Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Hal-hal yang Harus Dilakukan di Usia 20-an agar Tidak Menyesal di Usia 30 Hingga 40-an

Ketika seseorang telah memasuki rentang usia 30 hingga 40-an tetapi belum mampu mewujudkan mimpi dan cita-citanya, maka ia akan merenung dan bertanya pada dirinya sendiri, “Mengapa kulewatkan masa mudaku begitu saja?”, sehingga timbul penyesalan. Di saat usia tak lagi muda, tentu ruang gerak dan kesempatan semakin terbatas. Tentu akan sulit untuk bersaing dengan kaum muda yang lebih energik.

Penyesalan memang selalu datang belakangan. Agar tidak menyesal di usia yang semakin matang, berikut ini hal-hal yang harus Anda lakukan saat berusia 20an.

  • Manfaatkan waktu sebaik mungkin

Waktu tidak akan bisa diulang. Oleh sebab itu, gunakanlah waktu sebaik mungkin untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat. Apa sajakah itu? Bisa apa saja, asal memberi pengaruh positif dalam hidup Anda. Intinya, manfaatkan waktu untuk melakukan aktivitas yang dapat menambah pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman Anda.

Berkumpul dan menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga, terutama orang tua juga tak kalah penting. Kebanyakan anak muda di usia 20-an lebih asyik berkumpul dengan teman-temannya, dibandingkan dengan keluarganya. Bergaul dengan teman boleh-boleh saja, tetapi pastikan Anda meluangkan waktu untuk keluarga, terutama orang tua. Jangan sampai Anda menyesal setelah menyadari bahwa mereka tak lagi bersama dengan Anda.

  • Fokus pada studi dan karir

Kaum muda begitu akrab dengan pergaulan dan bersenang-senang. Namun jangan sampai kebablasan, tetap fokus pada studi dan karir sebagai prioritas utama dalam hidup Anda. Tidak masalah apa yang Anda kejar dalam hidup. Tidak masalah pula di mana Anda belajar dan bekerja, tetapi fokuskan pada apa yang Anda pelajari dan apa yang Anda kerjakan.

Belajar di perguruan tinggi ternama tak serta-merta menjamin masa depan yang cerah. Sebab, pengetahuan, keterampilan dan kompetensi Anda yang akan menentukan kesuksesan di masa mendatang. Demikian pula bekerja pada perusahaan yang bonafide.

Jangan memilih perusahaan, tetapi pilihlah karir. Artinya, tak menjadi masalah bekerja di perusahaan mana saja, asal pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan hasrat Anda. Lakukanlah studi dan karir Anda dengan penuh semangat dan keikhlasan.

  • Menabung dan berinvestasi

Masa muda adalah masa untuk berfoya-foya menikmati hidup. Anggapan ini tidaklah benar dan menjerumuskan kaum muda dalam kesia-siaan belaka. Masa muda justru masa untuk berkarya dan mempersiapkan masa depan yang sejahtera sehingga tercapainya kebebasan finansial. Lakukan pekerjaan apapun asal halal dan tidak bertentangan dengan hukum untuk mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya. Jangan lupa untuk menabung dan berinvestasi.

Bekerja di usia 20-an merupakan wujud investasi waktu. Anda bisa menjadi pekerja paruh waktu atau freelance jika masih menjalani studi. Tak hanya sekadar mendapat pengalaman dan jaringan kerja, tetapi juga penghasilan. Dari penghasilan yang terkumpul, sisihkan untuk ditabung dan berinvestasi. Misalnya bermain reksa dana, deposito, atau membeli rumah.

  • Hindari utang

Utang hanya akan terasa manis di awal dan menyengsarakan di akhir. Oleh sebab itu, hindarilah utang dan jangan jerumuskan masa muda Anda dalam belenggu utang. Sekali Anda terjerat, maka akan sulit untuk bebas darinya. Kebanyakan orang yang terjerat dalam utang tidak akan berakhir bahagia, justru sebaliknya. Maka, belajarlah dari mereka.

Jalani hidup sesuai kemampuan Anda. Tidak perlu terlihat glamor dan kaya guna mendapat puji dan puja dari orang lain, apalagi hanya sekadar ‘nampang’ di media sosial, jika untuk semua itu Anda harus berutang. Utang menyebabkan Anda tidak bisa menikmati gaji secara maksimal, karena harus digunakan sebagian atau bahkan keseluruhan untuk membayar cicilannya atau melunasinya.

