Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Tip Jitu agar Terbebas dari Jeratan Utang dengan Cepat

Jika digeneralisir, semua orang di dunia ini tidak ada yang tidak punya utang. Dalam skala yang lebih besar, yaitu negara, negara sekelas Amerika Serikat pun juga mempunyai utang. Utang merupakan satu hal yang lumrah namun sangat menyiksa pelakunya. Apa yang indah dari berhutang? Maka dari itu, banyak orang yang ingin cepat-cepat terlepas dari jeratan utang. Oleh karena itu, berikut ini terdapat 10 tips jitu untuk terlepas dari jeratan utang dengan cepat.

1. Hindari Utang Baru

Melunasi utang butuh disiplin dan kontrol diri. Maka dari itu, dalam proses melunasi utang dibutuhkan kontrol diri agar tidak mengalami overspending. Overspending akan menuntun seseorang untuk menggali lubang utang baru, sehingga bukannya utangnya berkurang, namun utangnya akan bertambah. Utang baru ini tentu akan menambah beban seseorang untuk berhutang pada proses pelunasannya.

2. Buat Rencana untuk Terlepas dari Utang

Rencana yang dimaksud kali ini bukanlah rencana asal-asalan yang cukup  hanya dipikirkan dan dibayangkan. Rencana-rencana yang dimaksud adalah rencana yang mebutuhkan realisasi dan tentunya mengantarkan seseorang untuk dapat melunasi utang-utangnya. Contohnya adalah menetapkan limit saat menggunakan kartu kredit, membatasi pengeluaran, hingga membatasi biaya makan sehari-hari.

3. Tingkatkan Pendapatan

Saat pengeluaran membengkak, tentu untuk menutupinya diperlukan pendapatan yang lebih besar pula. Begitupun saat seseorang berencana melunasi utangnya dengan cepat. Untuk melunasi utangnya dengan cepat, seseorang perlu mendapat penghasilan tambahan sehingga dapat meningkatkan pendapatannya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mencari pekerjaan sambilan seperti tukang nulis, driver ojek online, bahkan membuka bisnis kecil-kecilan.

4. Prioritaskan Membayar Utang yang Berbunga Tinggi Lebih Dahulu

Utang berbunga tinggi akan menyedot banyak uang dari Si Pelaku. Jika dibiarkan terus menerus, maka bisa saja utang aslinya kelak akan lebih kecil daripada jumlah bunganya. Hal ini dapat menyebabkan utangnya akan terus bertambah tanpa berutang lagi, yang mana dikarenakan bunganya yang terus bertambah. Hal ini tentu akan sangat merepotkan untuk dilunasi kelak. Maka dari itu, utang yang  memiliki bunga tinggi lebih baik didahulukan untuk dilunasi.

5. Gunakan Metode Snowball

Snowball yang dimaksud bukanlah bola salju, namun lebih kepada prinsip bola salju. Cara menerapkan metode ini adalah dengan cara membuat daftar utang-utang yang dimiliki dari yang utang bernominal besar ke paling kecil. Lalu, sisihkan uang seminimum mungkin untuk masing-masing membayar utang. Kelebihan dari uang tersebut alokasikan ke utang yang memiliki nominal paling kecil. Kalau utang yang paling kecil udah beres, ulangi lagi prosesnya. Ya, prinsip dari metode snowball ini adalah melunasi utang yang paling kecil terlebih dahulu.

6. Prioritaskan Utang yang Beresiko Tinggi Terlebih Dahulu

Selain melihat nominal utang serta besar bunganya, salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk membayar utang adalah resiko utang. Pilihlah utang yang memiliki resiko yang tinggi terlebih dahulu untuk segera dilunasi. Misal, tukang ojek yang sedang menyicil sepeda motor lebih baik segera melunasi cicilan motornya terlebih dahulu. Cicilan sepeda motor termasuk utang dengan resiko yang tinggi bagi tukang ojek. Jika seandainya cicilan jatuh tempo dan tidak segera dilunasi, maka motor kemungkinan besar akan disita, sehingga tukang ojek tersebut kehilangnan alat transportasinya yang berguna untuk kelancaran kerjanya.

