Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Untung Rugi Investasi Emas

Seperti halnya produk keuangan lainnya, emas bukanlah solusi satu ukuran untuk semua orang. Para pecinta emas meyakini adanya keuntungan dalam investasi tersebut, namun yang lain justeru berpikir menginvestasikan uang dalam bentuk emas adalah hal yang buruk.

Untuk membantu Anda mengetahui seluk beluk investasi emas, dan agar Anda semakin mantap terjun dalam bisnis ini, kami punya sederet pertimbangan mengenai untung rugi investasi emas.

Keuntungan Berinvestasi dalam Emas

  • Dapat digunakan sebagai asuransi inflasi

Salah satu alasan mengapa orang gemar berinvestasi dalam emas adalah untuk melindungi diri mereka dari inflasi. Polanya adalah, ketika nilai mata uang dalam negeri menurun nilainya secara signifikan, emas justru cenderung meningkatkan nilainya.

  • Sebagai asuransi bencana keuangan

Demikian pula ada yang beranggapan bahwa emas bisa menjadi penolong ketika terjadi depresi keuangan, perang besar, atau saat ekonomi hancur, nilai emas akan tinggi. Misalnya saja pada tahun 2007 ketika pasar saham turun, maka semua orang berbondong-bondong menaruh kepercayaannya pada emas. Meningkatnya permintaan emas tersebut mendorong nilai emas menjadi semakin tinggi.

  • Diversifikasi

Peribahasa yang sering dianut oleh para pebisnis adalah “Jangan meletakkan telur Anda dalam satu keranjang”. Artinya, Anda dapat melakukan investasi ganda dengan membeli saham, obligasi, properti, dan termasuk pula emas. Dengan demikian, apabila pasar ambruk dan tiga investasi pertama Anda jatuh, Emaslah yang akan tampil dengan nilai tinggi.

  • Tidak butuh proses yang rumit

Membeli emas batangan atau emas koin prosesnya jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan memilih saham atau properti sebagai lahan investasi Anda.

  • Merupakan investasi yang “nyata”

Banyak orang merasa kurang nyaman dengan membeli aset yang tidak dapat mereka sentuh secara nyata, seperti halnya saham atau cryptocurrency. Mereka masih ragu apakah “file elektronik” yang demikian dapat mempertahankan nilainya dalam jangka waktu yang panjang.

Sementara itu, emas telah terbukti dapat mempertahankan nilainya, bahkan menjadi lebih besar dari tahun ke tahun.

  • Merupakan sebuah spekulasi

Dengan kata lain, Anda mungkin bisa bertaruh bahwa harga emas akan selalu naik. Anda pun bisa mengira-ngira kapan waktu terbaik untuk menjual emas dengan keuntungan tertinggi.

Maka apabila Anda tertarik dengan investasi jangka pendek atau menengah, berbisnis emas adalah pilihan yang tepat.Namun pastikanlah terlebih dahulu bahwa Anda telah melakukan riset dan berdagang dengan kapasitas yang Anda miliki, tidak perlu juga untuk mempertaruhkan semuanya pada emas.

Kerugian Berinvestasi dalam Emas

  • Tidak menghasilkan

Anda dapat memperoleh bunga jika Anda menaruh investasi pada deposito berjangka. Anda akan menerima deviden untuk saham yang Anda miliki. Demikian pula Anda bisa menarik uang sewa dari properti yang Anda sewakan. Tapi Anda tidak akan mendapatkan apa-apa dari memiliki emas. Emas hanya akan menghasilkan uang saat Anda menjualnya.

  • Keuntungan modal rendah

Properti dan juga saham cenderung meningkat drastis nilainya dalam jangka waktu yang panjang. Misalnya saja harga emas naik 132,9 % antara tahun 1980 -tahun 2017. Sedangkan investasi lainnya melonjak hingga 1.133,5 %.

Dengan mengetahui fakta di atas, kami rasa Anda mulai mengerti bahwa berdasarkan pengembalian historis, emas adalah investasi yang buruk. Maka sebaiknya jangan letakkan emas pada investasi teratas Anda.

  • Mengganggu dalam Bertransaksi

Toko emas kerap kali mengantongi marjin yang signifikan dalam membeli dan menjual emas. Begitu pula dengan keasliannya kerap kali menjadi permasalahan. Ketika Anda membeli, Anda harus memastikan bahwa barang tersebut adalah emas asli, sementara ketika Anda menjulnya, Anda pun harus membuktikan terlebih dahulu bahwa emas tersebut asli.

Begitu pula ketika Anda tidak memiliki banyak uang untuk dibelanjakan secara langsung, Anda dengan terpaksa harus menjual emas untuk mendapatkan uang. Padahal bisa saja saat itu harga emas sedang rendah.

  • Bukan lagi jadi tren

Pada suatu masa, Anda bisa mengandalkan emas sebagai bentuk investasi, karena trennya sedang naik ketika itu. Namun jika melihat hari-hari ini, investasi justru cenderung mengarah pada criptocurrency seperti Bitcoin. Sementara investasi emas sepertinya tidak mengalami perkembangan yang siknifikan.

  • Sulit untuk Menyimpan

Salah satu yang tersulit dalam berinvestasi pada emas adalah tempat Anda menyimpannya. Jika Anda belum memiliki tempat yang benar-benar aman untuk menyimpan emas, sebaiknya tunda terlebih dahulu investasi ini.

  • Volatilitas

Harga emas tidak dapat diprediksi dan dapat berubah sewaktu-waktu dalam tempo singkat. Misalnya saja, pada tahun 2010 harganya naik sebanyak 30,6 %, dan pada tahun 2013 harganya turun sebanyak 27,6 %.

  • Emas tidak berharga apabila segalanya menjadi sangat buruk

Kami telah menyampaikan di atas bahwa emas dapat menjadi asuransi ketika terjadi inflasi di Negara Anda. Tetapi bayangkan jika segala sesuatunya berubah menjadi labih buruk dan semakin liar. Ketika mata uang benar-benar tidak lagi berharga dan kita harus menggunakan barang-barang untuk bertahan hidup, berapakah nilai emas saat itu?

Anda tentu tidak dapat memakan emas, Anda pun tidak dapat membuat apa pun dengan mudah menggunakan emas. Jadi saat itu nilai emas Anda tidak aka nada artinya sama sekali, bahkan mungkin nilainya sama dengan batu yang bisa Anda lemparkan begitu saja.

Emas itu dingin, keras, dan dalam dirinya sendiri tidak menghasilkan apa pun. Namun orang-orang tetap saja mencarinya dan mencoba meraih keuntungan darinya. Bagaimana dengan Anda? Sudahkan Anda memutuskan akan berinvestasi dalam emas atau tidak?

Namun bukankah setiap investasi akan melahirkan resiko-resiko tertentu? Maka dimanapun Anda menempatkan investasi Anda, pastikan bahwa hal tersebut cocok dan sesuai dengan kemampuan Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang untung rugi investasi emas, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Pengaruh Inflasi terhadap Investasi
Definisi Reksadana Terproteksi
Mengenal Single Investor Identification (SID) dan Manfaatnya
7 Tip Perencanaan Keuangan Pribadi dan Investasi
Tipe-Tipe Bond (Obligasi)
Untung Rugi Menjual Mobil Secara Pribadi
Investasi Bodong? Laporkan ke Satgas Waspada Investasi!
Bayar Hutang atau Investasi, Mana yang Harus Didahulukan?
Untung Rugi KPR Refinancing
11 Hal yang Wajib Ditanyakan Sebelum Membeli Saham


Bagikan Ke Teman Anda