Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tips Mendapatkan Kebebasan Finansial Umur 30

Kebebasan finansial adalah sesuatu yang diimpikan oleh semua orang. Terlepas dari berapa banyak jumlah uang yang dimiliki, kebebasan finansial artinya kamu tidak perlu lagi khawatir masalah keuangan. Bahkan tanpa perlu bekerja, kamu masih bisa memiliki penghasilan lho.

Satu hal yang harus dipahami dari konsep kebebasan finansial adalah tidak harus menjadi kaya, banyak uang, dan terbebas dari hutang. Meski kamu belum kaya, kamu bisa bebas secara finansial. Bahkan menurut para ahli keuangan, mengejar kebebasan finansial lebih penting daripada menjadi kaya.

Kebebasan finansial dapat dicapai ketika Anda sudah memiliki pendapatan pasif, yaitu pendapatan di luar pekerjaan yang bisa kamu gunakan untuk membiayai kehidupan sehari-hair. Nah, sekarang pertanyaannya, mungkinkah mencapai kebebasan finansial sebelum usia 30 tahun? Tentu saja mungkin!

Inilah beberapa tips buat kamu yang ingin mendapatkan kebebasan finansial di umur 30.

1. Mulai Investasi Sedini Mungkin

Tidak ada usia yang pas untuk menentukan kapan saat terbaik untuk mulai berinvestasi. Saat terbaik adalah dengan memulainya sedini mungkin. Apakah kamu sekarang sedang ada di awal 20-an, pertengahan, atau menjelang akhir 20-an, mulailah berinvestasi segera setelah kamu membaca artikel ini.

Dengan memulai investasi sedini mungkin, kamu punya lebih banyak waktu untuk belajar, gagal, dan bangkit dari kegagalan. Belajarlah mulai sekarang tentang berbagai macam investasi yang ada, cari bantuan atau saran dari orang yang lebih berpengalaman dan lakukan hal ini secara terus menerus.

2. Sisihkan Sebagian Gajimu

Ketika kamu masih berusia 20-an dan belum menikah, maka kamu bisa mengelola gajimu sesuai keinginnan dan kebutuhanmu. Boleh saja bersenang-senang menikmati hasil kerja keras, tapi jangan lupa menyisihkan gaji yang kamu dapatkan setiap bulannya.

Misalnya kamu memutuskan untuk menabung 15% dari gajimu, maka sisihkan jumlah tersebut per bulan untuk tabungan jangka panjang atau dana darurat. Uang ini nantinya bisa kamu gunakan modal usaha atau investasi yang akan jadi awal untukmu menuju kebebasan finansial yang sesungguhnya.

3. Bedakan antara Kebutuhan dan Keinginan

Kebutuhan berbeda dengan keinginan. Memenuhi kebutuhan tidak akan menghabiskan uangmu, sementara menuruti keinginan bisa membuatmu jatuh bangkrut. Sayangnya, menahan keinginan untuk tidak membeli sesuatu lebih sulit dari apapun. Tapi jika kamu ingin mencapai kebebasan finansial sebelum umur 30, kamu harus belajar untuk tidak membeli semua barang yang kamu inginkan.

Pahami dulu konsep kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan adalah segala hal yang harus kamu miliki seperti makanan, tempat tinggal, pakaian, dan perawatan kesehatan. Mobil juga bisa menjadi kebutuhan jika pekerjaanmu bisa ditunjang dengan keberadaan mobil. Jika kamu sudah berkeluarga dan memiliki anak, investasi pendidikan juga menjadi kebutuhan.

Sementara keinginan adalah segala sesuatu yang ingin Anda miliki di luar kebutuhanmu. Semua hal yang termasuk keinginanmu harus kamu batasi jika kamu ingin mendapatkan kebebasan finansial.

