Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Perkataan yang Biasa Diucapkan Pemimpin Hebat Setiap Hari

Demi menjadi pemimpin yang sukses, ada banyak hal yang harus dipelajari. Tidak hanya pengetahuan yang luas, tetapi juga tindakan dan perkataan. Seorang pemimpin disukai dan dihormati sangat tergantung dari bagaimana cara ia memimpin. Terdengar pula dari setiap perkataan yang ia ucapkan.

Setiap pemimpin pasti ingin menjadi pemimpin yang terbaik. Disukai sebagai rekan kerja dan dihormati sebagai bos. Terlebih lagi, sikap sebagai pemimpin sangat menentukan suasana kerja. Perlu diingat pula bahwa cara pemimpin terhubung dengan bawahan merupakan aset penting yang harus terus diijaga. Termasuk juga cara pemimpin dalam berkata dan memerintah.

Ada beberapa perkataan yang sebaiknya dikatakan pemimpin agar perkataanya didengar bawahan dan memberikan nilai positif bagi mereka. Berikut sepuluh diantaranya:

  1. Bagaimana cara saya membantu?

Begitu seorang pemimpin telah menempatkan tim pada tempatnya dan dengan bagian-bagian pekerjaan yang jelas, sangat penting bagi pemimpin untuk membiarkan tim mengerjakan pekerjaannya. Tugas pemimpin adalah melakukan apa yang bisa dikerjakan untuk membantu tim meraih kesuksesan.

Karena itu, katakan pada diri kamu sendiri, bagaimana cara kamu membantu tim. Dari situ, akan bisa kamu temukan apa yang menjadi rintangan tim. Apakah yang mereka membutuhkan nasehat atau arahan.

  1. Kamu melakukan pekerjaan yang luar biasa hari ini

Demi tetap membuat tim dalam keadaan positif dan penuh semangat, jangan pernah lupa untuk mengatakan ‘kamu telah melakukan pekerjaan yang baik hari ini’. Jika perlu katakan ‘luar biasa’. Meski terkadang terkesan formalitas, tetapi percayalah bahwa rekan kerja kamu menyukai pujian kecil ini. Apalagi datang dari pemimpinnya.

Mereka akan merasa didengarkan dan kamu sebagai pemimpin akan biasa mendengarkan dari sini. Tetapi sayangnya, banyak pemimpin yang lupa mengatakan hal ini.

  1. Mengapa?

Tak masalah mengajukan pertanyaan pada mereka. Toh seorang pemimpin yang baik, selalu ingin tahu setiap hari. Kamu bisa mulai dengan mengajukan pertanyaan sederhana: mengapa?.

Pertanyaaan ini bisa memperlihatkan ketertarikan seorang pemimpin pada apa yang mereka kerjakan. Selain itu bisa pula membantu kamu memahami apa yang sedang mereka pikirkan dan telah sampai dimana. Pertanyaan ini juga cukup efektif untuk membawa kamu pada jawaban atas pertanyaan: “apa yang bisa saya bantu”.

  1. Tak masalah membuat kesalahan ataupun gagal, selama kita belajar darinya dan menjadi lebih baik

Budaya menerima kesalahan dan kegagalan dimulai dari atas. Ini perlu ditanamkan pada tim. Mengambil risiko dan gagal, bukanlah suatu yang harus dipermasalahkan, selama tim bisa dengan cepat belajar dari kesalahan dan kegagalan tersebut. Jadi katakan pada tim bahwa kamu menerima kegagalan ataupun kesalahan selama tim belajar dari hal tersebut.

  1. Saya tidak tahu segalanya

Pemimpin yang baik memiliki sifat rendah hati dan mengakui apa yang tidak mereka ketahui. Pemimpin yang buruk berpikir kalau semua orang mengharapkan mereka mengetahui semua hal dan mereka membiarkan ego tersebut menjadi penghalang komunikasi yang jujur.

