Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Keunggulan Komparatif?

Tidak banyak orang yang mengetahui tentang keunggulan komparatif. Keunggulan komparatif adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh individu, negara maupun perusahaan untuk menghasilkan barang atau jasa dengan menggunakan sejumlah biaya yang lebih rendah dibandingkan biaya yang dikeluarkan oleh pesaingnya.

Keunggulan komparatif dapat memberikan kemampuan untuk menjual barang dan jasa dengan harga yang lebih rendah daripada pesaingnya. Selain itu, keunggulan komparatif juga dapat membantu para pengusaha menyadari margin penjualan yang lebih kuat.

Pengeluaran biaya dalam jumlah cukup besar oleh pesaing yang memiliki keunggulan komparatif belum tentu akan mendapatkan hasil lebih baik dibandingkan dengan yang lain dalam memproduksi barang atau jasa. Hal itu membuktikan bahwa suatu pengorbanan berupa pengeluaran biaya atau modal yang lebih besar belum tentu dapat menghasilkan suatu keuntungan.

Sebelum hadirnya teori keunggulan komparatif, telah muncul suatu gagasan yang bernama teori keunggulan absolut. Sebetulnya teori keunggulan absolut sendiri memiliki kelemahan yaitu tidak mampu memberikan suatu argumentasi ketika dimintai penjelasan mengenai kondisi suatu negara yang tidak memiliki keunggulan absolut atas suatu produknya sama sekali. Akan tetapi, negara tersebut tetap mampu melakukan penjualan produk ke luar negerinya (ekspor).

Maka dari itu, teori keunggulan komparatif dijadikan sebagai pelengkap sekaligus perbaikan atas teori absolut. Teori keunggulan komparatif telah membuat suatu argumentasi yang menyatakan bahwa efisiensi suatu industri dapat meningkatkan jumlah produksi meskipun sama sekali tidak memiliki keunggulan absolut.

Teori ini memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap negara yang hendak melakukan perdagangan internasional sehingga sangat disarankan untuk melakukan spesialisasi produk dan mengekspor produk yang memiliki keunggulan komparatif. Sedangkan produk yang tidak memiliki keunggulan komparatif hendaknya dilakukan impor saja sehingga tidak memberikan dampak inflasi.

Peran negara dalam memproduksi barang yang memiliki nilai keunggulan komparatif dibandingkan negara lainnya sangatlah penting demi mendapatkan kesuksesan dalam melakukan ekspor. Keunggulan komparatif merupakan suatu kondisi dimana suatu negara memiliki keunggulan lebih besar terhadap suatu barang tertentu dibandingkan barang lainnya, sedangkan dalam kondisi yang sama negara lain justru memiliki keunggulan lebih kecil dan kelemahan pada barang tersebut.

Teori ini menyatakan bahwa sistem perdagangan masih dapat berjalan dengan baik dan tetap memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak meskipun hanya ada satu negara yang memiliki keunggulan komparatif pada kedua jenis barang sebagai contoh yaitu tenaga kerja yang terampil.

Keunggulan komparatif sendiri pertama kali dicetuskan oleh David Ricardo. Beliau menjelaskannya dalam buku yang ditulis olehnya pada tahun 1817 yang berjudul  “On the Principles of Political Economy and Taxation”. Dalam buku tersebut, dia menggunakan negara Inggris dan Portugal sebagai contoh. David Ricardo menuturkan bahwa Portugal mampu memproduksi kain dan anggur dengan menggunakan tenaga kerja berjumlah lebih sedikit dibandingkan dengan Inggris. Akan tetapi, kain yang diproduksi Inggris memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan negara Portugal. Maka tidak heran jika Inggris lebih memilih untuk melakukan ekspor kain dan mengimpor anggur dari Portugal.

Contoh lainnya dari keunggulan komparatif yaitu antara negara Cina dengan Amerika Serikat dalam bentuk tenaga kerja murah. Para pekerja Cina memproduksi barang-barang konsumen sederhana dengan biaya pengeluaran yang jauh lebih rendah. Sedangkan keunggulan komparatif Amerika Serikat terletak pada tenaga kerja khusus yang memiliki banyak modal. Pekerja Amerika Serikat mampu menghasilkan peluang investasi dengan biaya peluang yang lebih rendah.

Intinya, keunggulan komparatif menjelaskan alasan dari suatu negara yang dapat memproduksi dan melakukan ekspor sesuatu meskipun para penduduknya tampak tidak memiliki keterampilan dalam memproduksi jika dibandingkan negara lainnya. Oleh karena itu, akan lebih baik apabila suatu negara mengkhususkan diri dalam memproduksi barang-barang tertentu yang mana mereka memiliki keunggulan komparatif di dalamnya.

Keunggulan komparatif sangat bertolak belakang dengan keuntungan absolut. Dimana keunggulan absolut lebih mengacu pada kemampuan menghasilkan suatu barang dan jasa yang lebih banyak atau lebih baik dibandingkan orang lain. Sedangkan keunggulan komparatif lebih mengacu pada kemampuan untuk menghasilkan barang dan jasa dengan biaya pengeluaran yang lebih rendah, namun tidak harus pada volume atau kualitas yang lebih besar.

Adam Smith (wikipedia.org)

Pencetus teori keunggulan absolut yaitu Adam Smith berpendapat bahwa suatu negara memiliki keunggulan absolut dibandingkan negara lainnya jika negara tersebut telah memproduksi barang atau jasa yang tidak dapat diproduksi oleh negara lainnya.

Setidaknya terdapat empat hal yang mendasari asumsi pokok dari teori keunggulan absolut yaitu pertukaran dilakukan secara barter, kualitas barang yang diproduksi kedua negara sama, biaya transportasi ditiadakan dan faktor produksi yang digunakan hanyalah tenaga kerja saja. Teori ini terkait dengan permainan hasil yang menyatakan bahwa keunggulan komparatif dapat membuat semua negara dapat memiliki hubungan yang damai dalam masalah perniagaan.

Demikianlah pemaparan mengenai keuntungan komparatif. Pada dasarnya keuntungan komparatif berlawanan dengan keuntungan absolut karena diantara keduanya terdapat acuan yang berbeda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang keunggulan komparatif, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tip Meningkatkan Kepercayaan Diri akan Kemampuan Sendiri
Cara untuk Mengembangkan Hidup Anda
Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Kamu Lebih Menyala
Hidup Pengen Berkembang, Ikuti Teknik Berikut
Kiat Jitu Reparasi Diri dan Meningkatkan Kemampuan Diri
Cara-cara Menjadi Orang yang Berkarisma/Karismatik
Tips Meningkatkan Percaya Diri
Tip Meningkatkan Kepercayaan Diri
Mengenal Karakteristik Orang dengan Mental Kuat
Kebiasaan-kebiasaaan Orang yang Sukses yang Patut Diteladani


Bagikan Ke Teman Anda