Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tip Finansial untuk Kelas Menengah

Apakah Anda sudah bosan disebut sebagai kelas menengah? Tidak perlu terlalu risau sebenarnya, karena menjadi kelas menengah bukan berarti Anda tidak bisa meningkatkan kualitas hidup Anda. Syaratnya tentu Anda harus mempelajari terlebih dahulu beberapa tip finanansial untuk kelas menengah berikut ini.

Sukses Finansial untuk Kelas Menengah

1. Jangan pernah mengadopsi sikap umum kelas menengah

Jika Anda merasa berada pada kelas menengah, Anda tidak perlu mengadopsi sikap-sikap yang biasa dipertontonkan oleh kelas menengah dalam jangka waktu yang lama. Usahakan selalu memerankan diri berada pada level di atas kelas menengah. Tentu ini akan berpengaruh pada pergaulan Anda, dan selama Anda tidak terjebak pada gaya hidup hedonism, Anda bisa menempatkan diri serta belajar banyak hal pada kalangan kelas atas.

2. Buat rencana untuk menjadi kaya

Fokuslah ke depan, buat rencana dalam jangka waktu 5 sampai 10 tahun untuk menjadi lebih kaya. Gigihlah dengan rencana Anda tersebut, dan mulailah sekarang juga tanpa menunda-nunda banyak waktu lagi.

3. Berinvestasi

Melakukan investasi merupakan langkah yang sangat baik untuk meningkatkan nilai kekayaan Anda. Investasikan beberapa persen dari penghasilan Anda pada tempat yang terpercaya dan tentu saja dapat memberi Anda imbalan. Jangan khawatir pula untuk mengikuti kemampuan finansial Anda saat ini, karena jika sudah berhasil, maka nilai investasi tersebut akan meningkat dengan sendirinya.

Jika Anda sudah merasa berada di atas  rata-rata “kelas menengah”, maka mulailah belajar berinvestasi pada bursa saham untuk melipat gandakan penghasilan Anda.

Begitu juga jika Anda memiliki uang tunai tambahan di bank, sebaiknya ambil dan investasikan dalam bentuk indeks atau reksa dana.

4. Belajar beberapa keterampilan

Tidak ada salahnya pula untuk mempelajari beberapa hal yang bisa meningkatkan penghasilan Anda. Contohnya seperti memiliki sertifikat, atau pun keterampilan penunjang lainnya.

5. Berhemat

Selama Anda masih dalam tahap “berjuang”, maka kami menyarankan pada Anda untuk menjalani hidup lebih sederhana dan berhemat. Hiduplah sesuai kemampuan Anda dan belajar menyisihkan penghasilan untuk berinvestasi.

Secara matemastis, satu rupiah yang Anda hemat, nilainya sama dengan satu rupiah yang Anda dapatkan. Jadi apabila Anda bisa memotong pengeluaran, sama saja Anda bisa mendapatkan kenaikan penghasilan.

Sisihkan sekitar 10% dari penghasilan Anda, tahanlah diri untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

6. Seiring berjalan waktu, tingkatkan kebutuhan

Ketika Anda mendapatkan kenaikan penghasilan, atau mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, maka inilah waktu yang tepat untuk meningkatkan kebutuhan hidup. Namun tetaplah bertahan pada standard hidup Anda.

7. Rencanakan pension

Bahkan jika saat ini Anda masih berusia 20 tahun. Jaminkan masa depan Anda mulai sekarang melalui perencanaan dana pensiun.

8. Punya anak hanya jika Anda mampu

Memiliki anak memang dambaan setiap orang yang sudah menikah. Namun sebaiknya Anda menundanya terlebih dahulu apabila Anda belum benar-benar siap dari berbagai sisi. Adalah lebih baik untuk menunda dan mempersiapkan yang terbaik untuk anak Anda kelak, dibandingkan harus mempertaruhkan masa depannya bersama tumpukan hutang yang masih menjerat Anda saat ini.

