Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tip-tip Membuat CV Yang Bagus

Anda ingin mencari pekerjaan baru? Pastinya banyak sekali peluang dari pekerjaan impian yang sudah ditemukan. Dan untuk meraih pekerjaan itu, pastinya anda harus mengirimkan CV yang bagus. Dalam berburu pekerjaan, CV adalah hal yang terpenting.

Dalam sebuah penelitian, menyatakan bahwa rata-rata HRD akan melihat CV hanya dalam 6 detik saja. Terdengar agak kasar ya? Karena pasti anda menghabiskan waktu untuk menata CV, memberi foto, menulis-nulis dan sebagainya. Namun memang itu benar terjadi.

CV anda adalah hal yang terpenting meskipun hanya dilihat sebentar saja. Jika CV anda bagus, maka bisa saja diwawancarai dalam waktu singkat. Tetapi jika terdapat kesalahan, bisa saja akan menghadapi penolakan.

Curriculum vitae adalah dokumen pemasaran pribadi yang digunakan untuk mempromosikan diri kepada calon pemberi kerja. Sehingga harus bisa memberitahu dan menceritakan tentang anda, latar belakang, keterampilan dan kemampuan, serta pencapaian anda. Dan pada akhirnya, calon pemberi kerja akan menganggap bahwa anda adalah orang terbaik, orang yang tepat untuk pekerjaan itu.

Sebenarnya struktur dari pembuatan curriculum vitae fleksibel. Namun memang ada beberapa bagian yang diharapkan pemberi kerja untuk dilihat di CV anda. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam CV anda:

  • Tampilan CV

Hal yang pertama kali dilihat dari CV adalah tampilan. Sehingga harus dipastikan bahwa tampilan CV yang dibuat tidak terlalu mencolok dan juga tidak monoton. Selain itu, pastikan format fonts yang digunakan adalah yang bisa menunjukkan keprofesionalan, jelas, dan mudah untuk dibaca seperti Arial atau Times New Roman, dan hindari font seperti Comic Sans. Ukuran font yang ideal dan mudah dibaca berkisar antara 10 dan 12.

Pada bagian judul, bisa membesarkan ukuran font hingga 14 dan 16, serta ditebalkan. Tidak hanya itu, daftar segala hal yang dibutuhkan dengan menggunakan poin-poin yang simpel dan jelas. Dan juga, biasanya CV menggunakan kertas A4 yang dicetak pada 1 bagian kertas, dan jangan sesekali melipat CV.

  • Isi dari CV

Setelah melihat tampilan, calon pemberi kerja pasti membaca CV untuk mengetahui segala hal dari anda. Maka dari itu, terdapat beberapa bagian yang harus ada dalam CV anda. Beberapa bagian tersebut yaitu:

    • Informasi diri

Bagian pertama dalam CV, yang biasanya diletakkan di bagian atas halaman, adalah informasi diri yang biasanya berisi nama, title, dan detail kontak. Tidak dianjurkan untuk memberi judul CV anda dengan “Curriculum vitae” karena akan membuang-buang ruang yang berharga. Maka dari itu, perlakukanlah nama Anda sebagai judul.

Detail kontak adalah hal yang sangat penting. Bagian itu harus berisi kontak anda dengan lengkap, seperti alamat email, nomor telefon, media sosial seperti LinkedIn, twitter, Quora, blog, Youtube, jika memang relevan dengan pekerjaan anda. Bisa juga dengan mencantumkan alamat lengkap atau cukup dengan kota atau kabupaten anda.

    • Profil pribadi

Selanjutnya adalah profil pribadi, yang berisi tentang pernyataan pribadi, tujuan karir, dan profil profesional. Hal ini sangat penting untuk memberikan gambaran tentang siapa anda dan diri anda kepada calon pemberi kerja.

