Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Hindari Pemborosan Berikut Ini Ketika Mempersiapkan Pensiun

Pensiun adalah masa di mana anda sudah tidak lagi bekerja atau dipekerjakan karena keterbatasan kondisi fisik akibat sakit atau menua. Kondisi keterbatasan di masa tua nanti bisa menjadi kesulitan tanpa persiapan yang tepat. Itulah mengapa cara persiapan pensiun yang tepat selalu menjadi pembahasan yang menarik dalam berbagai kesempatan.

8 Jenis Pemborosan yang Harus Dihindari dan Dialihkan Menjadi Tabungan Persiapan Pensiun

Anda bisa mulai mempersiapkan masa pensiun anda mulai dari sekarang. Untuk itulah daftar di bawah ini disusun. Jadi anda bisa mempelajari mana saja pemborosan yang masuk di dalam daftar ini yang masih anda lakukan hingga sekarang. Jika ada jenis pemborosan yang masih anda lakukan, maka segeralah ambil tindakan untuk menghentikannya dan mulai tabung uang tersebut ke persiapan pensiun anda. Berikut ini penjelasan mengenai setidaknya 8 jenis pemborosan untuk anda hindari.

1. Membeli Rumah Besar dan Tidak Hemat Perawatan

Jenis pemborosan yang sering kali tidak disadari dalam masyarakat adalah saat membeli rumah. Memang benar memiliki rumah sendiri memberikan anda rasa aman akan tempat berlindung dan berteduh. Namun tidak harus rumah dengan harga besar yang menghabiskan penghasilan anda setiap bulan untuk melunasinya. Walau bisa dilunasi dengan cicilan, rumah yang besar dan membutuhkan banyak perawatan pasti akan menghabiskan biaya yang besar setiap bulannya. Jadi pertimbangkanlah untuk membeli rumah yang sederhana dengan biaya perawatan yang terjangkau untuk mudah dikelola.

2. Membeli/Mengganti Mobil Setiap 5 Tahun Sekali

Selain itu, ada juga pemborosan lain yang sering ditemukan pada masyarakat Indonesia khususnya. Masyarakat Indonesia seringkali mengganti mobil setiap 5 tahun sekali. Hal ini sebenarnya tidak dibutuhkan, karena hingga masa 5 tahun mobil yang sebelumnya anda beli sebenarnya masih layak untuk digunakan hingga 5-10 tahun lagi. Akan tetapi karena faktor tren mobil baru yang keluar setiap tahunnya, anda tergoda untuk membeli dan melakukan pemborosan karenanya. Padahal kerugian anda yang sering mengganti mobil bisa mencukupi biaya yang sangat besar di masa pensiun nantinya.

3. Memelihara Hewan Peliharaan

Informasi mengenai jenis pemborosan yang harus dihindari selanjutnya adalah pemborosan yang timbul akibat anda memelihara hewan peliharaan. Memang memiliki hewan peliharan bisa menjadi penghibur anda di waktu-waktu sendirian. Namun tahukah anda berapa banyak biaya yang dibutuhkan oleh satu ekor hewan peliharaan hingga kemudian meninggal? Diperkirakan bahwa untuk hewan dengan waktu hidup 10 tahun saja, biaya perawatannya bisa mencapai Rp300.000.000. Itulah mengapa anda sebaiknya mengalokasikannya untuk persiapan pensiunan.

4. Mengganti Gadget Secara Berkala Mengikuti Tren

Satu lagi jenis pemborosan yang sudah banyak ditunjukkan juga oleh masyarakat Indonesia adalah pemborosan untuk mengganti gadget. Gadget ini ada banyak jenis elektronik yang tercakup di dalamnya. Namun tentu yang paling umum diganti secara rutin karena mengikuti tren adalah telepon genggam. Ada banyak sekali masyarakat yang langsung membeli setiap salah satu brand terkenal mengeluarkan produk barunya. Hal ini tentu menyebabkan pengeluaran yang tidak kecil dan harga gadget terus menurun seiring berjalannya waktu. Jadi hanya kerugian yang akan anda dapatkan dari pembelian gadget terus menerus ini.

