Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

7 Cara Cerdas Mengelola Keuangan

Menjadi orang yang cerdas dalam memanfaatkan uang tidak dinilai dari berapa banyak investasi yang Anda miliki. Atau berapa ratus juta rupiah yang ada di dalam tabungan Anda. Apapun kondisi keuangan Anda saat ini, berapapun penghasilan Anda, orang yang cerdas dalam memanfaatkan uang adalah mereka yang paham bagaimana cara memanfaatkan penghasilan yang dimilikinya.

Berusaha untuk mendapatkan informasi keadaan finansial Anda dengan jelas adalah salah satu faktor penting untuk mulai membangun pundi-pundi kekayaan Anda. Setelah Anda mengetahui dengan pasti bagaimana keadaan keuangan Anda, Anda bisa memulai untuk menyusun skala prioritas yang harus Anda penuhi terlebih dahulu. Seperti membayar tunggakan-tunggakan, asuransi, tabungan hari tua, baru kemudian mengisi pundi-pundi kekayaan Anda.

Membiasakan diri dengan kebiasaan yang baik

Tidak sulit untuk membiasakan diri dengan kebiasaan mengatur keuangan yang baik. Yang Anda perlukan hanyalah keinginan untuk berubah dan melakukan perbaikan. Tanpa adanya keinginan dalam diri sendiri untuk memperbaiki diri, maka sudah bisa dipastikan keinginan Anda untuk menjadi lebih cerdas dalam mengelola keuangan akan sulit dicapai.

Berikut ini adalah 7 kebiasaan yang akan membuat Anda lebih cerdas dalam mengelola keuangan Anda.

1. Ketahui semua nilai dengan jelas

Hal pertama yang harus Anda ketahui dengan pasti adalah berapa sesungguhnya penghasilan tahunan dan nilai dari seluruh kekayaan bersih Anda. Dengan mengetahui dengan pasti nilai tersebut, maka Anda bisa menetapkan tujuan besar yang ingin dicapai dalam bisnis dan kehidupan pribadi Anda. Dan melihat apakah tujuan Anda cukup realistis untuk dicapai.

Tentu saja jika Anda ingin lebih cerdas dalam memanfaatkan uang, Anda harus tahu apa tujuan Anda dengan uang tersebut. Anda harus bisa menjabarkan secara jelas dan spesifik apa yang menjadi tujuan dari pengeloaan keuangan Anda. Dan apa saja langkah nyata yang akan Anda ambil untuk berusaha mewujudkan tujuan Anda.

2. Belajar untuk bisa menabung

Bagaimanapun caranya, Anda harus berusaha untuk bisa menabung. Alasannya adalah Anda harus mempersiapkan segala kemungkinan dimana Anda bisa saja kehilangan segala kenyamanan yang Anda miliki saat ini. Dengan adanya tabungan, selain bisa digunakan untuk  masa pensiun Anda, bisa juga digunakan saat masa-masa sulit Anda.

Menabung adalah kebiasaan yang harus dipaksakan dan dimulai sejak dini. Dengan menanamkan kebiasaan menabung secara tidak langsung akan membuat bergaya hidup sederhana dan tidak mudah menghambur-hamburkan uang. Anda akan berterima kasih kepada diri Anda sendiri saat Anda menyadari bagaimana tabungan Anda mungkin akan menyelamatkan Anda disaat-saat tersulit hidup Anda.

Mungkin Anda berfikir untuk berhemat habis-habisan bila ingin menabung. Namun sebenarnya kebiasaan menabung bisa Anda biasakan dengan mulai menyisihkan sedikit penghasilan Anda dan terus menambah nilainya saat Anda memiliki kelebihan uang. Dengan demikian, secara bertahap nilai yang bisa Anda tabungkan akan bertambah dengan sendirinya.

3. Berani menginvestasikan

Anda hanya akan bisa membangun pundi-pundi kekayaan dengan cara berinvestasi. Tentu saja uang Anda tidak akan bisa berkembang dengan sendirinya. Gunakan penghasilan Anda terlebih dahulu untuk biaya hidup, asuransi, dan tabungan hari tua. Bila ada sisa, walaupun sedikit, belajarlah untuk berinvestasi dan jadikan keberanian berinvestasi sebagai kebiasaan.

