Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Hal-hal yang Harus Dilakukan Sebelum Usia 30

Setiap memasuki dekade baru, seseorang merasa seperti terlahir kembali. Terutama saat kamu masuk usia 20-an, 30-an, 40-an, dan seterusnya. Dekade baru adalah milestone atau loncatan untuk menuju hidup baru dan momentum untuk berubah menjadi lebih baik.

Kamu yang sekarang ada di usia 20-an pasti sedang sibuk merencanakan masa depan, mencari kebahagiaan, bahkan mencari jatidiri. Ada banyak hal yang ingin kamu capai dan lakukan sebelum memasuki usia 30.

Hal-hal apa yang tidak boleh kamu lewatkan sebelum kamu menginjak umur 30 tahun?

1. Hidup Terpisah dengan Orang Tua

Tinggal di rumah orang tua, bersama dengan orang tua, dengan semua kebutuhan dasar yang tercukupi adalah zona nyaman bagi setiap orang. Tapi jelas tidak ada tantangannya bukan? Sebelum kamu berumur 30 tahun, kamu harus punya pengalaman hidup sendiri secara mandiri, jauh dari orang tua. Meski hanya 1 tahun saja, akan ada banyak pelajaran yang bisa kamu dapatkan.

Selain belajar mandiri, kamu punya banyak waktu-waktu pribadi dengan dirimu, melakukan self-talk, dan refleksi diri.

2. Memulai Usaha

Jangan sampai ketika kamu masuk ke usia 30 tahun kamu belum pernah mencoba memulai usahamu sendiri. Kamu bisa menjalankan bisnis kecil-kecilan seperti menjual barang, menawarkan jasa, dan masih banyak lagi. Dari sini kamu akan mendapatkan banyak ilmu finansial seperti mengelola keuangan, berjuang mempertahankan usahamu agar kamu tidak bangkrut, dan menyelesaikan masalah yang muncul dalam usahamu.

3. Gagal Berulang Kali

Kamu pasti sudah sering mendengar perkataan “habiskan jatah gagalmu di usia muda”. Hal ini sangat benar. Mumpung kamu masih muda, kalahkan semua takut dan ragumu untuk mulai bergerak. Jangan takut gagal, karena kamu masih punya banyak waktu untuk bangkit lagi.

Jangan takut membuat keputusan yang radikal dan penuh resiko. Misalnya keluar dari pekerjaanmu yang sekarang dan mulai membangun usahamu sendiri. Meski kamu telah gagal ratusan kali selama usia 20-an, kamu akan merasa sangat bersyukur nanti ketika kamu mulai menginjak usia 30-an dan seterusnya.

4. Membentuk Kebiasaan Baik

Coba sekarang kamu gambarkan seperti apa dirimu di usia 30-an nanti. Setelah mendapat gambaran yang jelas, mulailah menyusun langkah-langkah untuk mewujudkan visi tersebut. Bentuk kebiasaan-kebiasaan baik dalam aktivitas sehari-hari.

Kamu bisa belajar mengelola keuangan, atau membaca buku tentang kebiasaan efektif di usia 20-an lalu mulai menerapkannya. Tuliskan kebiasaan buruk yang kamu lakukan saat ini, lalu ganti semuanya dengan kebiasaan positif yang akan membuat dirimu menjadi lebih baik.

5. Mencintai Apa yang Kamu Lakukan

Banyak orang di usia 20-an yang terjebak dalam pekerjaan yang tidak mereka cintai. Padahal mencintai pekerjaanmu adalah hal krusial untuk mendapatkan kebahagiaan dan meraih kesuksesan finansial. Mencintai pekerjaan adalah sesuatu yang bisa dipelajari.

Saat kamu mencintai apa saja yang kamu lakukan, maka kamu akan lebih bersemangat dan bekerja keras. Saat banyak orang berbicara tentang mengejar passion dan melakukan pekerjaan yang mereka cintai, mengapa kamu tidak memilih jalur berbeda dengan belajar mencintai apa yang kamu lakukan saat ini?

