Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Nasihat Positif untuk Orang Muda Berumur di Bawah 30 Tahun

Usia 20-an adalah momen yang paling asyik untuk belajar banyak hal. Di umur tersebut, keingintahuan kita akan semakin besar. Ini merupakan hal yang positif, dengan memiliki pengetahuan yang luas, kita memiliki bekal lebih untuk bertahan mengarungi kehidupan ini.

Selain belajar hal-hal baru, ada baiknya Anda juga belajar dari orang yang lebih berpengalaman. Dengan begitu, Anda dapat belajar agar menjadi lebih baik dan tidak mengulangi kesalahan yang mereka lakukan di masa-masa itu. Oleh karena itu, di sini kami sudah merangkum beberapa nasihat untuk Anda sebelum menginjak usia 30 supaya Anda tidak melewatkan hal-hal yang seharusnya Anda lakukan.

1. Jangan Pernah Berhenti Belajar

Setelah lulus kuliah di usia 20-an, mungkin Anda berpikir bahwa ini adalah waktunya santai dan Anda dapat menikmati jerih payah selama Anda belajar di universitas. Apabila Anda berpikir demikian, perlu saya katakan bahwa Anda keliru. Justru setelah lulus kuliah adalah awal dari dunia yang sebenarnya, dimana Anda perlu memutuskan kemana arah yang ingin Anda tuju dan dunia seperti apa yang Anda inginkan.

Memilih berhenti belajar sama saja membiarkan diri Anda menjadi terbelakang. Sebab, di luar sana orang-orang terus belajar dan beradaptasi dengan perkembangan jaman. Dengan begitu, mereka akan cepat membaca peluang untuk maju. Oleh karena itu, meskipun setelah lulus Anda akan mendapatkan pekerjaan dan penghasilan sendiri, jangan pernah berhenti belajar.

2. Jagalah Kesehatan

Mungkin ini terdengar klise sehingga Anda akan mengabaikan nasihat ini. Namun perlu Anda ketahui bahwa kesehatan sangat berpengaruh terhadap produktivitas harian Anda. Sebisa mungkin untuk melakukan olahraga secara rutin. Sebab berdasarkan penelitian, olahraga akan menghasilkan hormon yang akan menjaga suasana hati Anda. Dengan suasana hati yang baik, Anda dapat mengontrol semua rencana agar berjalan dengan lancar dan terkendali. Selain berolahraga, perhatikan juga makanan harian Anda dan jaga stamina tubuh.

3. Travelling

Apabila Anda memiliki waktu, cobalah untuk melakukan travelling. Orang-orang tua mungkin akanĀ  berpikir bahwa travelling hanya membuang uang dan waktu. Ya memang benar, tapi bukankan ada harga yang harus dibayar apabila kita menginginkan sesuatu? Di sini saya akan memberikan sedikit gambaran mengenai manfaat travelling.

Dengan travelling Anda akan belajar bahwa dunia itu luas. Anda dapat melihat lingkungan lain selain lingkungan yang biasa Anda tinggali. Anda akan menyaksikan sendiri bagaimana kehidupan di sana, nilai moral yang mungkin berbeda, sudut pandang orang-orang sekitar, dan perbedaan-perbedaan lainnya. Dengan pikiran yang terbuka, Anda tidak akan gampang stress ketika masalah datang dan Anda tidak akan stuck di satu hal saja. Dan untuk travelling, tidak perlu memaksakan diri untuk pergi ke luar negeri, Indonesia memiliki banyak sekali tempat yang kaya akan wisata dan budaya.

4. Jangan Takut Membuat Banyak Kesalahan

Kebanyakan orang yang berasal dari keluarga konvensional berpikir bahwa usia di atas 25 adalah usia dewasa, yang mana Anda harus berhenti bermain-main dan fokus ke satu hal. Hal ini tidak salah, namun apabila Anda menginginkan sesuatu yang besar di depan sana, Anda harus banyak belajar. Dan dalam belajar tidak mungkin tidak membuat kesalahan. Seperti yang dikatakan Jack Ma, buatlah banyak kesalahan di usia 25-30 an, cobalah banyak hal yang menarik minat sampai Anda benar-benar menemukan. Baru kemudian, mulailah untuk fokus pada satu hal ketika usia 35.

