Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Nego Pelunasan Kartu Kredit

Tidak bisa dipungkiri, kartu kredit menawarkan banyak kemudahan bagi para penggunanya. Terlebih buat kamu yang suka membeli barang dengan mencicil tentu jauh lebih nyaman. Kartu kredit biasanya menawarkan cicilan tanpa uang muka dengan presentase bunga yang rendah. namun, penggunaan kartu kredit sangat tidak disarankan oleh konsultan finansial manapun. Mengapa? Karena dibalik semua kemudahannya kartu kredit bisa merusak keseimbangan finansial seseorang.

Tidak jarang ditemukan cerita pengguna kartu kredit yang kesulitan membayar tagihannya. Akibatnya hutang kartu kredit semakin menumpuk hingga timbul masalah dengan pihak bank. Biar bagaimanapun, tagihan kartu kredit tetap harus dibayar. Jika tagihan sudah menumpuk, maka keputusan terbaik adalah menutup kartu kredit tersebut.

Namun menutup kartu kredit bukan perkara gampang. Pengguna harus melunasi semua tagihannya. Buat kamu yang ingin menutup kartu kredit tapi belum bisa melakukan pelunasan tagihan, kami akan memberikan cara jitu bernegosiasi dengan pihak bank untuk menemukan solusi terbaik penutupan kartu kreditmu.

1. Menghitung Jumlah Tunggakan Utang

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menghitung tunggakan tagihan yang kamu miliki. Ini bukan masalah sepele lho. Banyak orang merasa takut dan tidak siap menghadapi nominal tunggakan yang mereka miliki. Namun jika kamu ingin melakukan negosiasi dan meminta keringanan dari pihak bank, kamu harus memastikan terlebih dahulu berapa tagihan yang harus kamu bayar.

Persiapkan mental dengan baik agar kamu siap untuk mengecek berapa tagihan kartu kreditmu. Semakin kamu menunda, maka akan semakin lama pula kamu menemukan solusinya. Catat tunggakan secara rinci, termasuk berapa cicilan barang yang masih tersisa pada kartu kreditmu dan berapa totalnya.

Kumpulkan semua surat-surat berisi tagihan yang dikirim ke alamatmu, lalu cek satu per satu. Kemudian kamu jumlahkan semua totalnya, untuk mendapat gambaran kasar tentang angka yang harus dibayarkan. Jangan lupa sertakan juga bunga yang harus kamu bayar. Percuma kalau kamu hanya menjumlahkan tagihan tapi tidak menyertakan bunganya. Bisa-bisa kamu kaget karena total tunggakan kredit yang harus kamu bayar berbeda jauh dari hitunganmu.

Dengan merinci suku bunga pada masing-masing cicilan, kamu akan tahu mana yang paling memberatkan dan mana yang harus dibereskan terlebih dahulu. Prioritaskan utang yang bunganya paling besar dan paling membebani bagimu.

2. Konsultasi dengan Jasa Konsultan Keuangan

Kini banyak jasa konsultan keuangan yang bersedia membantu menyelesaikan tagihan kartu kredit yang bermasalah. Menggunakan jasa konsultan yang profesional sangat menguntungkan buatmu, para nasabah, lho. Karena mereka adalah tenaga yang berpengalaman, mereka bisa membantumu menemukan solusi terbaik.

Konsultan keuangan akan memberikan saran-saran tentang langkah-langkah penyelesaian apa yang harus diambil akan utang-utang kartu kreditmu cepat lunas. Namun sebelum pergi ke konsultan keuangan, kamu sebaiknya melakukan poin nomor 1 terlebih dahulu, yaitu menghitung total tagihan tersisa yang harus kamu bayarkan untuk diinformasikan kepada konsultan.

Berdasarkan informasi yang kamu berikan, konsultan keuangan akan memperhitungkan berapa dana yang harus kamu kumpulkan per bulannya untuk bisa melunasi semua utang kartu kredit. Sertakan juga jumlah penghasilanmu setiap bulan, sehingga konsultan bisa menghitung jumlah yang pas agar tidak memberatkan untukmu.