Karenanya, katakan pada tim jika kamu memang tidak mengetahui sesuatu. Cara ini akan membuat kamu dan tim lebih banyak berkomunikasi. Tidak ada yang salah dari ketidaktahuanmu.

  1. Apa yang dapat saya lakukan hari ini untuk memajukan perusahaan?

Jelas ini adalah sesuatu yang akan dikatakan oleh seorang pemimpin kepada dirinya sendiri, bukan kepada rekan kerja dengan suara keras. Dengan terbiasa bertanya pada diri sendiri tentang apa yang bisa kamu lakukan untuk membuat perusahaan lebih sukses, kamu akan terbiasa untuk terus memikirkan perusahaan dan membuat inovasi-inovasi terbaik. Kamu juga akan terbiasa untuk terus belajar.

  1. Apa yang akan kamu lakukan

Jika ada masalah, bukan berarti kamu sebagai pemimpin yang harus memecahkannya sendiri. Coba dengarkan anggota tim dan bertanya pada mereka bagaimana cara mereka menyelesaikan masalah tersebut. Cara ini akan membuat tim terus tumbuh dalam kepercayaan diri yang bagus. Mereka akan lebih siap untuk menghadapi setiap tantangan.

  1. Saya percaya padamu

Salah satu hal tersulit adalah memberikan kepercayaan pada orang lain untuk mengerjakan sesuatu. Apalagi jika masih ada pikiran bahwa kamu bisa mengerjakannya dengan lebih baik. Tetapi percayalah, jika sudah menjadi sebuah tim, kamu harus menaruh kepercayaan pada tim kamu untuk mengerjakan sesuatu yang menjadi tugasnya.

Lebih baik, katakan bahwa kamu mempercayainya agar mereka mengerjakannya dengan penuh sikap positif.

  1. Saya bangga padamu

Jika tim sudah mengerjakan sesuatu sesuai dengan apa yang sudah menjadi rencana, maka katakan bahwa kamu bangga padanya. Dengan begitu, tim akan merasa bahwa apa yang telah mereka kerjakan dihargai oleh pemimpinnya. Pada jangka panjang, tim akan terus menaruh kepercayaan yang telah kamu berikan pada setiap pekerjaan yang mereka kerjakan. Tentu ini sangat bagus untuk tim kamu.

  1. Terimakasih dan tolong

Setiap tim selesai mengerjakan sesuatu, maka jangan lupa untuk mengatakan terimakasih. Bagaimanapun mereka telah mengerjakan sesuatu yang hebat. Kata terimakasih juga menunjukkan bahwa kamu benar-benar membutuhkan bantuanya. Jangan lupa pula, setiap kali memerintah mulai dengan kata ‘tolong’. Dengan begitu, apa yang kamu katakan lebih terdegar sebagai seorang teman yang butuh bantuan.

Tidak mudah untuk menjadi pemimpin yang hebat. Tetapi ada banyak cara yang bisa kamu pelajari untuk mencapainya. Termasuk juga dalam berkata, kamu perlu tahu mana yang sebaiknya kamu katakan dan mana yang tidak. Dengan cara itu, kamu akan dihormati sebagai pemimpin dan disukai sebagai rekan kerja.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 perkataan yang biasa diucapkan pemimpin hebat setiap hari, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Kamu Lebih Menyala
Bagaimana Menjadi Orang yang Berpengaruh?
10 Hal yang Harus Dilakukan Setiap Hari agar Menjadi Lebih Pintar
Alasan Mengapa Disiplin itu Penting
Apa yang Membuat Seorang Pemimpin Menjadi Good Leader?
Apa itu Keunggulan Komparatif?
Apa yang Membuat Orang Mentalnya Kuat?
Perbedaan Kepemimpinan dan Manajemen
Cara untuk Mengembangkan Hidup Anda
Cara-cara Menjadi Orang yang Berkarisma/Karismatik


Bagikan Ke Teman Anda