5. Belajarlah Menabung

Banyak orang berpikir bahwa menabung dilakukan ketika ingin membeli sesuatu di kemudian hari. Memang tidak salah, namun sebaiknya ubahlah mindset Anda. Di usia 20-an, Anda harus belajar untuk menopang kebutuhan Anda sendiri. Dan saat Anda bergantung pada diri sendiri, Anda mungkin akan menemui banyak kebutuhan darurat. Nah, apabila Anda tidak ingin situasi-situasi semacam ini menjadi suatu problem besar di masa mendatang, Anda harus mempersiapkannya dari sekarang. Sisihkan penghasilan untuk kebutuhan darurat ini.

6. Jangan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Di usia 20-an, Anda akan melihat orang-orang di sekitar Anda melanjutkan sekolah, menikah, mendapat pekerjaan, dan lain sebagainya. Melihat betapa lancarnya kehidupan mereka terkadang akan minder dan membandingkan situasi Anda sekarang. Hal itu wajar dan manusiawi.

Namun fakta yang perlu Anda ketahui adalah perasaan tersebut tidak akan mengubah apapun. Dan yang Anda lihat juga belum tentu sesempurna kenyataannya, mereka juga mempunyai masalah sendiri. Oleh karena itu, fokuslah pada diri Anda dan tujuan Anda. Tidak perlu menginginkan kehidupan orang lain untuk menjadi bahagia, melainkan ciptakanlah sendiri kehidupan menyenangkan yang Anda inginkan dengan cara dan usaha Anda.

7. Jangan Takut Mengatakan Tidak

Di usia 20 menjelang 30, Anda akan melihat orang-orang sekitar mulai sibuk dengan aktivitas masing-masing. Dari sini seharusnya Anda menyadari bahwa penanggung-jawab atas kehidupan Anda adalah diri Anda sendiri. Oleh karena itu, jangan segan untuk menentukan apa yang baik dan yang tidak untuk kehidupan Anda. Salah satunya yaitu dengan mengatakan tidak pada hal-hal yang tidak baik. Misalnya saja, saat teman mengajak Anda belanja padahal Anda masih memiliki banyak kebutuhan. Respon yang tepat adalah menolak. Toh, teman Anda belum tentu akan bertanggung jawab apabila Anda mengalami kesulitan keuangan. Maka dari itu, belajarlah bersikap tegas pada hal-hal yang sekiranya merugikan.

8. Cintai Proses

Untuk memacu agar terus maju, Anda memang harus fokus pada hasil. Namun jangan sampai Anda mendewakan hasil hingga berpikir bahwa proses tidak penting. Memang, orang-orang hanya akan melihat keberhasilan yang Anda capai, mereka tidak melihat usaha-usaha yang Anda berikan untuk sampai ke posisi ini.

Meskipun begitu, Anda perlu memahami bahwa keberhasilan yang sebenarnya terjadi apabila Anda mampu menempa diri Anda menjadi lebih kuat dan tangguh. Percuma apabila sukses, tetapi pribadi Anda masih pribadi yang mlempem. Oleh karena itu, ubah mindset Anda bahwa hidup ini adalah tentang perjalanan. Tentang proses. Nikmati setiap tahapannya, maka Anda tidak akan gampang down apabila Anda menerima suatu kegagalan.

Mungkin sekian artikel kali ini mengenai nasihat-nasihat untuk Anda sebelum menginjak usia 30. Semoga uraian di atas dapat membuka pandangan baru kepada pembaca. Terima kasih.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang nasihat positif untuk orang muda berumur di bawah 30 tahun, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



10 Tip Pengaturan Keuangan di Umur 40an
Inilah Dampak Positif dan Negatif Penerbitan Surat Utang Negara
Nasehat Keuangan yang Akan Membuat Kalian Lebih Dewasa Soal Keuangan
Ingin Sukses? Kesalahan Ini Harus Dihindari Sebelum Usia 30
Tip Finansial untuk Generasi Umur 25 Tahun
Nasehat Bijak tentang Keuangan dari Orang Tua
Kebiasaan-kebiasaan Positif yang Bagus untuk Diikuti
Cara Mudah Berpikir Lebih Positif
Inilah Nasehat Beberapa CEO untuk Diri Mereka Sendiri di Masa Remaja
Inilah 11 Cara agar Lebih Positif dalam Hidup


Bagikan Ke Teman Anda