Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tempat Kredit Emas di Bank Syariah & Pegadaian

Kredit emas bank syariah merupakan kredit yang khusus membiayai kepemilikan emas batangan yang dilakukan oleh bank syariah. Saat ini kredit emas cukup banyak digemari. Hampir semua bank syariah yang ada di Indonesia memiliki program kredit emas. Hal ini dikarenakan terkenalnya emas sebagai salah satu investasi jangka panjang yang cukup menguntungkan.

Kredit emas bank syariah juga cukup terpercaya dan menjanjikan, karena selain jauh dari kata riba, kredit emas bisa membuat anda mendapatkan emas tanpa harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar sekaligus. Apabila anda tertarik untuk melakukan kredit, ulasan tentang kredit emas di beberapa bank syariah berikut mungkin dapat membantu anda.

1. Kredit Emas Bank Syariah Mandiri

Bank syariah mandiri menyediakan fasilitas kredit emas dengan banyak keunggulan yang ditawarkan seperti aman, menguntungkan, mudah, layanan profesional, dan likuid (emas dapat diuangkan apabila ada kebutuhan mendesak). Dikatakan aman karena emas yang anda kredit diasuransikan, menguntungkan karena tarifnya murah.

Bank syariah mandiri juga termasuk bank terpercaya dengan layanan yang baik sehingga anda tidak perlu khawatir saat kredit emas di bank syariah mandiri. Bank syariah mandiri menggunakan akad murabahah dan untuk pengikat jaminan menggunakan akad rahn atau gadai sehingga bebas dari riba.

Persyaratan yang dibutuhkan jika ingin kredit emas di bank syariah mandiri antara lain yaitu

  • Warga Negara Indonesia yang sudah cukup umur (pegawai umur 21-55 tahun, pensiunan maksimal 70 tahun saat pembayaram jatuh tempo, profesional dan wiraswasta maksimal 60 tahun)
  • Menyerahkan KTP
  • Mengisi formulir yang disediakan

Untuk masalah biaya, di bank Mandiri Syariah biasanya hanya dikenai biaya administrasi, biaya materai, dan biaya asuransi. Uang muka nya juga minimal hanya 20 persen dari harga emas yang telah ditetapkan. Untuk uang muka ini dibayar tunai langsung, tidak boleh dicicil.

2. Kredit Emas Bank BNI Syariah

Kredit emas bank BNI syariah sering disebut dengan BNI Emas iB Hasanah. Akad yang digunakan oleh BNI syariah juga akad murabahah. Kredit emas bank BNI Syariah menawarkan banyak keunggulan seperti emasnya bersertifikat PT ANTAM, pembiayaan bisa diangsur setiap bulan hingga lunas, biaya administrasinya ringan, marginnya kompetitif, dan pembayaran angsuran bisa otomatis jika melalui debet rekening.

BNI syariah melayani kredit emas dengan biaya maksimal sebesar 150 juta rupiah. Jangka waktu angsuran pun beragam, tapi maksimal 5 tahun dan minimal 2 tahun. Apabila anda berminat melakukan kredit emas di BNI syariah, syarat yang diperlukan antara lain yaitu

  • Merupakan pegawai aktif, pengusaha, profesional, dan lainnya
  • Memiliki penghasilan tetap atau mampu mengangsur tiap bulannya
  • Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi NPWP bagi yang kredit emas di atas 50 juta
  • Fotokopi KIP bagi pegawai
  • Mengisi formulir permohonan yang telah disediakan.

3. Kredit Emas Bank BTN Syariah

BTN Syariah mengeluarkan fasilitas kredit emas dengan nama BTN Emas iB yang menggunakan akad Mudharabah Mutlaqah atau investasi. Jadi nantinya pihak bank dan nasabah yang kredit emas akan membagi keuntungan serta kerugian sesuai dengan nisbah yang telah disepakati sebelumnya.

Kelebihan yang ditawarkan antara lain yaitu nilai aset tetap aman dan terjaga. Bagi hasil juga dilakukan secara kompetitif. Imbal hasil pun bisa di autodebet untuk shodaqoh ataupun zakat. Persyaratan untuk bisa mengajukan kredit emas di bank BTN syariah antara lain yaitu

  • Memiliki rekening BTN Syariah yang aktif. Pemilik rekening bisa WNI atau WNA dan bisa perorangan ataupun lembaga.
  • Melampirkan dokumen yang diperlukan seperti kartu tanda pengenal (KTP/SIM/Paspor), NPWP, dan surat-surat yang berhubungan dengan perusahaan bagi lembaga pemilik rekening.