4. Jangan Terfokus Pada Jumlah Kekayaan atau Pandangan Orang Lain

Selain kebutuhan dan keinginan, kamu juga harus memahami bahwa mendapatkan kebebasan finansial bukan berarti kamu harus kaya. Jika kamu takut dengan pandangan teman-teman atau orang di sekitarnya tentang “seberapa kaya dirimu”, hindari situasi dimana kamu harus menunjukkan “kekayaan”mu.

Membeli barang-barang mahal adalah salah satu cara tercepat untuk menghabiskan uang yang bisa kamu gunakan untuk memulai investasi atau membayar cicilan. Ingatlah bahwa harga dirimu tidak dinilai dari barang-barang yang kamu miliki. Tujuan yang sesungguhnya adalah menjadi kaya, bukan terlihat kaya di depan orang lain.

5. Hindari Besar Pasak daripada Tiang

Pentingnya budgeting, memangkas kebutuhan yang tidak perlu, hingga membedakan antara kebutuhan dan keinginan adalah untuk memastikan bahwa pengeluaranmu tidak akan melebihi uang yang kamu dapatkan. Jika kamu tidak bisa melakukan hal ini, sulit untuk bisa bebas secara finansial sebelum usiamu yang ke 30.

6. Membuat Dana Darurat

Dana darurat adalah uang yang bisa memenuhi kebutuhanmu selama 3-6 bulan. Fungsinya adalah sebagai dana yang bisa kamu gunakan saat muncul keadaan darurat, misalnya kehilangan pekerjaan. Besarnya dana darurat berbeda bagi setiap orang, tapi jumlah ideal yang disarankan adalah 3-6 kali biaya hidupmu per bulan. Jadi hitungannya adalah, jika kamu belum bisa mendapatkan pekerjaan baru selama 3 bulan, kamu masih bisa hidup dengan dana darurat.

Mulailah untuk menabung dana daruratmu sekarang. Tidak perlu besar, yang penting kamu sudah memulainya. Sisihkan agar tidak tercampur dengan uang yang kamu pakai untuk kebutuhan sehari-hari.

7. Memulai Usaha Sampingan

Definisi dari kebebasan finansial adalah mendapatkan uang dari sumber lain yang bukan pekerjaan utama. Kamu bisa mulai menyusun strategi untuk bebas secara finansial dengan memulai usaha sampingan. Bisa dalam bidang yang kamu sukai, bisa kamu mulai sendiri, atau bisa kamu mulai bersama teman-temanmu.

Tidak perlu membangun usaha yang besar. Kamu bahkan bisa memulai usaha sampingan dari hobimu lho. Misalnya kamu hobi otomotif, kamu bisa mulai menjual sparepart atau membuka bengkel kecil-kecil. Atau jika hobimu adalah berdandan, kamu bisa mulai menjual makeup. Perlahan tapi pasti, usaha sampingan bisa mendatangkan keuntungan besar jika kamu serius mengelolanya.

Kebebasan finansial bukan sesuatu yang mustahil didapatkan sebelum usiamu 30 tahun. Banyaklah membaca tentang pola pikir atau kebiasaan yang dimiliki oleh orang-orang kaya. Meski bebas secara finansial tidak harus menjadi kaya, bukankah akan lebih menyenangkan kalau kamu kaya dan bebas secara finansial? Dengan memiliki pola pikir yang benar, kamu sudah satu langkah menuju kebebasan finansial.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tips mendapatkan kebebasan finansial umur 30, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mau Bebas Finansial? 6 Tip Keuangan Ini Membuat Kamu Bebas Finansial
Nasihat Keuangan untuk Anak Muda Zaman Now
10 Cara Agar Anda Menjadi Kaya
Menetapkan Tujuan agar Sukses Finansial
Pengertian Zakat Tabungan dan Perhitungannya
Cara Membuat Budget Anggaran Keluarga
10 Tip Pengaturan Keuangan di Umur 40an
10 Kesalahan Keuangan yang Dilakukan oleh Milenial
Menjalani Hidup Sesuai Kemampuan Finansial Kita
10 Tip Jitu agar Terbebas dari Jeratan Utang dengan Cepat


Bagikan Ke Teman Anda