Mencintai pekerjaanmu dan melakukan pekerjaan yang kamu cintai adalah dua hal berbeda.

6. Membangun Koneksi yang Tulus

Tinggalkan dunia maya, mulailah berinteraksi di dunia nyata. Secanggih apapun teknologi internet tidak akan mampu menggantikan ketulusan hubungan yang dibangun secara nyata. Kamu yang lebih suka berdiam diri dirumah, bermain media sosial, game online, atau menonton film kesukaanmu di akhir pekan, cobalah untuk mengalahkan rasa capek dan malas untuk berinteraksi dengan dunia sekitar.

Bertemu dengan teman-teman lama, pulang ke rumah orang tua, dan menjalin interaksi dengan banyak orang secara nyata. Bahkan kamu juga bisa membangun koneksi yang menguntungkanmu nanti di masa depan.

7. Banyak Membaca Buku

Hal ini mungkin terdengar klise, namun membaca buku membuka sebuah dunia baru yang tidak pernah kamu temui sebelumnya. Kamu melihat bagaimana penulis memandang dan mengungkap sebuah permasalahan, lalu kamu bisa memasukkan pendapatmu sendiri di sana. Apakah kamu setuju dengan penulis, atau justru punya gagasan lain yang berbeda? Petik pelajaran dari setiap buku yang kamu baca, lalu terapkan dalam hidupmu.

Kamu bisa mulai membaca dari genre yang kamu sukai. Misalnya kamu suka membaca novel, bacalah sebanyak mungkin novel favoritmu. Yang terpenting adalah kamu harus mencintai membaca buku. Setelah kamu berhasil menumbuhkan rasa cinta terhadap membaca buku, kamu bisa mengembangkan jenis bacaanmu juga.

8. Menguasai Suatu Ketrampilan

Kalau kamu ingin mencoba banyak hal baru, sekaranglah saatnya sebelum kamu berumur 30 tahun. Namun daripada mencoba hal berbeda lebih baik kamu fokus mengembangkan satu ketrampilan. Mustahil bagi seseorang untuk bisa menguasai banyak hal sekaligus. Kuasai satu bidang dimana kamu merasa paling berbakat, tekuni dengan serius, dan jadikan peluang untuk sukses.

  1. Mengenal Diri Sendiri

Di usiamu yang ke-20 kamu harus tahu dirimu sendiri. Karakter kamu, apa yang kamu inginkan, visimu untuk masa depan, kekuatan dan kelemahanmu, peranmu bagi orang-orang di sekitarmu dan masih banyak lagi. Kamu harus tahu mana yang penting untukmu, mana yang harus kamu prioritaskan, dan mana yang harus kamu tinggalkan.

10. Jatuh Cinta

Setiap hubungan cinta selalu mengajarkan kamu sesuatu. Kamu akan terus tumbuh dan berkembang, meski kamu gagal dan terluka. Namun dari patah hati kamu akan mengerti arti cinta yang sesungguhnya. Sehingga saat kamu memasuki usia 30 tahun nanti kamu akan lebih matang dalam hal percintaan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang hal-hal yang harus dilakukan sebelum usia 30, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Nasihat Positif untuk Orang Muda Berumur di Bawah 30 Tahun
10 Hal yang Harus Dilakukan Saat Umur 20-an Agar Umur 30-an Lebih Baik
Tips Mendapatkan Kebebasan Finansial Umur 30
Hal-hal yang Harus Dilakukan di Usia 20-an agar Tidak Menyesal di Usia 30 Hingga 40-an
Aktivitas Membuang-buang Waktu yang Banyak Dilakukan di Usia 20-30an
Saran Profesional untuk Anak-anak Muda di Usia di Bawah 30 Tahun
Ingin Sukses? Kesalahan Ini Harus Dihindari Sebelum Usia 30
Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Sebelum Usia 30
14 Kisah Sukses di Usia Tua yang Begitu Inspiratif
Keunggulan Koperasi Dibandingkan dengan Badan Usaha Lainnya


Bagikan Ke Teman Anda