7. Jual Barang-barang yang Sudah Tidak Dibutuhkan

Semua orang pasti memiliki barang yang sudah tidak berguna di rumahnya. Entah itu baju yang tidak pernah dipakai lagi, ataupun untuk perempuan, skincare yang tidak cocok. Jangan anggap barang-barang tersebut sebagai sampah yang perlu dibuang. Dengan tangan terampil dan otak bisnis, barang-barang tersebut bisa disulap menjadi uang. Yang perlu dilakukan adalah mengunggah foto-foto barang tersebut di sosmed, dan jual lagi barang tersebut sebagai barang preloved. Langkah ini akan menghasilkan uang tambahan, sehingga ada uang untuk melunasi utang.

8. Tinggalkan Kebiasaan-Kebiasaan Mahal

Setiap orang pasti memiliki hobi atau rutinitas tertentu. Ada yang hobinya murah, seperti jogging di taman komplek, ada pula yang memiliki hobi mahal seperti bermain golf. Salah sau langkah yang harus ditempuh untuk mempercepat proses pelunasan utang adalah dengan cara meninggalkan kebiasaan-kebiasan mahal, seperti hobi bermain golf tersebut. Walaupun hal ini sangat berat dilakukan, namun hal ini perlu dilakukan agar memperkecil pengeluaran. Agar langkah ini dinilai tidak berat, harus ditanamkan pada kepala bahwa hal ini dilakukan sementara saja, hingga utang-nya lunas.

9. Gunakan Pendapatan Bonus

Karyawan pasti akan diberi bonus perusahaan jika kinerjanya bagus. Untuk PNS, pasti ada gaji tambahan seperti gaji ke-13. Selain dari kedua hal tersebut, pendapatan bonus bisa berasal dari menang arisan. Pendapatan-pendapatan bonus tersebut bisa menjadi ladang emang bagi seseorang yang ingin melunasi utangnya dengan cepat. Hal ini dikarenakan pendapatan tersebut bukan merupakan pendapatan yang secara umum dan teratur didapatkan, sehingga pendapatan tersebut bisa digunakan untuk hal-hal yang tidak bersifat teratur, seperti membayar utang.

10. Bijak dalam Pengeluaran

Saat dalam program melunasi utang, hal yang perlu diingat adalah bahwa utang sudah bukan menjadi keinginan lagi, namun suatu kebutuhan. Di samping kebutuhan melunasi utang, pasti seseorang sudah mempunyai kebutuhan-kebutuhan lain yang tentunya tidak sedikit. Ditambah dengan kebutuhan membayar utang, tentu kebutuhan akan sangat banyak. Oleh itu, pengeluaran perlu diatur sehingga tidak membengkak hingga berujung pada penundaan membayar utang.

Itulah 10 tips untuk keluar dari jerat utang dengan cepat. Satu tips bonus yang dapat diberikan adalah tekad dan konsistensi. Sebuah rencana, termasuk rencana melunasi utang dengan cepat tidak akan bisa dengan mudah terwujud tanpa tekad yang kuat serta konsistensi.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 tip jitu agar terbebas dari jeratan utang dengan cepat, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara Orang Kaya Tetap Kaya
10 Negara dengan Utang Tertinggi di Dunia
8 Kesalahan-kesalahan Merencanakan Keuangan Keluarga
Menghindari Jebakan Hutang
Tips Mempersiapkan Dana Kehamilan Buat Para Calon Orang Tua
7 Cara Mudah Memotong Pengeluaran
7 Akibat Penundaan pada Kondisi Keuangan Kita
7 Steps to Financial Freedom by Tony Robbins
8 Golden Rule dalam Manajemen Mengelola Keuangan Pribadi
Cara Mengatur Keuangan Keluarga Agar Tidak Boros


Bagikan Ke Teman Anda