Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Solusi Bagi Para Pengangguran dan Korban PHK

Pengangguran adalah masalah yang dihadapi tidak hanya oleh masyarakat Indonesia, tetapi terjadi di seluruh dunia. Apalagi di musim pandemi seperti ini, dimana krisis ekonomi terjadi dimana-mana dan korban PHK semakin banyak.

Jika Anda saat ini sedang menganggur atau baru saja terkena PHK, jangan buat diri Anda semakin terpuruk. Berikut beberapa solusi untuk membantu Anda mempersiapkan diri mencari pekerjaan yang baru dan tetap produktif.

  1. Temukan support system yang kuat

Banyak orang cenderung mengurung diri karena menganggur. Mereka tidak merasa percaya diri bertemu dengan teman atau keluarga. Padahal menemukan sistem dukungan yang kuat akan membantu Anda bangkit dari keterpurukan.

Jangan menutup diri dari orang-orang yang menyayangi Anda, baik itu keluarga maupun sahabat. Anda mungkin akan menemukan teman-teman baru dalam perjalanan mencari pekerjaan. Jika selama ini Anda hidup terpisah dari keluarga, habiskan waktu dengan mereka sebelum Anda kembali berjuang untuk mendapatkan pekerjaan.

  1. Bangun networking dengan teman lama dan relasi baru

Meski banyak orang paham betapa pentingnya membangun jaringan atau networking. Namun banyak juga yang takut untuk melangkah. Jangan takut untuk menghubungi teman-teman lama yang dekat dengan Anda. Tidak melulu masalah pekerjaan, Anda bisa berdiskusi dengan mereka dan memunculkan ide-ide baru yang mungkin berguna di masa depan.

Selain itu, Anda juga bisa membangun relasi baru dengan orang-orang yang senasib sepenanggunan dengan Anda, bertukar informasi yang berguna dan saling mendukung satu sama lain.

Tidak peduli berapa lama sudah Anda menganggur, jangan pernah berhenti membangun network. Pastikan tetap ada orang-orang yang tahu dan menyadari keahlian yang Anda miliki. Dengan demikian, Anda punya peluang untuk direkomendasikan.

  1. Buatlah resume yang kuat

Meski kini Anda sedang menganggur dan tidak punya pekerjaan, bukan berarti CV atau resume Anda juga ikut “menganggur”. Bangun resume baru yang menunjukkan semua kelebihan, ketrampilan, keunggulan, dan keahlian Anda.

Inilah pentingnya untuk tetap produktif selama menganggur. Anda harus mengumpulkan sebanyak mungkin senjata yang bisa digunakan dalam mencari pekerjaan baru. Isi hari-hari Anda dengan melatih kemampuan baru, mengikuti kursus atau workshop yang tersedia dan bisa mendukung perkembangan karir Anda ke depannya.

  1. Latih kemampuan untuk wawancara kerja

Semakin lama Anda menganggur, maka semakin negatif pula pandangan perusahaan atau pemberi kerja pada Anda. Itulah mengapa Anda tidak boleh berhenti melatih kemampuan dalam berbicara dan menjawab pertanyaan saat wawancara kerja.

Meski Anda tidak tahu kapan Anda menerima panggilan kerja, mempersiapkan diri selama mungkin waktu yang dimiliki tidak akan merugikan diri Anda sendiri.

  1. Coba peruntungan dengan bekerja sendiri

Jika Anda merasa sudah terlalu lama menganggur dan banyak ditolak saat melamar pekerjaan, mungkin sudah saatnya Anda membuka pekerjaan untuk diri sendiri. Kini menjadi pekerja lepas atau freelancer menjadi tren baru, terutama di kalangan generasi millennial.

Jangan salah, dari segi finansial, para pekerja lepas tidak kalah dengan mereka yang bekerja kantoran lho. Apalagi jika Anda memiliki keahlian unik atau bisa menemukan pekerjaan tepat, uang dihasilkan juga akan jauh lebih banyak.

  1. Belajar keahlian digital

Di era digital seperti ini, apa lagi yang paling dibutuhkan bila bukan skill atau keahlian digital. Keahlian digital bisa dipelajari secara virtual melalui kursus online atau secara otodidak dengan mempelajari tutorial yang ada di YouTube atau media lainnya.

Beberapa contoh keahlian digital yang sangat dibutuhkan saat ini adalah:

    • Desain grafis

Tingginya penggunaan media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan bisnis membuat desainer grafis menjadi posisi yang sangat menjanjikan. Jika Anda sudah punya keahlian ini, bangun portofolio dengan mengumpulkan semua desain yang pernah dibuat. Yang Anda butuhkan hanyalah laptop dengan spesifikasi yang mendukung untuk menjalankan berbagai program desain.

    • Copywriting

Menulis menjadi salah satu keahlian yang paling diminati di dunia kerja saat ini. Terutama kemampuan dalam memasarkan produk lewat tulisan atau yang disebut dengan copywriting. Asah kemampuan untuk membuat tulisan pendek yang bisa meyakinkan orang untuk membeli produk-produk tertentu yang ditawarkan oleh para klien. Menulis adalah kemampuan yang bisa diasah asalkan Anda mau berusaha. Mulailah dengan banyak membaca, maka perbendaharaan kata pun akan semakin banyak. Selain itu, Anda juga bisa mempelajari berbagai macam gaya penulisan.

    • Videografi

Kemampuan videografi kini sama pentingnya dengan fotografi. Popularitas YouTube dan vlogging membuat permintaan akan videografer semakin meningkat juga. Anda bisa belajar secara otodidak melalui berbagai video yang ada di internet. Kalau Anda sudah punya modal awal berupa kamera dan laptop yang mumpuni, maka kini saatnya kamu melakukan eksekusi dan Tindakan nyata.

    • Programming

Buat Anda para nerd yang suka dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan teknologi, asah ketrampilan dalam pemrograman. Kini banyak startup di bidang teknologi yang bermunculan dan membutuhkan keahlian programming tanpa mempedulikan pengalaman dan latar belakang pendidikan.

  1. Perhatikan kebahagiaan dan kesejahteraan diri sendiri

Inilah hal penting yang sering dilupakan oleh banyak orang. Mereka terlalu fokus dalam mencari pekerjaan dan melatih skill baru hingga lupa bahwa yang paling penting adalah kebahagiaan iri dan kesejahteraan mental.

Bila Anda merasa perlu menyendiri, maka pergilah untuk menenangkan diri. Apalagi buat Anda yang baru saja kehilangan pekerjaan dan belum lama menganggur, tentu Anda membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan status baru ini. Jadi apapun kondisi Anda, pastikan bahwa diri Anda tetap bahagia.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang solusi bagi para pengangguran dan korban PHK, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Kalau Lupa PIN ATM? Ini Solusi & Tip Memilih PIN ATM
Terkena PHK Ketika KPR Belum Lunas. Apa yang Harus Dilakukan?
Bagaimana Cara Pemerintah Untuk Mengurangi Pengangguran di Negaranya?
Contoh Pengangguran Friksional Beserta Dengan Penyebabnya
Apa yang Harus Dilakukan Bila Terkena PHK Secara Tiba-Tiba
Pengaruh Inflasi terhadap Pengangguran
10 Negara dengan Jumlah Pengangguran Besar
Akankah Pengangguran Digaji?
Apa itu Pengangguran Friksional?
Hubungan Antara Inflasi dengan Pengangguran


Bagikan Ke Teman Anda