  • Belajar bertanggung jawab

Usia 20-an menjadi tahap menuju kedewasaan. Kenali karakter kamu sebagai manusia, belajarlah bertanggung jawab, setidaknya pada diri sendiri. Mulailah dengan membuat keputusan sendiri dan mempertanggungjawabkan keputusan tersebut. Ingin tampil dengan gaya yang berbeda, lakukan dan bertanggungjawablah atas tindakan yang Anda lakukan tersebut. Jika Anda mendapat cibiran dari orang-orang terdekat, maka jangan salahkan mereka atas pilihan Anda itu.

  • Hindari junk food, rokok, alkohol, dan narkoba

Junk food, rokok, alkohol, dan narkoba memiliki dampak buruk terhadap kesehatan Anda. Maka dari itu, hindarilah. Efek negatif pada kesehatan bisa jadi muncul dalam jangka pendek ataupun panjang. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, junk food, rokok, alkohol, dan narkoba akan merugikan kesehatan Anda.

Junk food disebut sebagai makanan sampah karena kandungan nutrisinya rendah, tetapi justru kaya akan zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Jenis junk food tidak hanya berupa makanan cepat saji saja, tetapi juga menu-menu makanan yang tidak lengkap nutrisi seperti nasi ayam saja tanpa sayuran. Jika dikonsumsi terus-menerus akan menimbulkan efek jangka panjang seperti obesitas, kolesterol, jantung, hipertensi, dan diabetes. Demikian pula halnya dengan rokok, alkohol, dan narkoba.

  • Travelling

Isi masa muda Anda dengan hal-hal positif yang mampu memberikan kesan dalam kehidupan Anda. Salah satunya adalah travelling. Agendakan untuk bepergian setidaknya setahun sekali untuk menyalurkan jiwa petualangan sekaligus refreshing dari segala kepenatan aktivitas sehari-hari. Kemana tujuannya?

Bisa ke luar negeri atau dalam negeri, tergantung pada budget yang Anda miliki. Jika Anda belum memiliki tanggungan keluarga, maka sesekali bisa diagendakan untuk bepergian ke luar negeri. Dengan mengunjungi tempat-tempat baru dan bertemu orang-orang baru dengan ragam budaya yang berbeda akan memberikan pengalaman yang mengesankan. Selain itu juga akan memperluas pandangan Anda tentang kehidupan.

  • Istirahat yang cukup

Usia 20-an memang tergolong sebagai usia produktif. Meski demikian, bukan berarti pula Anda harus beraktivitas dan bekerja tanpa henti. Istirahatlah yang cukup dan berkualitas. Dengan beristirahat yang cukup, sistem kerja otak akan selalu refresh sehingga tak mudah mengalami gangguan kesehatan. Sebab otak Anda akan menua secara proporsional dengan usia Anda. Maka dari itu, menjaga kesehatan baik secara fisik maupun mental sejak usia muda sangatlah penting.

  • Belajar dari kesalahan

Pengalaman adalah guru terbaik. Ungkapan tersebut pun berlaku pada belajar dari kesalahan. Setiap orang jelas tak luput dari kesalahan. Namun, sebaik-baiknya orang adalah yang mau belajar dari kesalahan yang pernah diperbuatnya.

Belajar dari kesalahan tidak akan membuat diri Anda hina, tetapi justru memberi pelajaran berharga sehingga Anda dapat mencegah atau menghindari kemungkinan terjadinya kesalahan yang sama.

Hal ini akan menunjang kematangan Anda dalam berpikir dan menyikapi segala permasalahan yang terjadi, sehingga Anda bisa menjadi orang yang lebih bijak.

 Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang hal-hal yang harus dilakukan di usia 20-an agar tidak menyesal di usia 30 hingga 40-an, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Saran Profesional untuk Anak-anak Muda di Usia di Bawah 30 Tahun
Tips Mendapatkan Kebebasan Finansial Umur 30
Kenali dan Pelajari Hal Berikut Sejak Awal Agar Tak Menyesal Kemudian
10 Tip Keuangan untuk Kamu Usia 20-an
Ini yang Harus Dilakukan Generasi Milenial agar Tak Menyesal di Kemudian Hari
14 Kisah Sukses di Usia Tua yang Begitu Inspiratif
Nasihat Positif untuk Orang Muda Berumur di Bawah 30 Tahun
Aktivitas Membuang-buang Waktu yang Banyak Dilakukan di Usia 20-30an
Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Sebelum Usia 30
Tip dan Saran Finansial bagi Generasi Milenial Umur 25-an


Bagikan Ke Teman Anda