5. Menghabiskan Biaya untuk Liburan Mahal dan Mewah

Liburan memang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan pikiran anda. Namun liburan yang mahal dan mewah bukan yang dibutuhkan tubuh dan pikiran anda, tetapi dibutuhkan oleh ego anda. Masa yang sangat membiasakan pembagian kegiatan melalui media sosial, membuat berlibur ke tempat yang mahal dan mewah menjadi salah satu kebiasaan yang mulai banyak ditemukan di masyarakat. Padahal hal itu tidak perlu dilakukan terus menerus. Ada banyak jenis liburan yang tetap bisa menyegarkan tetapi tidak semahal biaya dari liburan mewah. Karenanya pastikan untuk memilih liburan yang tepat dan dengan budget yang tepat juga.

6. Menyewa Jasa Penasehat Keuangan

Berikutnya anda juga disarankan untuk tidak melakukan pemborosan dengan repot-repot menyewa jasa penasehat keuangan. Jasa penasehat keuangan seperti ini tidak akan membantu jika digunakan hanya untuk mengatur keuangan individu seperti anda. Malah akan menghabiskan uang anda saja untuk membayar jasanya. Lebih baik anda mengelola uang anda sendiri dengan investasi mandiri minim resiko, seperti reksadana atau tabungan emas.

7. Membeli Asuransi Hidup yang Tak Berarti

Pemborosan yang perlu dihindari berikutnya dan sampai saat ini masih dilakukan oleh masyarakat Indonesia adalah pemborosan dengan membeli asuransi. Asuransi memang dibutuhkan, namun jangan pernah membeli asuransi untuk seluruh hidup. Biasanya jenis investasi asuransi seperti ini adalah pancingan penjual saja untuk menjerat anda menyetor uang lebih besar. Lebih disarankan anda membeli asuransi yang jelas, seperti asuransi kesehatan atau pendidikan.

9. Menghabiskan Uang untuk Belanja Karena Ingin

Terakhir, berbelanja karena ingin secara menggebu-gebu dan tanpa pertimbangan adalah kebiasaan yang sangat buruk. Kebiasaan seperti ini akan menyebabkan anda mudah melakukan pemborosan yang merugikan. Jadi pastikan untuk tidak membiasakan diri membeli sesuatu karena ingin. Tetapi arahkanlah uang yang anda miliki untuk menjadi jaminan di masa pensiun anda nantinya.

Demikianlah pembahasan menarik mengenai apa saja pemborosan yang harus anda hindari sebagai upaya untuk persiapan pensiun. Ternyata ada banyak hal yang bisa dihemat bukan dari pengeluaran anda? Jadi mulai atur keuanganmu dari sekarang. Jangan lagi mudah mengeluarkan uang tanpa tujuan dan kebutuhan yang jelas. Semakin banyak yang anda simpan sebagai persiapan pensiun, semakin cepat juga anda bisa meraih posisi bebas finansial yang membuat kehidupan anda di waktu berikutnya lebih tenang dan tidak terbebanan karena masalah finansial lagi!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentangĀ  pemborosan berikut ini ketika mempersiapkan pensiun, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



5 Tip Menabung untuk Wanita
Apa Penyebab Susah Menabung?
Besar Pasak daripada Tiang, Berikut Ini Tanda-tandanya
Belajar Sistem Penganggaran Metode Amplop
Perbedaan Kebiasaan Orang Kaya vs Orang Biasa
Tip Finansial Mengatur Keuangan Terbaik yang Harus Kamu Ketahui
Bagaimana untuk Menjadi Kaya?
Apa Itu Kakeibo, Seni Menyimpan Uang Ala Jepang?
Tip Mengelola Uang Agar Cepat Kaya
Tip Berlibur Keluarga dengan Harga Hemat


Bagikan Ke Teman Anda