjutnya Anda antre ke bagian pembayaran dengan membawakan berkas identitas diri dan berkas pelunasan sebelumnya. Kemudian pihak teller akan melakukan debet pada ATM BTN Anda. Teller akan memberikan formulir penyetoran dan rincian pelunasan yang sudah ditandatangani.

4. Mengambil berkas Pelunasan

Langkah terakhir adalah Anda harus mengambil berbagai berkas dari pelunasan KPR BTN tersebut. Jangan lupa bawa syarat-syarat yang diberikan petugas bank sebelumnya.

Faktor Yang Harus Dipertimbangkan Saat Melunasi KPR BTN

Saat Anda ingin melunasi KPR BTN Anda, Anda perlu tahu bahwa ada beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan, diantaranya sebagai berikut:

1. Sistem Bunga

Dalam Bank memiliki dua metode bunga dalam sistem KPR yaitu metode bunga tetap (Flat Rate) dan metode bunga anuitas (Annuity Rate). Anda harus perhatikan dan baca dengan seksama sistem dari masing-masing metode bunga tersebut agar tidak merugikan Anda dikemudian hari.

2. Penalti

Selain itu, Anda juga harus pelajari sistem penalti yang disediakan oleh bank. Mungkin Anda bingung, Anda ingin melunasi cicilan kenapa harus ada penalti, benar? Sistem penalti sebenarnya merupakan strategi pihak bank untuk menentukan potensi keuntungan mereka, karena semakin lama tenor cicilan maka keuntungan pihak bank akan semakin besar.

3. Inflasi

Selain sistem bunga dan penalti, Anda juga harus perhatikan inflasinya. Inflasi akan memberikan pengaruh bagi nilai utang Anda, khususnya jika bunga yang diberlakukan adalah bunga tetap. Inflasi akan membuat nilai Anda menurun sehingga Anda harus selalu update terkait inflasi.

5. Pertimbangkan Keburuhan Lain

Pelunasan cicilan KPR yang lebih cepat akan membutuhkan dan alebih besar. Untuk itu, sebaiknya Anda pertimbangkan lagi kebutuhan lainnya seperti pendidikan, kesehatan dan lain-lain. Akan menyulitkan Anda jika pemasukan lebih sedikit dibandingkan dengan pengeluaran.

Maka dari itu, jika Anda memilih untuk melunasi cicilan KPR lebih awal, sebaiknya Anda perhatikan kondisi keuangan keluarga Anda. Pastikan itu tidak mengganggu kebutuhan utama Anda.

Itulah bagaimana cara pelunasan KPR Bank BTN. Melunasi cicilan KPR sebelum waktunya itu artinya Anda harus mempertimbangkan segala risikonya termasuk kerugian yang Anda tanggung. Namun, jika Anda merasa sanggup menanggungnya maka Anda bisa lakukan cara diatas.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara pelunasan KPR Bank BTN, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara Berhenti Menjadi Orang Biasa Saja Dan Berubah Menjadi Kaya
Ini 4 Cara Topup Gopay, Cek Dulu Saldomu
Cara Menghasilkan Keuntungan Bisnis Di Masa Resesi
Cara Membuat SIM Online dengan Aplikasi SINAR
Gaji UMR Kredit Rumah, Bisa?
Apa Itu Capital Loss: Definisi dan Cara Menghindari Capital Loss
Nasabah KPR Sakit Parah, Terus Bagaimana?
Cara Membuka Rekening Saham
Cara Meningkatkan Produktivitas Ketika Bekerja Di Rumah
Pelajari Cara-cara Berikut agar Hidup Semakin Mudah


Bagikan Ke Teman Anda