Pada bagian ini, anda harus menyesuaikan profil anda dengan pekerjaan yang akan dilamar, menyoroti kualitasnya sehingga akan cocok dengan pekerjaan. Usahakan untuk membuat pernyataan profil pribadi anda secara ringkas dan tidak lebih dari beberapa kalimat. Untuk memanfaatkannya semaksimal mungkin, sebaiknya berisi seperti siapa anda, apa yang bisa anda lakukan di perusahaan tersebut, dan tujuan karir anda.

    • Pengalaman kerja

Pada bagian pengalaman kerja, bisa dicantumkan riwayat pekerjaan yang pernah dilakukan, magang kerja, dan pengalaman kerja sebelumnya. Buat daftar pengalaman anda dengan urutan kronologis terbalik, yaitu mulai dari yang dahulu hingga sekarang. Karena peran terakhirlah yang paling relevan bagi perusahaan. Namun perlu diperhatikan jika anda memiliki posisi yang lebih dari 10 tahun, lebih baik menghapusnya.

Ketika membuat daftar setiap pekerjaan, sebutkan judul pekerjaan, perusahaan, dan juga tanggal atau tahun anda bekerja. Selanjutnya tunjukkan kemampuan, keterampilan, dan pencapaian anda, dan berikan poin berupa angka untuk mendukung dan menunjukkan tingkat kemampuan anda.

    • Pencapaian pendidikan

Seperti halnya pengalaman kerja, riwayat pendidikan juga harus dicantumkan dengan urutan kronologis terbalik. Selain itu, cantumkan nama sekolah dan universitasnya, serta tanggal pendidikan. Dan juga akan lebih baik jika diikuti dengan nilai yang anda capai.

    • Bagian tambahan

Selain yang telah disebutkan, ada beberapa bagian tambahan yang bisa menjadi pilihan untuk dimasukkan dalam CV agar bisa memperkuat dan menonjolkan keterampilan anda. Beberapa bagian tambahan tersebut seperti :

    • Keterampilan utama

Beberapa kemampuan yang anda miliki bisa ditambahkan dalam profil. Masukkan keterampilan utama di bawah profil pribadi. Anda bisa menuliskan sebanyak empat hingga lima kemampuan.

    • Hobi dan minat

Jika anda masih merasa CV anda kurang, anda bisa memasukkan hobi dan minat di bagian akhir, untuk membantu dan menunjukkan seberapa cocok anda dengan perusahaan atau industri. Seperti jika anda melamar di bidang lingkungan, anda bisa memasukkan tentang minat besar anda sebagai aktivis perubahan iklim.

    • Sertifikat

Anda bisa menambahkan daftar beberapa sertifikat kemampuan, sertifikat pengalaman, ataupun piagam penghargaan yang pernah diraih.

    • Bahasa

Sebagian besar perusahaan saat ini bersifat internasional. Sehingga kemampuan berbahasa bilingual sangat menunjang dan bisa menambahkan keunggulan. Meskipun keterampilan bahasa tidak selalu diperlukan dalam beberapa posisi, namun pasti akan berguna dikemudian hari. Dalam pembuatan daftar kemampuan bahasa, bisa mengkategorikannya di antara asli, fasih, ahli, menengah, dan dasar. Dan kejujuran anda sangatlah penting dalam hal ini.

Itulah beberapa tips pembuatan CV yang perlu diperhatikan. Karena CV adalah kesempatan Anda untuk membuat kesan pertama dari calon pemberi kerja, dan bisa membantu anda di langkah berikutnya. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tips membuat CV yang bagus, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tips dari Orang Kaya untuk Kalian yang Ingin Bebas Finansial
Tips dan Trik Menjual Rumah di Tengah Pandemi Corona
Sekolah Tutup, Ini Dia Tips Belajar di Rumah untuk Anak
Tip-Tip Tetap Bertahan Menghadapi PHK
Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Lockdown
Tip untuk Seorang Sales? Simak Masukan Berikut
Tips Mencari Ide Nama Acara/Event
Tips Melindungi Diri Dari Penipuan Dan Pencurian Identitas
Tips Umum Mengatur Keuangan Rumah Tangga
Tips Finansial untuk Buruh Kelas Menengah ke Bawah


Bagikan Ke Teman Anda