Cara mendaftar pun mudah, anda hanya perlu ke bank membawa dokumen yang dibutuhkan beserta uang untuk setoran pertama. Nanti anda tinggal mengunjungi bagian customer service lalu menyampaikan maksud tujuan bahwa ingin membuka rekening BTN emas iB. Anda pasti diberi formulir pendaftaran, jadi isi formulir tersebut lalu ikuti prosedur yang telah ditetapkan.

4. Kredit Emas Bank Syariah Bukopin

Bank Syariah Bukopin menawarkan pembiayaan kredit emas dengan nama iB Kepemilikan Emas. Akad yang digunakan yaitu akad Murabahah. Dengan mengajukan kredit emas di bank Syariah Bukopin anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan seperti mendapatkan dana dengan mudah dan cepat jika ada kebutuhan mendesak, sebagai alternatif investasi, jumlah angsuran tidak berubah sehingga memudahkan anda, biaya administrasi gratis jika saat masa promosi, serta marginnya kompetitif.

Emas yang anda dapatkan saat kredit emas di bank Bukopin bersertifikat ANTAM. Berat emas yang dikredit pun minimal 5 gram dan maksimal pembiayaannya 150 juta per nasabah. Jangka waktu pembiayan maksimal 5 tahun dan minimal 2 tahun. Untuk angsurannya, jumlahnya tetap setiap bulannya, kecuali jika ingin percepatan pembiayaan. Pembiayaan angsuran bisa lewat fasilitas autodebet rekening.

Syarat yang harus dipenuhi jika ingin mengajukan kredit emas bank syariah Bukopin antara lain yaitu

  • WNI, usia minimal 21 tahun atau sudah menikah. Untuk usia maksimalnya, 55 tahun bagi pegawai aktif dan 60 tahun bagi pengusaha. Anda juga harus memiliki rekening tabungan iB atau Giro iB, jika belum memiliki, bisa membuka rekening saat pengajuan.
  • Mengisi formulir permohonan pembiayaan kredit emas
  • Melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti KTM/SIM/Paspor, Kartu Identitas Pegawai dan surat keterangan penghasilan bagi PNS / karyawan, NPWP untuk pembiayaan dengan nominal tertentu, dan fotokopi rekening tabungan 3 bulan terakhir.

5. Kredit Emas di Pegadaian Syariah

Di pegadaian, kredit emas biasa disebut dengan tabungan emas. Anda bahkan bisa membuka tabungan emas mulai dari lima ribuan saja. Nanti emas bisa anda ambil ketika sudah mencapai nominal harga emas 5 gram. Kelebihan menabung emas di pegadaian syariah yaitu emas yang didapat memiliki sertifikat resmi PT. Antam. Harga emas juga pasti naik jadi bisa menjadi investasi yang cukup menjanjikan.

Untuk bisa menabung emas atau kredit emas di pegadaian, anda hanya perlu mendatangi kantor pegadaian syariah yang dekat dengan tempat tinggal anda. Jangan lupa juga untuk membawa fotokopi kartu identitas diri seperti KTP/Paspor/SIM. Setelah sampai di pegadaian dan sudah menyampaikan maksud kedatangan, anda akan diminta mengisi formulir yang sudah disediakan serta membayar biaya administrasi.

Apabila butuh dana yang benar-benar mendesak, anda bisa menjual kembali emas ke pegadaian (buyback) saat emas mencapai 1 gram. Untuk tabungan awal atau minimal saldo tabungan emas anda adalah 0,01 gram emas yang harganya sekitar 5 ribu rupiah. Harga tersebut berubah-ubah tergantung harga emas di pasaran.

Dari penjelasan tentang daftar bank syariah yang menyediakan fasilitas kredit emas di atas, anda bisa menyimpulkan bahwa kepemilikan emas cukup mudah didapat dan menjadi salah satu investasi yang cukup menjanjikan. Demikian tadi pembahasan tentang kredit emas bank syariah. Banyaknya keuntungan yang diperoleh dari pembelian dan kepemilikan emas membuat anda tertarik mengajukan kredit emas bukan?

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tempat kredit emas di bank syariah & pegadaian, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Untung Rugi Investasi Emas
Gaji UMR Kredit Rumah, Bisa?
Nasabah KPR Sakit Parah, Terus Bagaimana?
Apa Itu Down Payment? Definisi Down Payment?
Definisi Credit Baloon/Kredit Baloon/Kredit Balon/Ballon Payment
Untung Rugi Kredit Tanpa Agunan
Mengapa Emas Berharga? Apa Sebab Emas Bernilai?
Kartu Kredit: Balance Transfer, Apa Itu?
Syarat Umum Pengajuan Kredit Mobil
Apa itu Grace Period? Definisi Grace Period


Bagikan Ke Teman Anda