Jujurlah dalam memberikan informasi pada konsultan, baik itu tentang jumlah pendapatanmu atau tagihan yang kamu miliki. Konsultan yang sudah profesional dan berpengalaman biasanya memiliki hubungan baik dengan pihak bank, sehingga akan membantumu untuk melakukan lobi dalam penyelesaian masalah utang kartu kredit ini. Saat kamu bernegosiasi dengan bank, konsultan bisa menjadi pihak ketiga yang akan menjembatani kepentinganmu dengan pihak bank.

Keuntungan lain menggunakan jasa konsultan profesional adalah kamu tidak perlu repot mondar mandir ke bank untuk menyelesaikan masalah ini. Pihak konsultan akan menjadi wakilmu, menyampaikan maksudmu pada pihak bank, dan mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah ini. Kamu pun bisa lebih fokus bekerja, mengumpulkan dana guna melunasi utang-utangmu.

Yang tidak kalah penting, kamu harus berhati-hati dalam memilih konsultan. Ada banyak kasus penipuan yang melibatkan oknum konsultan palsu yang menawarkan jasa pelunasan kartu kredit. Jangan langsung percaya, apalagi jika kamu menemukan infonya melalui internet. Penipu biasanya menggunakan modus meminta nasabah mentransfer sejumlah uang yang katanya akan digunakan untuk membayar sebagian tagihan. Namun pada kenyataannya, nasabah yang bersangkutan masih dikejar-kejar oleh pihak bank karena mereka belum membayar tagihannya sama sekali.

3. Meminta Keringanan Pada Pihak Bank

Masalah tunggakan kartu kredit ini tidak akan pernah selesai jika kamu tidak melakukan negosiasi langsung dengan pihak bank. Jika kamu memilih untuk menggunakan jasa konsultan keuangan, kamu bisa menyerahkan urusanmu kepada mereka. Konsultan yang akan mewakilimu untuk melakukan negosiasi dengan bank.

Sayangnya, jasa konsultan akan memakan biaya yang tidak sedikit. Kamu bisa saja menyelesaikan masalah ini sendiri dan bernegosiasi langsung dengan bank. Tanpa perlu pergi ke bank, pihak bank yang akan meneleponmu untuk menanyakan tunggakan tagihan. Kesempatan ini bisa kamu gunakan untuk melakukan negosiasi. Entah itu meminta keringanan cicilan, diskon, atau pinjaman dana tunai.

Cara terakhir ini bisa dilakukan jika kamu masih punya limit tersisa pada kartu kreditmu. Ajukan pinjaman dana tunai yang bunganya rendah dan tidak semakin memberatkan buatmu. Bahkan ada juga lho bank yang menawarkan pinjaman dana tunai dengan bunga di bawah 1 persen. Dengan menggunakan cara ini, perlahan-lahan kamu akan bisa melunasi semua tagihan kartu kreditmu.

Itulah berbagai cara bernegosiasi untuk melunasi tagihan kartu kreditmu. Penggunaan kartu kredit harus sangat hati-hati. Kalau bisa, tidak perlu menggunakan kartu kredit sama sekali agar dompetmu tetap aman.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara nego pelunasan kartu kredit, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Uang Tunai VS Kartu Kredit, Kapan Seharusnya Digunakan?
Cara Membuat Kartu Kredit Tanpa Slip Gaji
Pilih Mana Kartu Kredit vs Kartu Debit?
Gaji UMR Kredit Rumah, Bisa?
Bagaimana Bila KPR Macet?
Tanya Jawab Seputar Kredit Mobil
Bolehkah Memakai Kartu Kredit Orang Lain?
Apa Itu Asuransi Kartu Kredit?
Kartu Kredit Tanpa Bunga? Ya Kartu Kredit Bank Syariah
Orang Kaya Memakai Kartu Kredit? Kenapa Tidak Bayar Tunai?


Bagikan Ke Teman Anda