9. Beli sesuatu yang mahal namun tahan lama

Kami tidak menyarankan pada Anda untuk membeli barang imitasi atau tiruan. Belilah barang asli yang lebih tahan lama, anggap saja saat ini Anda sedang melakukan investasi dalam jangka waktu yang panjang.

10. Jangan menyimpan uang untuk menabung

Saat Anda menyimpan sejumlah uang setiap bulannya, anggap saja itu sebagai “sisa” dan bukan sebagai cadangan.

11. Buat anggaran

Membuat anggaran memang terkesan sederhana dan tidak membawa dampak. Namun jika Anda ingin dibantu dalam hal pengaturan keuangan, maka membuat anggaran adalah jalan paling mudah yang bisa Anda andalkan.

Jangan takut pula untuk membuat anggaran dalam skala besar, pakailah sejumlah aplikasi yang bisa diunduh dan dipelajari dengan mudah.

12. Hindari investasi emas

Dalam beberapa hal, emas memang memiliki sejumlah keunggulan, namun alih-alih membeli dan menumpuk emas di rumah, ada baiknya Anda lebih memilih investasi properti seperti tanah, rumah, atau pun bangunan lainnya.

13. Menyimpan hanya untuk dana darurat

Jika Anda memiliki dana lebih, simpan sedikit sebagai cadangan atau dana darurat, namun selebihnya, pakai untuk berinvestasi dan mendapatkan penghasilan yang berlipat ganda.

14. Bangun penghasilan pasif

Era digital sekarang sangat memungkinkan bagi Anda untuk mendapatkan penghasilan pasif melalui YouTube atau pengembangan game, serta pemasaran terafiliasi.

15. Beli properti untuk disewakan

Anda bisa membeli rumah atau kendaraan sebagai bentuk investasi Anda. Jalankan kendaraan yang Anda miliki untuk mendapatkan penghasilan melalui Gojek atau Grab. Jika Anda punya dana namun tidak punya waktu, sewakan saja pada seseorang yang bisa menjalankannya, dan Anda pun bisa membagi keuntungan sesuai kesepakatan yang ada.

16. Lakukan meditasi

Meditasi penting dilakukan untuk mendapatkan pikiran sehat, ketenangan, dan juga ide segar dalam menjalani bisnis atau pekerjaan Anda.

17. Jangan malu untuk menawar

Sebagaian orang mungkin merasa gengsi untuk menawar. Tidak perlu malu jika pada akhirnya Anda bisa mendapatkan barang berkualitas dengan harga yang lebih murah.

18. Pelajari konsep bunga majemuk

Bunga majemuk adalah bunga yang sudah ditambahkan ke uang pokok pada akhir tiap-tiap periode pembayaran bunga, dan kemudian ikut dipakai sebagai dasar untuk menemukan besarnya bunga pada periode berikutnya.

Jadi, pada bunga majemuk besaran bunga akan dihitung tidak hanya dari bunga hasil tabungan kita, tapi bunga kita pun ikut dibungakan.

Seperti yang pernah dikatakan oleh Warren Buffet, “Seseorang duduk di tempat teduh hari ini karena seseorang menanam pohon sejak dulu”.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip finansial untuk kelas menengah, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Kenali Ciri-ciri Investasi Bodong!
Langkah-langkah Membuat Anggaran Keluarga
Cara Mengatasi Kemiskinan Diri Sendiri
Tips Keuangan untuk Anak Muda
Apa Itu Deposito?
10 Tip Bagi Kelas Menengah agar Tambah Sukses
Apa Itu Perusahaan Pergadaian?
Tip Mengelola Keuangan untuk Mahasiswa
12 Cara Menghentikan Pengeluaran Uang dalam Jumlah Banyak
Alasan Mengapa Kamu Tidak Bakal Jadi Kaya?


Bagikan Ke Teman Anda