Dengan memulai belajar berinvestasi, Anda akan belajar bagaimana cara berinvestasi dengan cerdas dan secara bertahap akan menemukan cara investasi yang paling menguntungkan untuk Anda. Terus kembangkan dengan menambah sedikit demi sedikit dari sisa penghasilan Anda dan dari hasil investasi sebelumnya. Anda tidak akan pernah menyesal karena telah berani memulainya.

4. Buat semua program perencanaan keuangan Anda berjalan secara otomatis

Bila Anda memiliki internet banking, Anda bisa melakukan pengaturan untuk memprogramkan pengalokasian dana secara otomatis. Anda bisa menjadwalkan tiap tanggal tertentu setiap bulannya untuk secara otomatis rekening Anda mengirimkan sejumah dana ke rekening Anda yang lain yang dikhususkan untuk tabungan. Tentu saja bukan hanya untuk melakukan pembagian keuangan, sistem transfer otomatis ini bisa Anda atur juga untuk pembayaran semua tagihan Anda.

Dengan melakukan sistem otomatis ini, mau tidak mau Anda tidak akan dapat menggunakan uang yang telah dialokasikan untuk keperluan lainnya. Bila memang Anda terpaksa untuk melakukan penarikan dana talangan, gunakan hanya dari rekening tabungan Anda. jangan usik investasi Anda atau menarik dana asuransi Anda. Karena Anda tidak pernah tahu apa resiko yang akan terjadi dikemudian hari, dan akan sangat merugikan bila dana asuransi atau investasi Anda terusik.

5. Baca buku tabungan Anda

Mungkin bila Anda memiliki buku yang paling malas untuk Anda baca, buku itu adalah buku tabungan. Bisa jadi Anda juga tidak pernah secara berkala melakukan pencetakan buku tabungan Anda. Padahal kebiasaan mencetak dan membaca kembali buku tabungan akan membuat Anda mengerti bagaimana kebiasaan Anda selama ini dalam menggunakan uang Anda.

Bila Anda merasa ada kebiasaan Anda yang kurang tepat, Anda bisa merubahnya dari sekarang.  Menemukan kesalahan diri sendiri adalah tugas yang berat. Dan memperbaiki sebuah kesalahan yang terlanjur menjadi kebiasaan akan menjadi tugas yang mustahil. Sehingga ada baiknya sebelum segalanya menjadi semakin sulit, temukan kesalahan Anda, lalu maafkan diri Anda atas ketidak tepatan Anda dalam mengelola keuangan dimasa lalu, lalu perbaiki segalanya segera.

6. Berteman dengan orang yang tepat

Anda tentu tidak perlu menjadi seorang yang populer di umur Anda yang sudah memasuki 40 tahun bukan? Jadi, apa gunanya tetap berteman dengan seseorang yang masih saja gemar mengajak Anda berpesta dan menghabiskan uang? Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang bisa memberikan nilai positif dan membuat Anda lebih menghargai uang daripada status sosial yang semu. Sehingga Anda akan dapat meningkatkan nilai kekayaan Anda dan tetap bersikap sederhana seperti Anda saat ini.

7. Catat pengeluaran dan pemasukan Anda

Anda tidak akan pernah bisa merencakan sesuatu terhadap kondisi keuangan Anda sampai Anda terbiasa untuk mencatat semua pengeluaran dan pemasukan Anda. Mencatat memang pekerjaan yang menjemukan, namun percayalah hal ini akan memperbaiki kualitas keuangan Anda. Dengan mengetahui secara pasti bagaimana cara Anda memanfaatkan keuangan, Anda akan bisa memillah mana pengeluaran yang perlu dan yang tidak perlu Anda keluarkan.

Menjadi cerdas dalam mengelola keuangan tidak hanya akan membawa Anda kedalam keuntungan jangka panjang, namun juga menghindarkan Anda dari penyesalan. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi Anda dalam memperbaiki kualitas perencanaan keuangan Anda. Salam sukses.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 7 cara cerdas mengelola keuangan, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Barang Mahal yang Layak Dibeli
6 Tip Mempersiapkan Krisis Ekonomi yang Dapat Dicoba
Apakah Keuangan Anda Sudah Siap saat Keadaan Darurat?
Tip Keuangan Sederhana dengan Hasil Maksimal
Cara Membuat Anggaran Sederhana
Tip Sederhana untuk Berhemat
10 Tips Ampuh untuk Mengelola Keuangan
Tip Finansial untuk Kelas Menengah
Persiapan Pribadi Menghadapi Resesi yang Akan Datang
Dasar-Dasar Keuangan Pribadi (Personal Finance)


Bagikan Ke Teman Anda